Cara Mengganti Username dan Password Login TP Link

Haloooo sobat Blues Pedia, di tutorial kali ini kita akan belajar cara mengganti Username dan password default TP Link, mungkin bagi sebagian orang-orang IT / komputer tutorial ini sangatlah sederhana dan tidak begitu menarik untuk di bahas apalagi di buatkan tutorial, meskipun begitu Blues Pedia tetap akan membahasnya secara lengkap dan detail. Tujuan artikel ini di buat adalah untuk melengkapi tutorial-tutorial yang ada di Blues Pedia dan sebagai bahan pembelajaran bagi orang-orang yang awam terhadap dunia IT. 

A. Persiapan Awal - Blues Pedia
Oh iya disini saya menggunakan TP Link 3G/4G Router MR3420, sebelum kita mulai tutorial nya, pastikan terlebih dahulu Tp Link sudah konek dengan komputer / laptop dan sudah mendapatkan IP dari TP Link, karena jika belum terhubung maka TP Link tidak akan bisa remote, jika kalian bingung bagaimana cara menghubungkanya, kalian bisa melihat tutorialnya di link di bawah ini, jika sudah terhubung ayooooooo kita mulai tutorialnya, SEMANGAT KAKA hehehe.
Artikel Terkait :
(Jangan lupa, klik di Tab Baru ya / Open New Window)

B. Masuk Ke Pengaturan TP Link - Blues Pedia
1. Cek pengaturan IP Komputer
kalian bisa mengecek IP nya dengan menggunakan CMD di windows,

  1. klik logo windows di keyboard lalu tuliskan CMD dan enter,
  2. di halaman hitam putihnya tuliskan script "ipconfig", maka secara otomatis system akan menampilkan informasi mengenai adafter internet yang sedang kita gunakan.
  3. Diantara informasi yang di tampilkan carilah informasi mengenai default gateway dari adafter yang terhubung dengan Tp Link, contohnya disini adalah pengaturan wireless.
  4. Cara lain untuk mengetahui pengaturan IP komputer windows, bisa kalian lihat di artikel di bawah ini lengkap dengan cara mengubah IP static ke dinamis, mengubah DNS, default gateway, dan mengetahui informasi IP secara GUI :
Artikel Terkait :
(Jangan lupa, klik di Tab Baru ya / Open New Window)

2. Login TP Link
Buka web browser, seperti google crome atau mozila firefox, lalu tuliskan IP TP Link di address bar, contohnya di sini 192.168.0.1 lalu jika IP yang di tuliskan benar, maka akan muncul tampilan login tp link, di halaman login tersebut tuliskan username dan password default tp link, untuk username = admin, password = admin.

3. Ganti Username dan Password
Setelah berhasil login, klik menu Advanced > System Tools > Password, lalu isi kolom yang tersedia dengan :

  • Old User Name = username tp link yang lama / sedang di gunakan
  • Old Password  = password tp link yang lama / sedang di gunakan
  • New User Name = username tp link yang baru / akan di gunakan
  • New Password = password tp link yang baru / akan di gunakan
  • Confirm New Password = tuliskan kembali password baru nya
  • Jika sudah klik save

3. Uji Coba Blues Pedia
ketika kalian klik save, maka secara otomatis kalian akan keluar dari TP link dan di arahkan ke halaman login tp link. Cobalah untuk memasukan username dan password baru, pastikan berhasil masuk ya.

Itulah tutorial mengenai Cara Mengganti Username dan Password Default TP Link, bagaimana mudah bukan ?. jika ada yang tidak di mengerti atau mengalami kesulitan ketika mencoba tutorial ini, silahkan tuliskan di kolom komentar ya. OK cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat, salam admin Blues Pedia :D

0 Response to "Cara Mengganti Username dan Password Login TP Link"

Post a Comment