Mendapatkan Mikrotik Secara Gratis Tanpa Lisensi - Cloud Hosted Router (CHR) #0003

Halo sobat Blues Pedia, apa kabar ?, semoga sehat semua ya, di pembahasan sebelumnya admin telah menjelaskan 4 cara mendapatkan miktotik secara gratis dan berbayar, mulai dari RouterOS ISO Image, Cloud Hosted Router, DOM, dan Router Board. Di antara ke empat cara tersebut, pada tutorial kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang Cara Mendapatkan Mikrotik Secara Gratis Tanpa Lisensi - Cloud Hosted Router (CHR), mulai cara dan tips mendapatkan / mendownload filenya, sampai cara menggunakanya, namun sebelum kalian ke pembahasan simak penjelasan berikut ya :

A. Apa Itu CHR ? | Blues Pedia
CHR atau singkatan dari Cloud Hosted Router merupakan salah satu fitur terbaru dari mikrotik, mungkin tidak banyak orang yang tau mengenai fitur terbaru mikrotik ini, hanya orang-orang tertentu saja khususnya orang yang aktif di salah satu forum diskusi mikrotik, seperti di Group Facebook, karena CHR bukanlah sebuah fitur yang di tambahkan ke dalam sistem RouterOS, sehingga pada perangkat-perangkat / RouterBoard terbaru pun fitu CHR ini tidak akan ada. Jadi CHR itu adalah sistem operasi / RouterOS mikrotik yang free lisensi, bentuk dari CHR ini adalah virtual bukan berbentuk iso image, sehingga untuk bisa menggunakan CHR ini kalian harus menggunakan software sistem operasi virtual seperti VMware dan Virtual Box.

B. Cara Mendapatkan dan Tips Mendownload CHR | Blues Pedia
Untuk cara mendapatkan CHR ini mudah sekali, kalian bisa mendownload disitus resminya https://mikrotik.com/.

1. Akses / Buka Situs Mikrotik
Untuk langkah pertama tentunya jalankan telebih dulu web browser favorit kalian, lalu di address bar tuliskan alamat situsnya mikrotik.com dan tunggu sampai halaman situsnya terbuka, atau kalian bisa langsung ke halaman download nya dengan cara menuliskan alamat mikrotik.com/download. (abaikan langkah ke dua, jika kalian langsung ke halaman download mikrotik)

2. Klik Menu Software
Di halaman utama (home) mikrotik, ada banyak sekali menu yang bisa kita jelajah di bagian atas,  ketika artikel ini di buat ada 9 menu yaitu home, about, buy, jobs, hardware, software, support, training, account. diantara menu-menu tersebut klik menu software untuk masuk ke halaman download mikrotik nya.

3. Cari Cloud Hosted Router
Karena di halaman download mikrotik banyak sekali software yang bisa kalian download seperti jenis RouterOS, CHR dan SwitchOS, carilah bagian Cloud Hosted Router (posisinya ada di bagian tengah), caranya tinggal scroll aja ke bagian bawah.

4. Download File Ova Template
Setelah kalian menemukan CHR, jika kalian menggunakan VMware atau virtual box pada kolom image carilah baris "Ova Template". File Ova template terbagi menjadi 3 yaitu Long-term, Stable, dan Testing. Mungkin menurut admin jika di lihat dari no versinya, Long-term adalah versi sebelumnya, Stable adalah versi yang terbaru, dan Testing adalah versi yang sedang di kembangkan (beta). Dari ketiga file tersebut download file Ova Tempalte versi stable, klik saja icon save nya.

Mengapa harus jenis file ova template ?, tidak jenis file lainya ?, hal itu karena hanya jenis file Ova template sajal lah yang bisa saya buka atau gunakan di kedua software tersebut (V-Mware dan V-Box), untuk jenis file lainya seperti VHDX, VMDK, dan VDI saya tidak tahu cara menggunakan nya hehehe, jika kalian tahu cara menggunakan nya, beritahu admin ya, bisa lewat kolom komentar, email atau facebook.

C. Cara Menggunakan / Menjalankan CHR | BluesPedia.xyz
Setelah file ova template berhasil di downlad, langkah selanjutnya adalah menjalankan file tersebut di V-Mware atau Virtual Box, tergantung dari selera kalian, lebih paham yang mana. Untuk cara menjalankan file CHR ini akan saya bahas secara lengkap di artikel selanjutnya, baik di V-Mware maupun di Virtual Box, jadi terus kunjungi dan Blues Pedia agar tidak ketinggalan artikel-artikel menarik lain nya ya.
Artikel terkait :
Cara Install Mikrotik CHR Tanpa Lisensi (Gratis) Di Virtual VMwareCara Install Mikrotik CHR Tanpa Lisensi (Gratis) Di Virtual Box
Baiklah saya rasa cukup untuk pembahasan artikel kali ini mengenai cara Mendapatkan Mikrotik Secara Gratis Tanpa Lisensi - Cloud Hosted Router (CHR), jangan lupa ya terus pantau dan kunjungi Blues Pedia ya, jangan lupa di share juga ya :D, terimakasih dan sampai jumpa
Salam Admin Blues Pedia.

0 Response to "Mendapatkan Mikrotik Secara Gratis Tanpa Lisensi - Cloud Hosted Router (CHR) #0003"

Post a Comment