Masukan kode kupon "hosting2020" untuk mendapatkan diskon tambahan Hosting Unlimited Indonesia

Cara Install Mikrotik CHR Tanpa Lisensi (Gratis) Di Virtual Box #0005

Setelah sebelumnya saya telah membahas tutorial cara menginstal RouterOS Mikrotik Cloud Hosted Router secara gratis atau tanpa lisensi menggunakan VMware, kali ini kita akan mencobanya menggunakan software virtual lain yaitu Virtual Box, tutorial ini saya buat karena ada banyak juga dari kalian yang menggunakan virtual box sebagai sarana untuk belajar konfigurasi atau mengulik sebuah system operasi secara virtual salah satunya yaitu Mikrotik. Karena menggunakan software yang berbeda tentunya cara setting nya pun berbeda antara VMware dengan Virtual Box, namun intinya tetap saja menginstall RouterOS CHR Mikrotik.

Sebelum kalian memulai tutorial ini, pastikan kalian sudah mendownload file RouterOS CHR nya dengan ekstensi .ova , untuk cara mendownload / mendapatkan file RouterOS CHR nya, kalian bisa membaca panduanya di link berikut Cara Mendapatkan Mikrotik Secara Gratis Tanpa Lisensi - Cloud Hosted Router (CHR), dan bagi kalian yang sudah punya file nya, simak pembahasan berikut :

1. Buka dan Jalankan Software Virtual Box
Hal pertama yang harus kalian lakukan tentunya adalah membuka atau menjalankan Virtual Box nya, pastikan software Virtual Box ini sudah terinstall ya, untuk cara menjalankan nya pasti kalian sudah pada tahu jadi ga perlu admin jelaskan ya hehehe, ok langsung ke langkah berikut nya.

2. Klik Import
Jika di VMware klik Open, maka untuk membuka file RouterOS CHR di virtual box menggunakan navigasi Import Appliance, cara nya adalah diantara menu yang ada pada Virtual box (sebelah ujung kiri atas), klik menu File sehingga muncul beberapa sub menu salah satu diantaranya dan klik “Import Appliance”, atau cara cepetnya tekan saja tombol kombinasi CTRL + I di keyboard dan muncullah sebuah dialog box seperti gambar pada langkah berikutnya.


3. Appliance to Import
Pada dialog box “Appliance to import”, isi kolom yang ada dengan alamat tempat file RouterOS CHR di simpan, jika kalian kesulitan menuliskanya klik saja icon folder dengan tanda panah atas warna hijau, sehingga akan muncul sebuah tampilan windows explorer

4. Cari File RouterOS CHR
Setelah itu, di tampilan Windows Explorer cari dan arahkan Virtual Box ke tempat kalian menyimpan file RouterOS CHR, contohnya disini saya menyimpanya di drive E:\Software\ISO OS. Jika sudah ketemu klik file tersebut dan klik Open.

5. Appliance Settings
Ini adalah informasi dari file RouterOS yang sudah di pilih dan akan di jalankan, informasi tersebut diantaranya :

  • Name : nama dari virtual machine yang akan di jalankan
  • Description : deskripsi dari virtual machine
  • Guest OS Type : Type sistem operasi dari RouterOS CHR
  • CPU : Jumlah CPU yang di gunakan
  • RAM : besar RAM yang di gunakan menjalankan RouterOS CHR
  • Network Adapter : Jaringan yang di gunakan untuk sistem operasi virtual dengan sistem operasi asli / nyata atau bisa juga dengan jaringan internet. 
  • Storage Controller : tempat penyimpanan data virtual machine di virtual box
Jika ada hal yang tidak sesuai dengan keinginan kalian dan ingin di mengubahnya, kalian bisa mengubahnya nanti setelah langkah ini, jadi klik saja “Import”.

6. Tampilan Virtual Machine Di Virtual Box
Ini adalah tampilan dari virtual machine yang siap untuk di jalankan, namun sebelum kalian menjalankanya ada satu hal yang harus kalian lakukan agar mikrotik bisa kalian remote lewat winbox yaitu pertama klik virtual machine nya lalu klik setting.


7. Mengubah Pengaturan Jaringan
Pada menu sebelah kiri kalian akan melihat beberapa menu dengan icon-iconya, di antara menu tersebut klik menu Network, lalu ganti option attached to menjadi “Host-only Adapter” dan ganti juga option name menjadi “VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter”. Jika tidak ada lagi hal yang ingin di ubah, langsung saja klik OK. Tujuan dari langkah ini adalah agar mikrotik bisa di akses via winbox.


8. Klik Start
Kembali lagi ke tampilan virtual machine seperti pada langkah ke 6, jika pengaturan jaringanya sudah di lakukan, langsung saja klik Start untuk menjalankan RouterOS CHR dan tunggu sampai tampilan login mikrotik muncul.

9. Login Mikrotik
Setelah tampilan login mikrotik muncul, cobalah untuk login seperti biasa masukan saja username defaultnya yaitu admin dan tanpa password, setelah berhasil login jika ada pertanyaan seperti ini “Do you want to see the software license ? [Y/n] :” tekan tombol Y untuk menampilkan informasi lisensi RouterOS CHR, dan tekan N untuk tidak menampilkanya, karena saya kurang paham dengan bahasa inggris, dari pada pusing saya pilih N saja :D.

Selain itu kalian bisa juga login ke Router OS CHR ini melalui winbox, cobalah jalankan aplikasi winbox dan pastikan RouterOS CHR ini terdeteksi oleh winbox dan muncul informasi pada tab Neighbors, seperti gambar di atas, jika sudah terdeteksi isi kolom username = admin dan kosongkan kolom password lalu klik “connect”

10. Tampilan RouterOS CHR
Berikut adalah tampilan dari RouterOS CHR via command line dan Winbox

Bagaimana tutorialnya ?, semoga dapat membantu kalian untuk mempelajari konfigurasi mikrotik, ikuti dan terus kunjungi Blues Pedia ya, karena masih ada banyak lagi tutorial-tutorial menarik lainya, baiklah cukup sampai disini pembahasannya mengenai Cara Install Mikrotik CHR tanpa lisensi di Virtual Box, sampai jumpa :D, salam admin Blues Pedia

0 Response to "Cara Install Mikrotik CHR Tanpa Lisensi (Gratis) Di Virtual Box #0005"

Post a comment