6 Persiapan Download & Install RouterOS Mikrotik Via CD / Flash Disk #0006

Seperti yang pernah saya bahas di tutorial sebelumnya "4 Cara Mendapatkan Mikrotik Secara Gratis Sampai Berbayar", salah satunya saya menjelaskan tentang RouterOS Mikrotik yang bisa di install dimana saja selama perangkat yang di gunakan mendukung RouterOS. Namun sebelum kalian menginstall RouterOS Mikrotik, ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan, apa sajakah itu ?, berikut pembahasanya :

A. Hal yang harus di persiapkan untuk menginstall RouterOS
Sebelum kalian menginstall RouterOS mikrotik di komputer atau laptop, ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan diantaranya :

1. Download File RouterOS Mikrotik | Blues Pedia
Karena kalian akan menginstall RouterOS mikrotik, maka hal pertama yang harus kalian persiapkan adalah file instalasi RouterOS Mikrotik, file RouterOS ini bisa kalian dapatkan dan download secara gratis di website resminya (https://mikrotik.com/download) . Namun jika kalian mendownload file RouterOS dari website resmi mikrotik untuk pertama kali nya, kalian pasti akan bingung, file mana yang harus di download, karena ada banyak sekali file yang bisa di download yang terbagi menjadi beberapa bagian dan versi. Untuk mendownload file RouterOS, di halaman download mikrotik carilah di bagian RouterOS (biasanya di bagian atas) lalu tipe x86 dengan extensi iso image.
2. CD - DVD | Blues Pedia
Setelah berhasil mendownload filenya siapkanlah 1 buah disc, disc ini akan kalian gunakan untuk menyimpan file RouterOS ke dalam disc dengan cara Burning. karena file RouterOS tidak terlalu besar, tidak sampai 500 MB, maka untuk jenis disc yang di gunakan, kalian bisa menggunakan jenis compact disc (CD) seperti CD-R atau CD-RW, mungkin kisaran harganya kurang dari 10.000 / buah.
3. Flash Disk | Blues Pedia
Selain menggunakan disc, kalian juga bisa menggunakan Flash disk untuk menginstall iso RouterOS mikrotik, nantinya flash disk ini akan di jadikan sebagai boottable, yaitu proses pembacaan file sistem lewat flash disk, namun tidak semua jenis komputer / laptop bisa melakukan hal ini, tergantung dari jenis motherboard dan flash disk yang digunakan, tapi tenang saja untuk motherboard dan flash disk keluaran terbaru sudah support booting lewat flashdisk.

4. Komputer / Laptop | Blues Pedia
Hal yang harus di persiapan selanjutnya untuk membuat PC Router tentunya adalah tempat untuk RouterOS itu sendiri yaitu sebuah komputer atau laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, ya minimal pentium 4 lah, ram 1 gb, HDD 10 gb dan gak perlu VGA tambahan, cukup VGA bawaan dari motherboard saja. Pembahasan lengkap mengenai speksifikasi komputer yang akan di jadikan PC router, bisa kalian lihat dilink di bawah ini ya, (ssssttt ada beberapa contoh spesifikasi yang di pake para master mikrotik juga lohhh)
Artikel terkait :
Spesifikasi Komputer / Laptop Untuk Menginstall RouterOS Mikrotik
5. LAN Card 2 bh | Blues Pedia
Karena kita akan membuat sebuah PC router maka jumlah port LAN nya minimal harus ada 2, dimana satu port LAN di gunakan untuk menghubungkan PC Router dengan internet atau modem, dan satu port LAN lagi untuk di hubungkan ke switch yang akan di teruskan ke user.

6. CD / DVD Drive | Blues Pedia
Selain komponen utama komputer yang harus kalian perhatikan, perhatikan juga media / alat yang di gunakan untuk membaca CD instalasi RouterOS Mikrotik, seperti CD / DVD Drive atau sering di sebut juga CD / DVD Rom, cek dan pastikan komputer / laptop yang kalian gunakan sudah memilikinya ya, hal ini harus kalian persiapkan jika kalian menggunakan CD / DVD sebagai media instalasi, jika menggunakan flash disk abaikan saja langkah ini.

B. Pilih Laptop atau PC ?
Jika kalian bertanya pilih Laptop atau PC yang akan di jadikan PC Router, menurut admin hal itu tergantung dari kebutuhan masing-masing, jika PC router hanya di gunakan untuk sarana belajar saja kalian bisa menggunakan laptop atau PC dengan spesifikasi rendah, tetapi jika kebutuhanya benar-benar untuk router lebih baik menggunakan PC dengan spek khusus server, karena jika menggunakan laptop atau PC biasa tidak akan optimal karena spesifikasinya bukan khusus untuk server yang digunakan tanpa henti 24 jam.

C. Install Router OS
Jika semua persiapan sudah selesai, langkah selanjutnya adalah menginstall RouterOS di Komputer / PC menggunakan CD dan Flash Disk, untuk cara menginstall nya akan saya bahas di tutorial selanjutnya ya, yang sekarang ini masih dalam proses pembuatan.
Artikel Selanjutnya :
Cara Install RouterOS Mikrotik Di Komputer Via CD / Flash Disk
Cara Install Mikrotik Menggunakan Aplikasi Virtual Box
Cara Install Mikrotik Menggunakan Aplikasi V-Mware
saya rasa cukup sekian tips mikrotik kali ini mengenai 6 Persiapan Untuk Install RouterOS Mikrotik Via CD / Flash Disk, sampai jumpa di artikel berikutnya ya, jangan sampai ketinggalan.

0 Response to "6 Persiapan Download & Install RouterOS Mikrotik Via CD / Flash Disk #0006"

Post a Comment