2 Cara Login Mikrotik Menggunakan HP Android Via Aplikasi #016

Di artikel sebelumnya saya telah membahas tentang 4 cara login mikrotik di komputer menggunakan winbox, putty / ssh, web browser dan telnet, nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang cara login mikrotik menggunakan HP / Smarthphone dengan system android. Untuk cara login disini saya menggunakan 2 cara yaitu menggunakan web browser dan menggunakan aplikasi pihak ke tiga. Sebelum ke pembahasan, pastikan kalian sudah terhubung dengan jaringan yang terhubung dengan mikrotik ya, karena ini adalah kuncinya.

A. Login Mikrotik Via Web Browser | Blues Pedia
Untuk yang pertama adalah login menggunakan web browser, untuk web browser yang di gunakan bebas, namun disini saya menggunakan google crome karena lebih umum digunakan, untuk caranya :
1. Buka / Jalankan Web Browser
Setelah crome terbuka, pada kolom address bar tuliskan alamat IP mikrotik yang akan di akses, contohnya IP mikrotik yang saya gunakan adalah 192.168.1.1 lalu klik enter. Jika IP yang kalian tuliskan benar, maka kalian akan di arahkan ke halaman login mikrotik.

2. Isi kolom 
Berikut adalah tampilan dari halaman login mikrotik via web browser :

Di halaman tersebut isi kolom "login" dengna username mikrotik yang di gunakan, dan isi juga kolom "password" nya ya, jika sudah tinggal klik tombol "login" saja.

3. Halaman Utama Mikrotik via Web Browser
Jika data yang kalian input benar, maka kalian akan di arahkan ke halaman utama mikrotiknya, tampilanya kurang lebih seperti ini :



B. Login Mikrotik Via Aplikasi | Blues Pedia
Seperti namanya, untuk pembahasan yang kedua ini kita akan menggunakan aplikasi tambahan yaitu aplikasi Mikrotik yang di buat oleh perusahaan mikrotik itu sendiri. Aplikasi mikrotik ini bisa kalian download di PlayStore secara gratis dan tanpa adanya iklan, jika kalian sudah mendownloadnya, berikut cara login Router Mikrotik menggunakan aplikasi mikrotik di android :

1. Buka Aplikasi Mikrotik | Tab Login
Jika kalian sudah mendownload aplikasi mikrotik, coba buka / jalankan aplikasinya, tampilan awal dari aplikasi mikrotik yang saya gunakan versi 1.3.2 adalah seperti ini :

Seperti yang kalian lihat terdapat 3 buah tab, yaitu Log in, Saved dan Discover. Tab Login di sebagai halaman untuk masuk ke system mikrotik dimana terdapat 3 kolom (Address, username, password) dan 2 navigasi (save dan connect). Jika kalian ingin log in, tuliskan Address / IP Mikrotik yang akan kalian remote berserta username dan password yang di gunakan, lalu klik tombol "connect".

2. Menyimpan Data Login Mikrotik
Jika nantinya kalian akan sering menggunakan aplikasi ini untuk meremote mikrotik, klik tombol "save" saja agar nantinya kalian tidak harus menulis data login lagi ketika ingin login kembali. Ketika kalian klik tombol save, maka akan muncul tampilan seperti ini :


Pada kolom yang tersedia, isi kolom Address, Username, dan password sesuai dengan data login mikrotik, sedangkan untuk kolom yang lain abaikan saja, lalu klik "Save"

3. Tab Saved
Di sebelah tab Login akan ada tab Save, dimana isi dari tab ini adalah berupa informasi data login mikrotik yang sudah disimpan sebelumnya, jadi jika kalian memilik banyak router mikrotik yang memiliki data login yang berbeda-beda kalian bisa memanfaatkan fitur ini, karena hanya dengan klik data login yang sudah tersimpan, maka secara otomatis kolom-kolom yang ada pada tab log in akan terisi, dan kita tinggal klik "connect" saja.


4. Tab Discover
Tab ini akan memberikan informasi berupa list mikrotik yang terhubung dengan HP yang sedang kalian gunakan, jadi kalo di jaringan kalian ada 5 mikrotik, maka akan ada 5 list mikrotik yang di tampilkan. Data yang di tampilkan berupa IP address, MAC address, identity mikrotik dan type board yang di gunakan.

5. Halaman Utama Mikrotik Via Aplikasi Mikrotik
Kembali ke pembahasan utama, jika pada tahap 1 kalian berhasil menuliskan data login mikrotik dengan benar, maka kalian akan di arahkan ke tampilan utamanya, kurang lebihnya seperti ini :


6. Tampilan Menu
Untuk menampilkan menu, klik saja navigasi yang ada di ujung kiri atas berbentuk garis-garis horizontal, sehingga akan muncul di sebelah kiri sebuah menu seperti ini :
Menu Mikrotik
Menu New Terminal
Menu-menu yang di tampilkanya pun sama dengan menu-menu yang ada pada web browser / winbox. Seperti yang kalian lihat di gambar sebelah kanan, itu adalah gambar / tampilan dari menu new terminal, menu yang di gunakan untuk mengkonfigurasi mikrotik menggunakan command line / script.

Itulah pembahasan kali ini mengenai cara login mikrotik di HP / Smarthphone Android, menurut pengalaman admin, remote mikrotik menggunakan HP agak ribet dan kurang leluasa ketika mengkonfigurasi, seperti ada yang membatasi mungkin karena layar dari HP yang tidak sebesar layar Komputer. Biasanya saya menggunakan HP tuk remote mikrotik hanya sebatas untuk mengecek saja, atau ingin mematikan / menghidupkan script, bukan untuk membuat script baru. 

0 Response to "2 Cara Login Mikrotik Menggunakan HP Android Via Aplikasi #016"

Post a Comment