Cara Setting IP, DNS, Gateway, Mengganti IP Komputer Static Ke DHCP

Halooooo sobat Blues Pedia, admin ucapkan selamat datang hehehe, di tutorial kali ini kita akan membahas tentang pengaturan IP di windows, namun sebelum itu apakah kalian tahu apa itu IP ?, IP singkatan dari Internet Protocol adalah sebuah protokol yang ada pada jaringan komputer yang berfungsi sebagai alamat sebuah perangkat teknologi komputer seperti PC, Laptop, Camera / CCTV, HP, Router dan perangkat lainya sehingga dengan alamat IP ini antara perangkat satu dengan perangkat lainya bisa saling berkomunikasi / transfer data. Seperti yang saya katakan di awal, pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai pengaturan IP di sistem operasi windows seperti :
  • Setting IP Static
  • Mengganti IP Static
  • Mengubah dari IP Static ke Dinamis (DHCP)
  • Mengubah Dinamis ke IP Static
  • Setting Gateway
  • Setting DNS
  • Melihat konfigurasi IP secara GUI
  • Melihat konfigurasi IP secara CLI
  • Baiklah ayoooooo kita mulai tutorialnya :
A. Membuka Halaman Pengaturan IP - Blues Pedia
Untuk membuka halaman pengaturan IP, sangatlah mudah caranya :
1. Buka Halaman Control Panel
Klik logo windows lalu tuliskan "control panel" atau "network and sharing center", di hasil pencarian klik navigasi yang sesuai dengan kata yang kalian tuliskan.
Jika kalian menuliskan "control panel" pada langkah ini, maka lakukan langkah ke dua dan seterusnya, tapi jika menuliskan kata "network and sharing center", langsung saja ke langkah ke-3

2. Membuka Halaman Network & Sharing Center
Masih di halaman control panel, tuliskan kata "Network" di kolom pencarian (sebelah ujung kanan atas), lalu klik navigasi "Network and Sharing Center"

3. Membuka Halaman Change Adapter
Di halaman Network & Sharing Center lihatlah ke sebelah kiri, di sana kalian akan melihat beberapa navigasi, salah satu diantaranya klik "Change Adapter"

4. Menampilkan Pengaturan IP User
Klik kanan icon jaringan LAN, lalu pilih properties > Tab Networking > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

B. Setting IP Static / Manual  - Blues Pedia
1. Kapan IP Static Di perlukan ?
Biasanya pengaturan IP static di lakukan jika tidak ada perangkat yang mendukung pembagian IP secara otomatis, selain itu bisa juga untuk membuat jaringan lokal peer to peer dan ad hoc yang tidak menggunakan perangkat tambahan, hanya PC ke PC untuk sharing data saja.

2. Setting IP
Agar pengaturan IP menjadi static, di halaman Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), pilih option "Use the following IP address" lalu isi kolom IP Address isi sesuai dengan keinginan (jika tidak menggunakan perangkat tambahan / server) atau sesuai dengan konfigurasi IP server / perangkat lainya (seperti mikrotik, Tp link, Router dll).


3. Setting Subnet Mask
Isi subnet mask sesuai dengan konfigurasi IP server atau jika tidak tau isi saja dengan 255.255.255.0

4. Setting Gateway
Sedangkan Gateway, isi dengan IP server / perangkat yang terhubung dengan internet, jika hanya di gunakan untuk keperluan sharing data saja / tidak memerlukan koneksi internet, kolom ini biarkan saja kosong. Fungsi dari gateway ini adalah sebagai gerbang utama agar kita bisa konek ke internet.

5. Setting DNS
DNS di gunakan untuk menerjemahkan sebuah IP menjadi alamat situs dan sebaliknya, misalkan google.com. Isi sesuai dengan konfigurasi DNS di server, jika tidak tau isi dengan 8.8.8.8.

C. Setting IP Dynamic / DHCP - Blues Pedia
1. Setting IP DHCP
Berbeda dengan static, untuk cara setting IP dynamic sangatlah mudah, kita tidak perlu memikirkan dan menulis IP yang akan kita gunakan, karena semuanya akan otomatis terisi dengan pengaturan IP mengikuti server / perangkat lainya.

Untuk cara mengubahnya di halaman Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), pilih option "Obtain an IP address automatically" dan "Obtain DNS server address automatically", jika sudah klik OK.

2. Cek Konfigurasi Via GUI
Tunggu beberapa detik lalu kembali ke halaman change adapter atau change connections klik kanan kembali icon jaringan LAN dan pilih "status", jika komputer mendapatkan IP dari server (contohnya seperti gambar di bawah) maka komputer sudah terhubung dengan server.

3. Cek Konfigurasi Via CLI
Untuk cek kofigurasi IP via CLI kita akan menggunakan CMD, caranya :

  1. Tekan logo windows + R di keyboard lalu tuliskan "cmd" dan enter
  2. Maka secara otomatis akan muncul sebuah tampilan hitam-putih (default)
  3. Di halaman tersebut tuliskan script "ipconfig" atau "ipconfig /all" agar informasi yang di tampilkan di tampilkan secara lengkap.
  4. Di antara informasi yang di tampilkan cari ethernet yang sedang di konfigurasi, contohnya di sini adalah ethernet wireless :
D. Mengubah IP Static Ke DHCP dan Sebaliknya - Blues Pedia
Jika kalian menyimak dengan baik tutorial ini, pastinya kalian sudah tahu cara mengubah IP static ke DHCP dan begitu pun sebaliknya, untuk cara mengubahnya kalian hanya perlu mengubah option nya saja, misal jika kalian ingin menggunakan IP Static, maka pindahkah saja ke "Obtain ....", tapi jika kalian ingin menggunakan DHCP server, maka pilih saja "Use the Following ....".


Bagaimana mudah bukan ?, itulah tutorial kita pada kesempatan kali ini mengenai Cara Setting IP, Konfigurasi DNS, Gateway, Subnetmask, Mengubah IP dari static ke DHCP / dynamic dan sebaliknya, cara mengecek konfigurasi IP via GUI dan CMD. Hanya sebagai pengetahuan saja, tutorial ini merupakan tutorial dasar di dalam dunia jaringan komputer, yaitu pengaturan IP di client, jadi bagi kalian yang baru belajar jaringan komputer, coba pahami dlu tutorial ini dengan baik ya. Baiklah cukup sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat.
Salam dari admin yang paling kece abissss, admin Bluess Pedia :D

0 Response to "Cara Setting IP, DNS, Gateway, Mengganti IP Komputer Static Ke DHCP"

Post a Comment