Masalah yang sering terjadi ketika Add/Connect Printer Sharing

Pembahasan Artikel : Mengatasi "Checking Windows Update, This might take a while" dan Windows Cannot Connect To the printer Error 0x00000002 pada printer 

Pada artikel kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya ketika saya akan menambahkan printer yang di share di sebuah computer client, sebagai informasi saja, computer yang terinstall printer dan di share adalah computer biasa dengan system operasi Windows 7 Ultimate, sedangkan system operasi komputer client adalah Windows 10, Windows 8 dan Windows 7.

A. Checking Windows Update. This might take a while ……..
Ketika itu ada sebuah printer baru Epson L1800 yang di install di computer dengan OS Win 7 sebut saja server, karena posisi computer tersebut di tengah sehingga memudahkan client mengambil document yang di print nantinya, Proses instalasi berjalan seperti biasanya dan berjalan lancar sampai proses sharing printer, dan kini tiba saatnya untuk menghubungkan printer dengan computer lainya.

Untuk yang pertama saya hubungkan computer windows 10 dengan printer terlebih dahulu, karena atasan langsung yang menginginkanya, di sini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara menambahkan printer di computer lain, karena saya menganggap anda sudah bisa melakukanya.

Tapi  entah kenapa computer ini tidak bisa connect dengan printer, hanya menampilkan pesan "Checking Windows Update. This might take a while ……..", lebih jelasnya seperti gambar berikut :
Hal pertama yang saya lakukan adalah mengecek versi windows 10 yang di gunakan, dan ternyata sudah update. Setelah itu saya hanya membiarkannya saja, menunggu proses di atas sampai berhenti. Namun saya tidak membiarkanya begitu saja, saya mencoba dengan computer lainya tapi dengan system operasi yang sama seperti server, yaitu windows 7. Berbeda dengan client windows 10, proses connect/add printer berjalan dengan lancar, tanpa adanya masalah sedikit pun, dan printer pun bekerja dengan baik.

Kembali ke client windows 10, kurang lebih 30 menit berlalu, proses di atas pun masih belangsung, dan akhirnya saya memutuskan untuk mendiskusikan hal ini ke group Teknisi Komputer di Facebook, dengan harapan masalah ini bisa selesai.

Benar saja diskusi ini membuahkan hasil, saya menyimpulkan dan memilih saran dari salah satu anggota yang menyarankan untuk menginstall driver printer di computer client windows 10, untuk proses instalasinya pun sama seperti ketika saya menginstall printer di computer server, hanya saja printer Epson L1800 tidak terhubung langsung dengan computer windows 10, maka ketika ada option yang memerintahkan saya untuk menghubungkan computer dengan printer, saya memilih untuk menghubungkanya lain kali saja.

Setelah proses instalasi selesai, saya mencoba kembali untuk menghubungkan computer windows 10 dengan printer, dan hasilnya pun sangat memuaskan, Printer bisa terhubung/ di tambahkan di computer windows 10.

B. Windows Cannot Connect To the printer Error 0x00000002
Untuk masalah yang kedua, yaitu adanya pesan error "Windows Cannot Connect To the printer Error 0x00000002", ketika hendak menghubungkan computer dengan printer yang di share, sama seperti masalah pertama, untuk yang kedua ini saya tidak tau apa penyebabnya, tapi saya punya solusinya, untuk mengatasinya kita akan merestart service startup printer, caranya :
1. Buka Halaman Windows Service
Klik Start lalu tuliskan "service", maka secara otomatis windows akan menampilkan list pencarian berdasarkan kata yang tulis, Cari dan klik Service

2. Buka Properties Print Spooler
Jika sudah di halaman windows service, cari dan double klik print spooler, maka akan muncul jendela properties print spooler.
3. Restart Service Print Spooler
Di tab General dan di option Startup type pilih Automatic
Lalu di option Service status klik stop (untuk menghentikan proses print spooler), diamkan beberapa menit, lalu klik start untuk menjalankanya kembali, jika sudah klik OK, dan coba add printer seperti biasanya.

Kesimpulan :
  • Jika computer tidak bisa menambahkan printer yang di share oleh computer server, coba install driver printer yang di share di computer client atau yang ingin di tambahkan printer, tanpa harus menghubungkan computer tersebut dengan printer. Setelah proses instalasi selesai, coba add printer lagi
  • Jika muncul pesan error seperti poin ke 2, coba restart service print spooler
Berikut beberapa hal yang harus anda cek ketika computer tidak bisa terhubung dengan printer yang di share :
  • Periksa keadaan jaringan Anda. Untuk mengecek kondisi jaringan anda, coba lakukan ping ke computer server dan client lainya, Misal IP computer server adalah 192.168.1.1 sedangkan client 192.168.1.2 sampai 192.168.1.10, lakukan ping dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + R, lalu tuliskan "ping 192.168.1.1 –t" (atau IP lainya sesuai settingan IP di jaringan anda) dan enter, dan pastikan adanya balasan pesan "Reply From 192.168.1.1: bytes=32 time=1ms TTL=128", atau seperti ini :
  • Cek Konfigurasi Options sharing di masing-masing computer. Pastikan option File and printer sharing adalah "Turn On File and Printer Sharing" Pastikan printer yang ingin di share, sudah terinstall di computer server dan sudah di setting sebagai printer sharing
Itulah pengalaman saya mengenai masalah pada printer ketika mencoba untuk menghubungkan computer client dengan printer yang di share dengan kode kesalahan Checking Windows Update, This might take a while dan Windows Cannot Connect To the printer Error 0x00000002, dan masih banyak lagi masalah-masalah lainya yang mungkin anda pernah mengalaminya.

Jika anda punya pengalaman lainya, anda bisa menuliskanya di kolom komentar atau hubungi admin, agar artikel ini bisa lebih lengkap dan bermanfaat bagi pengunjung. Sekian dan terimakasih

10 Responses to "Masalah yang sering terjadi ketika Add/Connect Printer Sharing"

  1. thanks gan sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Anonymous01:00

    terima kasih atas bantuannya gan, membantu sekali pengalamannya..

    ReplyDelete
  3. thanks
    sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Gan bisa minta kontak wa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan hub admin di : 0819 1199 0393
      maaf kalo slow respons, karena admin ada kesibukan lain (kerja & kuliah malam)
      :D

      Delete
  5. Laptop dan PC sudah connect, tapi add printer dari laptop tetep ga bisa, bisa kasi solusi min ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. type printernya apa ?,
      1. pengalaman saya kalo ga bisa di add printer, selain di PC server (komputer yang connect langsung dengan printer) install driver printernya juga di komputer user yang ingin di add printer,
      2. trus pas langkah "connect to printer", pilih "later"
      3. Setelah instalasi selesai, cobalah add printer
      cara ini saya pakai di printer Epson L1800 dan berhasil

      Delete
  6. Gan, kalau saya kendalanya ada di hasil print lewat printer sharing, jadi si Marginnya itu berubah, padahal kalau print lewat kabel langsung ke printer itu normal normal aja..

    OS Komputer Client dan Server adalah Win 7
    Printer Epson L210

    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo soal ini saya blm pernah mengalaminya, hehehe

      Delete
  7. Anonymous14:26

    thank you.. sangat sangat membantu sekali..makasih ya gannn

    ReplyDelete