Modal Awal & Murah Sebelum Konfigurasi Mikrotik #011

Hai sobat Blues Pedia, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang hal apa saja yang harus di perhatikan sebagai modal awal sebelum mengkonfigurasi mikrotik, kenapa hal ini perlu di bahas ?, untuk kalian para pemula / yang baru belajar mengenal dunia mikrotik, tentunya hal ini sangatlah penting, tujuanya agar kalian tidak bingung memahami istilah-istilah dasar yang ada pada mikrotik.

Sebelum kita bahas artikel ini, ada hal yang harus kalian ingat ya, hal-hal yang di sebutkan dalam artikel ini hanya pendapat admin saja berdasarkan pengalaman dan pemahaman yang saya kuasai, jadi apa yang saya sebutkan disini itu bisa benar atau salah, dan itu semua tergantung dari kalian menilainya. baiklah berikut pembahasanya :

A. Dasar Jaringan | Blues Pedia
Karena Mikrotik sangat erat kaitanya dengan jaringan, maka dari itu dasar jaringan sangatlah penting untuk kalian pahami, dasar jaringan yang saya maksud sederhana saja seperti mengerti tentang apa itu IP, gateway, subnet mask, subnetting, cara menghubungkan komputer dengan internet, bisa mengganti IP komputer, bisa mengubah type IP misal dari static jadi dynamic, pernah mencoba sharing data antar komputer via jaringan. Intinya kalian paham tentang IP komputer.

B. Bisa Menggunakan Internet | Blues Pedia
Sepertinya hal ini tidak usah saya bahas lebih dalam ya, karena saya yakin orang yang sedang membaca artikel ini bisa menggunakan internet, misal untuk buka situs, cara download dan upload file. Kenapa hal ini bisa di jadikan sebagai modal ?, hal itu karena pada saat pengujian konfigurasi mikrotik pasti ada hubungan dengan internet.

C. Uji Jaringan | Blues Pedia
Tentunya ketika kalian selesai melakukan sesuatu, pasti kalian akan melakukan sebuah pengujian, dimana pengujian tersebut di lakukan untuk mengetahui hasil dari pekerjaan kalian, sudah benar/ tidaknya. Hal itu sama juga dengan mikrotik, ketika nanti kalian selesai mengkonfigurasi router, kalian harus mengujinya. Untuk tingkat dasar pengujian jaringan, minimal kalian harus paham cara ping dari PC ke PC, dan PC ke internet, lain dan paham juga dengan pesan di tampilkan nya.

D. Mikrotik | Blues Pedia
Karena kalian akan mempelajari mikrotik, maka kalian harus punya mikrotik, karena kalo ini ga ada bisa di bayangkan sendiri. Bagi kalian yang cukup punya uang, kalian bisa membeli Mikrotik type Router Board, saya sarankan beli RB951 Ui 2nD, karena fiturnya lengkap sudah ada USB dan wirelessnya sedangkan harganya di kisarasan 500 - 700 ribuan.

Bagi kalian yang belum sanggup tuk membelinya :D, kalian bisa menggunakan virtual RouterOS Mikrotik, jadi kalian hanya tinggal install file sistem operasi mikrotik secara virtual menggunakan aplikasi seperti V-Mware atau Virtual Box, untuk fungsi, fitur sampai cara konfigurasinya sama saja.
E. Komputer / Laptop | BluesPedia.xyz
Ini juga tak kalah penting dengan mikrotik, komputer akan kalian gunakan untuk meremote mikrotik dan bisa juga di jadikan sebagai client / user untuk mengecek konfigurasi mikrotik. Spesifikasi komputer yang di butuhkanya pun tidak terlalu tinggi, yang sedeng aja.

F. Internet | BluesPedia.xyz
Tentunya jika kita sedang mengkonfigurasi sebuah router tidak akan lepas dari adanya internet, jadi agar kita bisa maksimal mempelajari mikrotik, kalian harus punya sumber koneksi internet dulu, tidak perlu sewa atau pasang indomie di rumah, lewat teathring hp juga bisa ko. 
F. Alat-Alat Pembantu | BluesPedia.xyz
Selain hal-hal di atas ada beberapa hal kecil yang bisa kalian siapkan sebagai modal awal konfigurasi mikrotik, tentunya hal kecil ini akan membantu kalian nanti, contohnya seperti kabel data / LAN yang akan di gunakan untuk menghubungkan komputer dan mikrotik.

Mungkin hanya itu saja beberapa hal yang harus kalian persiapan untuk mulai mengkonfigurasi sebuah router mikrotik, dan ingat jangan jadikan hal-hal di atas sebagai patokan kalian ya, karena poin-poin di atas merupakan pendapat pribadi saja berdasarkan pengalaman, jadi bisa saja salah  / keliru atau ada yang kurang, baiklah saya rasa cukup sekian pembahasan kita kali ini mengenai Modal Awal Sebelum Konfigurasi Mikrotik, Terimakasih :D

0 Response to "Modal Awal & Murah Sebelum Konfigurasi Mikrotik #011"

Post a Comment