Masukan kode kupon "hosting2020" untuk mendapatkan diskon tambahan Hosting Unlimited Indonesia

Cara Install Mikrotik, Linux, Windows di Virtual Box #010

Di tutorial sebelumnya telah di bahas tentang cara menginstall mikrotik, Linux, dan Windows secara Virtual menggunakan aplikasi V-Mware, nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas cara menginstall mikrotik, Linux, dan Windows secara Virtual menggunakan virtual box, sebagai catatan untuk poin A. Persiapan instalasi, saya tulis kembali karena ada beberapa pengunjung yang tidak sempat membaca artikel sebelumnya dan hal-hal yang harus di persiapnya pun sama saja, hanya beda pada aplikasi virtual nya saja, dimana kalian harus sudah menginstall virtual box.
Artikel Sebelumnya :
Cara Install Mikrotik, Linux, Windows di V-Mware
A. Persiapan Instalasi | BluesPedia.xyz
Sebelum kalian memulai mempraktekan tutorial ini, ada baiknya kalian mempersiapkannya dulu ya, hal-hal apa saja yang di butuhkan untuk menginstall sistem operasi secara virtual di Virtual Box, biar bisa sekalian belajar sambil pratek, tapi ga apa-apa juga jika kalian belum punya salah satu dari hal-hal yang akan saya sebutkan di bawah, tidak ada salahnya tahu dulu baru mempraktekanya, baiklah berikut di antaranya :

1. ISO RouterOS Mikrotik
Jika kalian belum punya file instalasinya, kalian bisa mendownload di situs resminya dalam bentuk iso image (gratis ko, cuman lisensinya saja yang berbayar). Tapi untuk Router OS mikrotik dalam bentuk ISO Image, kalian bisa mendownload nya di situs https://mikrotik.com/downloadUntuk mendownload file RouterOS, di halaman download mikrotik carilah di bagian RouterOS (biasanya di bagian atas) lalu tipe x86 dengan extensi iso image.



2. Software Virtual Box
Sebenernya ada banyak sekali software yang bisa kita gunakan untuk menginstall sistem operasi secara virtual, namun saya hanya memilih 2 aplikasi saja yaitu V-mware dan Virtual Box karena banyak yang menggunakanya, jika kalian punya aplikasi ini pastikan sudah terinstall ya, kalian bisa mendapatkan aplikasi ini di google ya :D.

3. Komputer / Laptop
Untuk komputer yang akan kita gunakan saranya saya agar kinerja komputer tidak terlalu berat, gunakanlah spesifikasi komputer yang medium (bukan untuk keperluan office ya), sebagai gambaran spesifikasi komputer yang saya gunakan adalah Processor i3, RAM DDR 3 4 GB, HDD 500 GB.

4. Aplikasi Pendunkung
Jika kalian menginstall Mikrotik, siapkan lah aplikasi winbox. Winbox merupakan sebuah aplikasi khusus yang di gunakan untuk meremote mikrotik dengan tampilan GUI, bisa di klik bukan command-line. Jika kalian menginstall Linux, kalian bisa menggunakan putty, untuk konfigurasi linux di koomputer utama. Jika kalian menginstall windows, menyesuaikan saja ya.


B. Instalasi Mikrotik, Linux, Windows di V-Box | BluesPedia.xyz
1. New Machine
Langkah pertama adalah jalankan aplikasi virtual box nya, lalu di tampilan utamanya klik navigasi yang berbentuk bulat biru dan berduri seperti durian
2. Name and Operating System
Berilah nama untuk system operasi yang akan kalian buat, dan pilih Type dan Versionnya sesuai dengan sistem operasi yang kalian pilih, karena mikrotik belum di kenali oleh V-Box, maka dari itu saya pilih other.

3. Memory Size
Pada tahap ini kalian harus menentukan besar RAM yang akan di gunakan untuk menjalankan sistem operasi virtual, disini saya setting 64 MB, karena untuk menjalankan mikrotik tidak perlu menggunakan RAM yang besar, mungkin beda lagi jika kalian menginstall windows atau linux.

4. Hard Disk
Jika kalian ingin menyimpan file system operasi yang akan di install, maka pilih saja option yang ke dua "Create a virtual hard disk now".


5. Hard Disk File Type
Disini saya pilih option yang ke dua saja.

6. Storage on physical hard disk
Pilih saja "dynamically allocated" ya

7. File Location and Size
Tentukanlah lokasi tempat penyimpanan virtual sistem operasinya dan berapa kapasitas maksimal hardisk yang akan di gunakan untuk virt
ual OS.

8. Setting
Langkah terakhir, jika kalian ingin melihat / mengedit settingan dari virtual OS yang tadi di buat, klik saja navigasi yang berbentuk seperti gear berwarna, sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah, sebagai catatan agar komputer utama terhubung dengan komputer virtual, ubah pengaturan network adapter 1 menjadi host-only. Jika sudah puas mengeditnya, klik OK.

9. Start
Jika sudah siap semuanya, klik navigasi yang berbentuk tanda panah ke kanan warna hijau, maka secara otomatis virtual box akan memulai penginstalan nya. Pembahasanya cukup sampai disini ya
jika kalian belum tahu cara instal mikrotik seperti apa, kalian bisa mempelajarinya di artikel berikut, nanti di artikel tersebut langsung ke poin B saja ya, abaikan poin A
Saya rasa cuku sekian pembahasan kali ini mengenai cara install sistem operasi secara virtual di Virtual Box baik mikrotik, linux maupun windows,  sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam admin Blues Pedia :D.

0 Response to "Cara Install Mikrotik, Linux, Windows di Virtual Box #010"

Post a comment