Konfigurasi Interfaces / Ethernet Mikrotik Menggunakan Winbox dan Script #017

Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang salah satu konfigurasi mikrotik yaitu Konfigurasi interfaces / ethernet, konfigurasi ini meliputi mengubah nama interfaces dan cara mengaktifkan / menonaktifkan interfaces tersebut, konfigurasi ini termasuk kedalam kategori konfigurasi dasar karena sangat mudah sekali untuk melakukan nya dan waktu pengerjaanya pun hanya beberapa detik saja.

Disini saya menggunakan Mikrotik RB750r2, dimana mikrotik ini di gunakan untuk keperluan kantor, lalu kenapa di gunakan untuk membuat tutorial ?, hal itu karena konfigurasi yang akan kita lakukan tidak akan berpengaruh terhadap konfigurasi lainya dengan kata lain tidak akan berpengaruh terhadap kondisi internet yang di gunakan dan alasan lainya adalah interfaces yang di gunakan di mikrotik ini terbagi menjadi beberapa bagian. Meskipun saya menggunakan RB750r2, tutorial ini bisa di praktekan di semua jenis routherboard lainya.
Seperti yang kalian lihat, RB750r2 ini memiliki 5 buah Port ethernet dan masing-masing dari port ethernet tersebut saya setting sehingga memiliki fungsi / bagianya masing-masing, berikut adalah detail pembagianya :
  1. Port 1 saya gunakan untuk koneksi ke salah satu ISP (penyedia layanan internet) , sehingga mikrotik bisa terhubung dengan internet.
  2. Port 2 saya gunakan untuk koneksi ke TP-Link yang ada di area kantor, tujuannya adalah untuk menghubungkan perangkat selain komputer,  seperti HP / Laptop yang ada di area kantor bisa terhubung dengan jaringan internet kantor.
  3. Port 3 saya gunakan untuk koneksi ke TP-link yang ada di area rumah bos, karena kantor saya berbentuk RUKAN di sebuah komplek perumahan (Rumah Kantor) yang posisinya bersebelahan dengan rumah bos.
  4. Port 4 saya gunakan untuk koneksi ke area kantor menggunakan jaringan LAN (Kabel) untuk menghubungkan komputer kantor & Server.
  5. Karena port 5 tidak digunakan untuk keperluan kantor, maka saya gunakan untuk koneksi ke mikrotik pribadi, yang saya gunakan untuk membuat tutorial-tutorial mikrotik.
Pembagian fungsi ethernet diatas hanyalah contoh berdasarkan settingan mikrotik di kantor saya, jadi settinganya di sesuaikanya sesuai kebutuhan / keinginan kalian. Untuk cara merubah nama ethernetnya berikut pembahasanya :

A. Mengubah Nama Ethernet Mikrotik Via Winbox | Blues Pedia
1. Login Mikrotik
Pertama-tama tentunya kalian harus login ke mikrotiknya terlebih dulu, tentunya kalian sudah tahu cara login nya bukan ?, jika kalian belum tahu atau ingin tahu cara login lain selain menggunakan winbox, kalian bisa lihat artikelnya disini :
Artikel Terkait :
2. Menu Interfaces
Di halaman utama mikrotik klik menu interfaces, sehingga kalian akan melihat list dari ethernet mikrotik, contohnya seperti ini :


Nama dari list ethernet yang kalian lihat pada gambar di atas, bukan nama list default dari mikrotik, karena sudah di ubah sebelumnya, secara default nama dari ethernet mikrotik adalah ether1, ether2, ether3 dan seterusnya, angka yang terulis menandakan posisi port ethernet di fisik routerboard, hal ini nantinya akan memudahkan kita ketika mengkonfigurasi mikrotik.

3. Ganti Nama Ethernet
Untuk mengganti namanya, yang perlu kalian lakukan adalah double klik ethernet yang akan di rename, sehingga akan muncul halaman baru, seperti ini :


Di kolom name, isi / ubah dengan nama ethernet yang kalian inginkan, saran saya isi dengan nama lokasi / tujuan ethernet dan cantumkan no port nya agar kalian tidak bingung nantinya, contohnya pada gambar di atas saya merubah ethernet port 5 dari "5-BluesPedia" menjadi "5-BP", angka lima menandakan no port fisik di routerboard, sedangkan BP adalah singkatan dari Blues Pedia karena port lima ini terhubung dengan mikrotik yang sering di pake untuk membuat tutorial-tutorial Blues Pedia. Jika sudah jangan lupa klik "Apply / OK" untuk menyimpan perubahan.

4. Mematikan / Menghidupkan Ethernet
Sampai tahap ini kalian sudah tahu cara mengubah nama dari ethernet, dan pembahasan selanjutnya adalah cara mematikan / menghidupkan ethernet, untuk caranya pun sangatlah mudah dan ada 2 cara yaitu :

a. Klik Navigasi
Masih di tampilan menu interfaces, klik salah satu interface yang akan di eksekusi, lalu klik salah satu navigasi antara tanda checklist biru untuk menghidupkan dan tanda X merah untuk mematikan ethernet.

b. Klik Enable / Disable
Untuk cara yang kedua adalah double klik interface yang akan di eksekusi, lalu pilih navigasi Enable untuk menghidupkan atau Disable untuk mematikan ethernet.

B. Mengubah Nama Ethernet Mikrotik Via Script | Blues Pedia
LJika kalian login mikrotik menggunakan putty, CMD atau console kalian bisa langsung menuliskan perintah-perintah yana akan kita bahas nanti dan jika kalian login menggunkan winbox / web browser, carilah menu "New Terminal".

1. Cek Interfaces
Langkah pertama yang harus kalian lakukan ketika ingin mengubah konfigurasi menggunakan command line / script adalah mengecek konfigurasinya, begitupun untuk mengubah nama ethernet, untuk mengecek interfaces via script tuliskan saja :
  • > interfaces print
Perintah print adalah perintah di mikrotik untuk menampilkan sebuah list konfigurasi, jadi jika kalian menuliskan perintah di atas maka system mikrotik akan menampilkan semua list ethernet.

Seperti yang kalian lihat ada beberapa kolom yang tersedia, seperti kolom #, Flags, Name, Type, Actual dan kolom lainya, dari kolom-kolom tersebut perhatikan kolom # dan Name, karena ketika ingin mengubah konfigurasi via script, kalian harus tau no urutnya.

2. Rename Ethernet
Untuk merename ethernet, tuliskan script berikut :
  • > interface edit 4 name
Edit adalah perintah untuk mengedit konfigurasi, 4 adalah no urut dari ethernet yang akan di ubah dalam hal ini adalah ehternet "5-BluesPedia", name adalah variabel yang akan di ubahnya. Jika script yang di tuliskan benar maka tampilan nya akan berubah, lalu ubahlah nama ethernet nya sesuai keinginan, jika sudah tekan tombol kombinasi CTRL O.

3. Disable / Enable Ethernet
Untuk mengaktifkan / menonaktifkan ethernet via script, tuliskan script berikut :
  • > interfaces enable 4 (mengaktifkan)
  • > interfaces disable 4 (menonaktifkan)
enable dan disable adalah perintah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan, sedangkan 4 adalah no urut dari ethernet "5-BP Script". Perbedaan antara ethernet yang aktif dan tidak aktif bisa kalian lihat pada kolom Flags (kolom antara # dan name), dimana pada kolom tersebut terdapat 4 simbol / inisial yang menggambarkan status dari ethernet diantaranya D (dynamic), X (disabled), R (running), dan S (slave), status ethernet yang tidak aktif di tandai dengan X.

Itulah tutorial kali ini mengenai Konfigurasi Interfaces / Ethernet Mikrotik Menggunakan Winbox dan Script, meskipun tutorial ini tutorial dasar, tapi tutorial ini akan sangat bermanfaat dan mempermudah konfigurasi nantinya, sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat :D.

0 Response to "Konfigurasi Interfaces / Ethernet Mikrotik Menggunakan Winbox dan Script #017"

Post a Comment