Cara Membuat Program Luas Segitiga C++ #Lat2

Hai sobat Blues Pedia, di tutorial latihan ke 2 ini, kita akan belajar cara membuat program mencari luas segitiga. Sedikit cerita mengenai program ini, program ini merupakan program pertama kali yang saya buat / belajar di bangku perkuliahan semester 1, kesan pertama kali melihat script dari program ini sangatlah membingungkan :D, tapi untung saja dosen yang mengajar algoritma - bahasa pemograman C++ ini sangatlah menyenangkan, penjelasanya pun begitu detail dan akhirnya saya pun paham maksud dari script yang di tulis. Berikut adalah cara membuat program luas segitiga beserta penjelesanya secara detail sesuai dengan apa yang saya pelajari dan pemahaman saya, jadi kalau ada yang keliru, mohon koreksinya ya, baiklah berikut tutorialnya :


1. Persiapan
Sebagai langkah persiapan, buatlah sebuah file / project baru, jika sudah lanjut ke langkah ke dua

2. Coding
Di halaman source code, tuliskan script berikut, jika sudah di tuliskan jalankan program :
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-2
// Nama Program : Luas Segitiga
// Pembuat : Blues Pedia

#include<iostream>
using namespace std;

int main()
{
    float alas, tinggi, luas;

    cout << "Alasnya berapa ? ";
    cin >> alas;

    cout << "Lalu Tingginya ? ";
    cin >> tinggi;

    luas = alas * tinggi * 0.5;

    cout << "Maka luas segitiga adalah " << luas;
}

3. Jalankan Program
Jika sudah menuliskan script di atas, cobalah untuk menjalankan program. Untuk menjalankan program di Code Block klik menu Build > Build and Run,

4. Keterangan Script & Cara Kerja Program
a. Script Komentar / Keterangan
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-2
// Nama Program : Luas Segitiga
// Pembuat : Blues Pedia

Fungsi dari script tersebut hanya sebagai komentar saja, biasanya script ini di gunakan sebagai penjelasan / keterangan dari suatu program / perintah. Kita bisa menggunakan script ini dimana saja, ada atau tidak adanya script ini tidak akan berpengaruh terhadap program. Cara penggunakan script ini sangalth mudah kita hanya perlu menuliskan script "//dan di ikuti dengan komentar / penjelasan.

 b. #include <iostream>
script yang diawali dengan tanda # adalah sebuah preprocessor,  dimana propecessor ini akan memberitahukan compiler untuk melakukan suatu hal sebelum kompilasi / menjalakan program.
Preprocessor #include akan memberitahukan kompiler untuk meng-include iostream library, <iostream> berfungsi untuk menjalankan script cout dan cin yang di gunakan untuk proses input dan output pada C++.

c. using namespace std;
Script yang berfungsi untuk mempersingkat penulisan script, karena pada fungsi iostream, untuk menjalankan program kita harus menggunakan script std:: di setiap statement, sehingga dengan adanya script using namespace std; kita tidak perlu menuliskanya.

d. int main()
Merupakan fungsi utama dari C++, sehingga kode ini harus ada di setiap program C++ dan tidak semuanya harus integer (int), karena selain integer masih banyak lagi fungsi-fungsi yang bisa di gunakan.

e. Kurung kurawal "{" dan "}"
Setiap penulisan script setelah fungsi main, harus di awali dan di akhiri dengan tanda kurung kurawal "{ }", hal ini menunjukan bahwa script yang ada di dalam kurung kurawal merupakan satu kesatuan dan bagian dari fungsi main di atasnya (dalam hal ini fungsi int main())

f. float alas, tinggi, luas;
  • float secara singkat float merupakan type data yang di gunakan untuk bilangan desimal, karena kita menggunakan rumus 1/2 / 0,5 / di bagi 2 untuk menentukan luas segitiga.
  • alas, tinggi, luas merupakan variabel data yang di buat sesuai keinginan kita, fungsinya yaitu sebagai tempat untuk menyimpan data yang di input. 
  • ; (titik koma) script yang harus ada di setiap akhir statement

g. cout << "Alasnya berapa ? ";
Ketika program di jalankan maka program akan menampilkan kata "Alasnya berapa ?", lalu tuliskan sebuah angka (bebas) misalkan 6 dan tekan enter
  • Cout << adalah perintah yang di gunakan untuk menampilkan sebuah kata atau hasil dari suatu pemrosesan data, dan merupakan bagian dari liblary iostream
  • "Alasnya berapa ? " adalah kata yang akan di tampilkan pada program, dan selalu diapit oleh tanda kutip 2 ("kata") di awal dan akhir kata.

h. cin >> alas;
Ketika kita menekan enter, maka program akan memasukan angka yang masukan ke variabel alas.
  • cin >> perintah yang di gunakan untuk memasukan data yang di input ke variabel
  • alas adalah variabel yang telah di buat sebelumnya

i.  cout << "Lalu Tingginya ? ";   |   cin >> tinggi;
Setelah itu program akan menampilkan kata yang ke dua yaitu "Lalu Tingginya ?", tuliskan kembali sebuah angka, misalnya 6 dan enter, dan program akan memasukan angkanya ke variabel tinggi.

j. luas = alas * tinggi * 0.5;
Setelah data  / angka sudah di input variabel alas dan tinggi, maka program akan mengambil data tersebut dari variabel dan memprosesnya sesuai dengan perintah / rumus yang kita tulis yaitu alas * tinggi * 0,5, hasilnya akan di masukan kembali ke variabel luas.
Hasil dari luas segitiga jika diketahui alas dan tingginya 6 adalah :
luas = alas * tinggi * 0,5
luas = 6 * 6 * 0,5
luas = 36 * 0,5
luas = 18
k. cout << "Maka luas segitiga adalah " << luas;
Setelah semua data berhasil di proses, maka dengan script ini program akan menampilkan kata "Maka luas segitiga adalah 18"


Sekian tutorial cara membuat program luas segitiga kali ini, semoga bermanfaat, salam admin Blues Pedia :D.

0 Response to "Cara Membuat Program Luas Segitiga C++ #Lat2"

Post a Comment