Ini Dia 4 Cara Login Mikrotik Selain Winbox, Lengkap Dengan Data Login Mikrotik Defaultnya

Login Mikrotik Menggunakan Winbox, Web Browser, SSH, Telnet, Data Mikrotik Default #015

Bagi anda yang baru pertama menginstall mikrotik, pasti anda mengalami masalah mengenai cara login ke mikrotik, biasanya pada sebuah system operasi memiliki data login default, seperti di Wifi, begitu juga dengan mikrotik yang mempunyai data login defaultnya, mulai dari User, password dan IP yang di gunakan mikrotik. User dan password di gunakan untuk login ke mikrotik, sedangkan IP di gunakan sebagai media komunikasi, jika kita ingin mengakses mikrotik dengan komputer, misalnya Mikrotik Routerboard yang di akses melalui komputer. Jika anda login menggunakan Winbox, penggunaan IP tidak perlu, karena winbox secara otomatis mendeteksi keberadaan Mikrotik jika memang komputer sudah terhubung dengan mikrotik, IP di gunakan jika kita login mikrotik selain dengan winbox, seperti web browser, Putty, dan telnet di windows.
Semua hal itu akan kita bahas di sini, mulai dari data login mikrotik default sampai pembahasan mengenai 4 cara login mikrotik, dan yang pertama akan kita bahas adalah :

A. Mikrotik Default | Blues Pedia
Mikrotik Default di sini berarti  settingan / konfigurasi asli dari Mikrotik seperti username, password, IP, sampai konfigurasinya, Mikrotik default ini kita dapatkan jika kita menginstall baik pertama kali atau install ulang dan mereset mikrotik, berikut ini adalah default mikrotik :

Untuk User defaultnya adalah : admin
sedangkan untuk Password : kosong (tanpa password)
dan IP default mikrotik : 192.168.88.1/24 di ethr 1

B. Login Mikrotik Via HP / Smarthphone | Blues Pedia
Untuk pembahasan login mikrotik menggunakan HP / Smarthphone, kalian bisa melihatnya di pembahasan berikut :
Artikel Terkait :
Cara Login Mikrotik Menggunakan HP Android Via Aplikasi
C. Login Mikrotik Via Komputer | Blues Pedia
Untuk login ke mikrotik ada banyak cara untuk memasuki systemnya, seperti menggunakan :

a. SSH
SSH adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengkonfigurasi / meremote suatu server, bagi anda yang menggunakan Windows sebagai sistem operasinya, anda harus menggunakan Putty untuk mengaktifkanya namun jika sistem operasinya Linux, kita tidak perlu menggunakan Putty.

a.1. Masukan IP Mikrotik
Untuk menggunakannya, masukan IP address mikrotik pada kolom Host Name (or IP Address), disini saya menuliskanya 192.168.1.1, tuliskan 22 pada kolom port, dan pilih SSH di connection type, kemudian klik "Open"
Putty
a.2. Login Mikrotik
Jika ada pemberitahuan pilih "yes" saja, lalu sesudah itu akan muncul menu login, masukan user dan password anda atau Default Mikrotik, lalu enter

a.3. Ini adalah tampilan mikrotik di Putty
Mikrotik Via Putty
b. Telnet
Kita dapat meremote mikrotik menggunakan telnet melalui program aplikasi "Command Prompt" (cmd) bawaan windows. Namun telnet tidak disarankan untuk konfigurasi server karena masalah keamananya.
Catatan
Pada Versi Windows Xp dan versi sebelumnya, secara default telnet bisa langsung di gunakan, namun untuk versi terbarunya yaitu mulai dari windows 7, telnet secara default di nonaktifkan, sehingga untuk menggunakanya kita harus mengaktifkanya terlebih dulu, untuk cara mengaktifkanya bisa anda lihat di artikel berikut :
Apa Itu Telnet, Cara Mengaktifkan dan Menjalankan Telnet Di Windows
b.1. Menjalankan CMD
Untuk menggunakannya, pertama anda harus membuka / menjalankan CMD terlebih dahulu, caranya klik start (logo windows) lalu tuliskan cmd dan tekan enter, jika sudah maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah.

b.2. Konfigurasi Telnet
Di kolom tersebut tuliskan script cd \, (tujuanya untuk berpindah directory dari Folder administrator ke Drive C:), setelah itu script berikutnya yaitu telnet (IP Mikrotik) dan enter
Koneksi Mikrotik Via Telnet
b.3. Login Mikrotik Via Telnet
jika berhasil akan muncul menu login user. isi user dan password anda atau Default Mikrotik, gunakan enter untuk eksekusi script

b.4. Mikrotik Via Telnet
Ini adalah tampilan Mikrotik melalui Telnet
Mikrotik Via Telnet
c. Web Browser
Seperti yang kita ketahui browser adalah sebuah software yang digunakan sebagai search engine, namun pada tutorial kali ini browser dijadikan sebagai aplikasi untuk remote server, syarat agar Mikrotik bisa di remote oleh browser adalah mikrotik harus sudah mempunyai IP, atau anda dapat menggunakan IP Defaultnya.

c.1. Login Mikrotik Via Google Crome
untuk menggunakannya jalankan browser (disini saya menggunakan google crome) lalu ketikan alamat IP Mikrotik, dan tekan enter. selanjutnya anda akan menuju tampilan login mikrotik, isi user dan password anda atau Default Mikrotik, dan tekan login
Login Mikrotik Via Browser
c.2. Tampilan Mikrotik melalui Browser
Mikrotik Via Web Browser
d. Winbox
Winbox merupakan aplikasi remote server khusus mikrotik, yang merubah tampilan hitam putih / mode CLI menjadi mode GUI / berwarna, yang user friendly (mudah digunakan) di bandingkan dengan router lainya yang masih menggunakan console mode.
Ini adalah tampilan awal dari winbox yang terdiri dari beberapa kolom dan navigasi untuk menjalankanya.


d.1. Login Mikrotik Via Winbox
Isi kolom "connect to" dengan IP atau MAC Address Mikrotik, jika mikrotik sudah terhubung dengan komputer, maka otomatis winbox akan menampilkan informasi dari mikrotiknya seperti MAC Address, IP Address, Identify, Version, Board, dan Uptime pada kolom paling bawah.
Setelah itu isi kolom login dengan username mikrotik dan kolom password dengan password mikrotik, jika mikrotiknya masih baru, isi saja dengan username dan password default mikrotik. jika sudah klik tombol "connect".

d.2. Tampilan Mikrotik Via Winbox
Jika data-data yang di tuliskan benar, maka kalian akan di arahkan ke halaman utama mikrotik via winbox, kurang lebih seperti ini tampilan nya :


e. Video Tutorial
Klik link di bawah ini untuk melihat video tutorialnya :
Lihat Video Tutorialnya Di Youtube (Mohon untuk bantu subcribe ya :D)

Itulah pembahasan kali ini mengenai 4 Cara Login Mikrotik selain menggunakan winbox, dan di lengkapi dengan data login mikrotik, berdasarkan kemudahan penggunaan dan login mikrotik, saya menyarankan gunakan saja winbox, karena tampilanya yang lebih berwarna dan menarik, dalam hal konfigurasinya pun kita hanya tinggal klik dan klik saja, tanpa harus menghafal  script. Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat. 

10 Responses to "Ini Dia 4 Cara Login Mikrotik Selain Winbox, Lengkap Dengan Data Login Mikrotik Defaultnya"

  1. thanks gan sudah membantu kami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, terimakasih telah berkunjung :D

      Delete
  2. Jadi kalau saya masuk ke mikrotik dengan 192.168.1.1 default dengan chrome dan mozila firefox lalu muncul tulisan hostname, cmdversion apakah saya harus mengganti mac addreas agar saya dapat masuk kemikrotik dan jengkelnya saya telnet dinonaktifkan jadi saya tidak bisa mendapatkan ppassword login kemikrorik.
    Mohon penceraannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. IP default mikrotik adalah 198.162.88.1,
      seharusnya jika untuk pertama kalinya login ke mikrotik dan data login yang di masukan benar, maka kita akan bisa masuk ke mikrotik, coba cek kembali data yang di tuliskan dan konfigurasi mikrotiknya.

      Kenapa harus ganti mac address ?, apakah mac addressnya di black list ?
      kemungkinan tidak bisa login ke mikrotik adalah :
      1. data login yang di masukan salah
      Jika lupa username dan password mikrotik, ada 3 hal yang bisa kita lakukan untuk mengetahuinya, berikut tutorialnya http://www.bluespedia.xyz/2015/09/cara-mengetahui-password-dan-username.html

      2. Adanya filter / pemblokiran terhadap device tertentu, misalnya berdasarkan IP / Mac Address

      3. Adanya batasan / Pemblokiran port di mikrotik, seperti port SSH, Web, dan telnet, untuk tutorial mengenai pembatasan akses port mikrotik, bisa anda lihat di :
      http://www.bluespedia.xyz/2017/03/menonaktifkan-mengganti-membatasi-akses.html

      Delete
    2. itu dia mungkin pemblokiran terhadap ip/mac dan mungkin semua port seperti telnet,ssh diganti atau didisable

      Delete
  3. Saya masih bingung. Pas di bagian tool nya itu kita nanti klik yang mana? Remove atau yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hanya login, isi username dan password lalu tombol login saja di Winbox

      Delete
  4. Kalo mikrotik di rest apakah harus seting ulang lagi

    ReplyDelete