Cara Install Mikrotik CHR Tanpa Lisensi (Gratis) Di Virtual VMware #0004

Pada tutorial kali ini saya akan membahas cara menginstal salah satu fitur RouterOS Mikrotik yaitu Cloud Hosted Router secara gratis atau tanpa lisensi menggunakan salah satu software virtualisasi yaitu VMware. Tutorial ini merupakan tutorial lanjutan dari tutorial sebelumnya yang pernah saya bahas yang berjudul yaitu cara mendapatkan mikrotik secara gratis atau tanpa lisensi dan tips cara mendownloadnya di website resmi mikrotik, dengan adanya CHR ini kalian bisa belajar konfigurasi mikrotik tanpa harus membeli lisensi mikrotik atau routerboard. 

Sebelum kalian memulai tutorial ini, pastikan kalian sudah mendownload file CHR nya dengan ekstensi .ova , untuk cara mendownload / mendapatkan file CHR nya, kalian bisa membaca panduanya di link berikut Cara Mendapatkan Mikrotik Secara Gratis Tanpa Lisensi - Cloud Hosted Router (CHR), dan bagi kalian yang sudah punya file nya, ayooo kita mulai tutorial nya.

1. Buka dan Jalankan Software VMware | Blues Pedia
Hal pertama yang harus kalian lakukan tentunya adalah membuka atau menjalankan VMware nya, pastikan software vmware ini sudah terinstall ya, untuk cara menjalankan nya pasti kalian sudah pada tahu jadi ga perlu admin jelaskan ya hehehe, ok langsung ke langkah berikut nya.

2. Klik Open | Blues Pedia
Diantara menu-menu yang di sediakan Vmware, untuk membuka file ova CHR mikrotik pada barisan menu (sebelah ujung kiri atas), Klik menu yang paling pertama yaitu menu File, lalu pada sub menu yang tampil klik Open atau cara cepatnya kalian bisa menggunakan tombol kombinasi CRTL + O pada keyboard, sehingga akan muncul tampilan seperti gambar pada langkah ke 3.


3. Cari File Ova CHR | Blues Pedia
Dari langkah ke dua akan muncul sebuah dialog box, dimana kalian harus menunjukan / mengarahkan ke file ova CHR mikrotik di simpan, contohnya saya menyimpanya di Drive E (Blues Pedia) > Folder Software > Subfolder ISO OS, jika sudah ketemu klik filenya dan klik Open.

4. Import Virtual Machine | Blues Pedia
Pada langkah ini, kalian di minta untuk memberikan nama virtual machine CHR Mikrotik yang akan di jalankan dan lokasi penyimpanan data nya. Secara default kolom name akan terisi sesuai dengan nama file ova CHR yang di pilih, jika ingin mengubah nama nya tinggal edit saja sesuai keinginan. Tempat penyimpanan data virtual machine VMware ada pada C:Users\Nama_User\Document\Virtual Machine.

Jika kalian ingin mengubah tempat penyimpanan nya klik saja navigasi “Browse….” Dan arahkan ke tempat dimana kalian akan menyimpan datanya. Jika semuanya sudah sesuai keinginan kalian atau tidak ada hal yang ingin di ubah, klik “Import”” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

5. Process Import | Blues Pedia
Tampilan VMware ketika proses import file ova mikrotik sedang berjalan, tunggu saja tidak lama ko, cuman beberapa menit saja.

6. Tampilan Virtual Machine CHR Mikrotik. | Blues Pedia
Pada tampilan ini, jika ada hal yang ingin kalian edit devicenya klik navigasi “Edit virtual machine settings” dan sesuaikan dengan keingin kalian, tapi jika tidak ada ingin di ubah langsung saja klik “Power on this virtual machine” untuk menjalankan RouterOS CHR Mikrotik dan tunggu sampai tampilan login mikrotik muncul.


7. Login Mikrotik | BluesPedia.xyz
Setelah tampilan login mikrotik muncul, cobalah untuk login seperti biasa masukan saja username defaultnya yaitu admin dan tanpa password, setelah berhasil login jika ada pertanyaan seperti ini :
“Do you want to see the software license ? [Y/n] :” tekan tombol Y untuk menampilkan informasi lisensi RouterOS CHR, dan tekan N untuk tidak menampilkanya, karena saya kurang paham dengan bahasa inggris, dari pada pusing saya pilih N saja :D.

Selain itu kalian bisa juga login ke Router OS CHR ini melalui winbox, cobalah jalankan aplikasi winbox dan pastikan RouterOS CHR ini terdeteksi oleh winbox dan muncul informasi pada tab Neighbors, seperti gambar di atas, jika sudah terdeteksi isi kolom username = admin dan kosongkan kolom password lalu klik “connect”

8. Tampilan RouterOS CHR | Blues Pedia
Berikut adalah tampilan dari RouterOS CHR via command line dan Winbox

Akhirnya selesai juga tutorial kita kali iini mengenai Cara Install Mikrotik CHR Tanpa Lisensi (Gratis) Di Virtual VMware.  Bagaimana jika menjalankan file ova CHR nya di virtual box ?, apakah sama caranya ?,  pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa terjawab di artikel berikutnya ya. Baiklah cukup sekial tutorial kali ini semoga bermanfaat :D.

0 Response to "Cara Install Mikrotik CHR Tanpa Lisensi (Gratis) Di Virtual VMware #0004"

Post a Comment