Pengertian Apa itu Hosting Dan Apa Fungsinya

Halooooooo sobat Blues Pedia, rehat sejenak dari artikel tutorial-tutorial komputer, pada artikel kali ini kita akan membahas  tentang hosting, mulai dari apa itu hosting dan apa fungsinya. Dalam dunia internet, kata hosting bukanlah hal yang asing lagi bagi para penggunanya dan mungkin sudah hatam dan paham betul dengan kata hosting ini.

A. Pengertian Apa Itu Hosting
Hosting adalah sebuah layanan di internet yang di gunakan untuk menyimpan semua data dari sebuah web, seperti text, gambar, video bahkan sampai aplikasi / software. Layanan hosting ini ada di dalam sebuah komputer server yang menyala non-stop 24 jam tanpa henti, sehingga kita bisa mengakses sebuah web kapan saja selama ada koneksi intenet. Namun agar hosting bisa di akses di mana saja, maka di perlukan sebuah alamat website atau domain, domain ini lah yang akan mengarahkan ketika user menuliskan sebuah alamat website ke hosting nya, contoh domainya adalah google.com dan bluespedia.xyz.
Sumber gambar : Niagahoster
Hosting bisa di ibaratkan sebagai sebuah rumah yang bisa kita gunakan untuk menyimpan berbagai barang, semakin besar rumah maka semakin banyak pula barang yang bisa di simpan dan agar rumah kita bisa di kunjungi oleh orang lain, tentunya kita harus mempunyai sebuah alamat, alamat yang singkat dan jelas tentunya bisa memudahkan orang lain untuk mengingat dan mengunjungi rumah kita.  

B. Jenis Hosting
Berdasarkan lisensinya dan pengalaman saya, menurut saya hosting di bedakan menjadi 3 yaitu :
  • Hosting Free : Hosting free ini bisa kita gunakan tanpa biaya apapun alias gratis sampai kapan pun, salah satu situs hosting free ini adalah blogspot.com dan wordpress.com. Namun untuk alamat domain yang di gunakan harus menyertakan domain hosting free ini di belakangnya, contohnya bluespedia.blogspot.com atau bluespedia.wordpres.com. Untuk blogspot.com kita bisa mengubah domain nya menjadi alamat domain yang kita inginkan, contohnya seperti situs ini bluespedia.xyz, dengan cara menyewa domain ke provider hosting.
  • Hosting Trial : Hampir sama dengan hosting free, namun ada batas waktu untuk pemakaian hosting free ini, waktunya tergantung dari situs penyedia hostingnya, dan jika waktu nya sudah habis maka kita harus membayar biaya sewa hostingnya untuk waktu selanjutnya, selain itu fitur hosting trial ini terbatas sekali dengan spek hosting minim.
  • Hosting Berbayar : Seperti namanya, untuk bisa menggunakan jenis hosting ini kita harus membayar biaya sewa hosting, tapi meskipun kita membayar fitur dan spek yang di tawarkan pun menjamin, untuk biaya sewa hosting umumnya per tahun dengan biaya bervariasi tergantung fitur dan spek hosting yang di pilih (biasanya per paket). Salah satu situs hosting yang ada di indonesia adalah Niagahoster.

C. Fungsi Hosting
Seperti yang saya katakan sebelumnya, berikut adalah beberapa fungsi dari hosting :
  • Tempat Penyimpanan Data : Fungsi utama dari hosting adalah tempat untuk menyimpan data sebuah situs / web, data yang di simpan pun beragam tergantung dari kebutuhan, seperti jika seorang blogger tentunya data yang di simpan berupa artikel / tulisan dan gambar, situs streaming data yang di simpan berupa file video, situs download tentunya file yang di simpan adalah bisa file music, file dokumen sampai file aplikasi.
  • Tempat Akses Data Situs : Selain tempat penyimpanan data, hosting juga berfungsi sebagai tempat untuk mengakses data yang di simpan di hosting, agar data tersebut bisa di gunakan oleh user atau orang yang membutuhkan data yang tersimpan, seperti download file atau streaming video.
  • Menjaga Situs Online 24 Jam : Tentunya tujuan dari adanya hosting adalah agar sebuah data bisa di akses kapan saja dan dimana saja, jadi ketika seseorang membutuhkan data di sebuah situs, orang tersebut hanya tinggal mengakses alamat hosting nya saja dan mendownloadnya.
Berikut ada 2 hal yang harus di perhatikan ketika menyewa sebuah hosting karena setiap paket hosting memilik spesifikasi yang berbeda :
  • Disk Space : adalah besar kapasitas penyimpan data yang bisa di tampung sebuah hosting, tentunya kalian tahu bukan, semakin besar disk space maka semakin banyak data yang bisa di simpan.
  • Bandwidth : adalah besarnya data pada jalur akses yang keluar-masuk untuk mengakses website, besar-kecilnya bandwidth ini akan mempengaruhi kinerja website dalam segi akses pengunjung, semakin kecil bandwidth maka semakin sedikit jumlah pengunjung yang bisa mengakses website, begitupun sebaliknya.
Mungkin jika kebutuhan hostingnya hanya untuk website pribadi saja atau blog artikel dengan pengjunjung yang tidak begitu banyak, masalah disk space dan bandwidth yang kecil tidak akan masalah, tapi jika untuk keperluan website yang besar dengan pengunjung yang begitu banyak ?, tentu akan menjadi masalah yang besar, maka dari itu carilah situs penyedia hosting yang menawarkan hosting murah unlimited, dengan harga yang terjangkau kita bisa menikmati disk space dan bandwidth yang unlimited, ada banyak ko situsnya.

Itulah pembahasan singkat pada artikel kali ini mengenai apa itu hosting dan fungsi dari adanya hosting, sebelum kalian memutuskan untuk menyewa sebuah hosting, cek terlebih dahulu spesifikasi dan fitur yang di tawarkan, jangan sampai salah pilih hosting ya. Baiklah saya rasa cukup, terimakasih.

0 Response to "Pengertian Apa itu Hosting Dan Apa Fungsinya"

Post a Comment