Cara Sharing Folder, Copy Paste Langsung Ke Komputer Tanpa Flashdisk

Pembahasan : Cara Sharing Folder dan Mengatur Advanced Sharing Settings

Sharing folder di dalam sebuah jaringan LAN bagi saya sangatlah di butuhkan, karena dengan adanya sharing folder kita bisa dengan mudah dan cepat transfer / copy and paste data dari komputer ke komputer lain, tanpa harus menggunakan media apapun seperti halnya Flash disk untuk memindahkan data, khususnya jika anda bekerja sebagai teknisi komputer.

Dalam penggunaanya, sharing folder saya gunakan untuk menyimpan software-software yang di butuhkan, sehingga ketika ada user yang ingin menginstall sebuah program, saya hanya tinggal membuka folder sharing tersebut di komputer user tanpa harus membawa sebuah flash disk atau hard disk eksternal. Untuk membuat folder sharing sangatlah mudah, di sini saya menuliskanya dengan 2 tahap, dan tutorial ini bisa dilakukan di windows 7, 8, dan 10, berikut tutorialnya :

A. Setting Folder Sharing
1. Membuat Folder Sharing
Langkah pertama adalah menyediakan tempatnya terlebih dahulu, buatlah sebuah folder baru dengan nama "Share Folder", atau dengan nama lainya, untuk letak folder saya sarankan di luar saja, tanpa harus menggunakan sub folder, jelasnya perhatikan gambar berikut :
Catatan :
Jika anda sudah mempunyai folder yang akan di share, abaikan saja langkah pertama
2. Menambahkan User File Sharing
Pada settinggan default, File Sharing hanya ada user admin dari computer itu saja dengan hak akses Read/Write yang memungkinkan admin tersebut bisa melakukan apa saja terhadap file tersebut. Pada langkah ke dua ini kita akan menambahkan satu user agar file sharing bisa di akses oleh semua user / hanya beberapa user saja.
Pertama klik kanan Folder, lalu pilih Share With > Specific People, maka akan muncul jendela baru seperti ini :

Untuk menambahkan user, klik tanda panah lalu pilih user yang akan di tambahkan.
  • Guest : adalah user tamu, maksudnya account user yang ada di computer kita, bagi anda yang mempunyai lebih dari satu account user windows di computer yang sama, dan ingin share folder pilih lah option ini.
  • Miftah : adalah nama administrator komputer, namanya bisa berubah tergantung dari nama di komputer anda.
  • Everyone : jika kita memilih option ini, maka semua user yang tergabung di dalam jaringan tersebut bisa mengakses folder yang di share.
  • Create a new user : membuat user baru
Pilihlah sesuai keinginan anda, namun disini saya memilih Everyone, jika sudah klik Add dan secara otomatis akan masuk kedalam list yang ada di bawahnya. Setelah itu pilih hak akses dari user tersebut, hanya ada 2 jenis hak akses disini :
  • Read : User hanya bisa melihat, mengcopy file dari computer server ke computer lain,
  • Read/Write : Hak akses Read/Write lebih lengkap, yaitu user bisa melihat, copy-paste file server ke client dan sebaliknya, menambahkan / menyimpan data ke computer server, membuat sebuah Folder, mengubah sebuah nama, menghapus folder/file
Jika sudah klik share, tunggu beberapa detik, sampai muncul jendela seperti ini

Sampai disini untuk tahap pertama sudah selesai, selanjutnya yaitu tahap ke dua mengatur Advance Sharing.

B. Mengatur Advanced Sharing
Advanced sharing adalah sebuah service yang di gunakan untuk mengatur hubungan computer dengan computer lainya yang dalam hal ini adalah sharing data. Untuk membuka halaman Advance Sharing :
1. Buka Halaman Control Panel
Untuk anda pengguna Windows 7, klik saja Start / logo windows di keyboard lalu klik Control Panel (ada di sebalah kanan menu), Dan untuk anda pengguna Windows 7 / 8 / 10, anda bisa menggunakan cara klik start lalu tuliskan “Panel”, maka secara otomatis windows akan menampilkan data yang berhubungan dengan kata yang di tuliskan, di antara option yang ada pilih Control Panel

2. Pergi ke halaman Advanced Sharing
Sebenarnya banyak sekali cara untuk pergi ke halaman advanced sharing, namun di sini saya hanya menuliskan cara yang paling mudah saja dan bisa di lakukan di semua versi windows 7, 8, 10.
Tuliskan kata "Advanced" di kolom search (sebelah pojok kanan atas), dari hasil pencarian klik Manage Advanced Sharing Settings

3. Ubah Pengaturan
Untuk Windows 7 di halaman Advance Sharing hanya ada 2 option saja yaitu Home or Work dan Public, Sedangkan untuk windows 8 dan 10, ada 3 option yaitu Private, Guest or Public dan All Network. Di setiap option yang ada baik windows 7, 8 sampai 10, memiliki sub option dan tentunya dengan fungsi yang berbeda, berikut beberapa diantaranya :
Option Advanced SharingWindows 7
Option Advanced SharingWindows 10
  • Network Discovery : Berfungsi untuk menampilkan daftar komputer yang tergabung di dalam sebuah jaringan. (Pilih Turn On)
  • File and Printer Sharing : Setiap File / data dan printer yang di share, maka komputer lain bisa mengakses / menggunakanya. (Pilih Turn On)
  • Public folder sharing : Hampir sama dengan file and printer sharing, namun option ini hanya untuk data saja, tidak bisa untuk printer sharing (Pilih Turn On)
  • Media Streaming : Memungkinkan semua user yang tergabung di dalam jaringan bisa mengakses file gambar, music dan video secara langsung (Bebas)
  • File Sharing Connections : Untuk yang ini saya kurang paham, meskipun begitu pilih saja yang di rekomendasikan windows. (Pilih Recomended)
  • Password Protected Sharing : Untuk memberikan perlindungan lebih terhadap file sharing, dengan menggunakan password jika ada seorang user yang ingin mengakses data yang di share. (Pilih Turn Off)
  • Home Group Connections : Sama halnya dengan File sharing connections, pilih saja yang di rekom windows (Pilih Recomended)
Catatan :
- Pilih Turn On untuk mengaktifkan option di atas
- Dan Turn Off untuk tidak mengaktifkanya.
Jika sudah klik "Save Change"

C. Ayo Kita Cek dan Tes
Setelah anda melakukan 2 tahap di atas, kini saatnya kita melihat hasilnya, namun untuk melihat hasilnya secara keseluruhan kita harus menggunakan komputer lain (user),  dan lakukan hal di bawah ini di 2 komputer, baik di komputer sharing / server dan komputer user lainya. berikut cara untuk mengeceknya :
Pertama buka windows explorer lalu pilih Network, jika muncul list computer seperti di bawah ini, Maka konfigurasi sharing folder tahap ke dua sukses

Untuk mengecek konfigurasi tahap pertama, di antara list computer yang ada klik nama user computer yang di gunakan untuk sharing folder, lalu klik Folder dan cobalah untuk membuat perubahan pada folder tersebut, missal dengan mengubah isi filenya, rename folder / file, menghapus, copy-paste file, menambahkan / membuat sebuah file dan folder, jika hal itu bisa di lakukan, maka konfigurasi tahap pertama suskes.

Bagaimana mudah bukan untuk membuat file sharing, 
Kini anda tidak perlu repot-repot untuk copy-paste sebuah file dari computer ke computer lain menggunakan media perantara lagi, cukup buka Windows explorer dan klik nama computer saja. 
Sekian artikel kali ini mengencai cara sharing folder, jika anda mengalami kesulitan dalam melakukanya, tuliskan saja di kolom komentar atau hubungi kami, Terima kasih,

0 Response to "Cara Sharing Folder, Copy Paste Langsung Ke Komputer Tanpa Flashdisk"

Post a Comment