Membuat Program Menukar Variabel C++ #Lat3

Hai sobat Blues Pedia, di tutorial latihan ke 3 ini, kita akan belajar cara membuat program Menukar variabel, dimana dengan program ini ketika kita menginput sebuah nilai untuk variabel A, maka nilai terebut akan menjadi milik variabel B dan begitu pun sebaliknya, nilai dari variabel B akan menjadi nilai variabel A.

Logika dari program ini adalah ketika kita mempunyai 2 gelas yang sudah terisi dengan minuman, dimana gelas A berisi jus dan gelas B berisi susu, karena suatu hal kita akan menukarnya sehingga gelas A berisi susu dan gelas B berisi jus, pertanyaanya cara apa yang akan kalian gunakan untuk menukarnya ?. Tentunya kita akan mengambil satu buah gelas kosong sebut saja gelas C, dan hal yang akan kita lakukan adalah :
  1. Menuangkan isi dari gelas A ke gelas C, sehingga gelas A kosong dan gelas C berisi Jus.
  2. Dalam keadaan gelas A kosong, kita akan menuangkan isi dari gelas B ke gelas A, sehinnga gelas B kosong dan gelas A berisi susu.
  3. Dalam keadaan gelas B kosong, kita akan menuangkan isi dari gelas C ke gelas B, sehinnga gelas B berisi jus dan gelas C kosong seperti semula.
Dari langkah-langkah itulah kita akan membuatnya menjadi sebuah program untuk menukar variabel, adapun cara untuk membuat sebagai berikut :

1. Buat File Baru
Sebagai langkah persiapan, buatlah sebuah file / project baru, jika sudah lanjut ke langkah ke dua

2. Coding
Di halaman source code, tuliskan script berikut, jika sudah di tuliskan jalankan program :

3. Jalankan Program
Jika sudah menuliskan script di atas, cobalah untuk menjalankan program. Untuk menjalankan program di Code Block klik menu Build > Build and Run,

4. Keterangan Script & Cara Kerja Program

a. #include <iostream>
script yang diawali dengan tanda # adalah sebuah preprocessor,  dimana propecessor ini akan memberitahukan compiler untuk melakukan suatu hal sebelum kompilasi / menjalakan program.
Preprocessor #include akan memberitahukan kompiler untuk meng-include iostream library, <iostream> berfungsi untuk menjalankan script cout dan cin yang di gunakan untuk proses input dan output pada C++.

b. using namespace std;
Script yang berfungsi untuk mempersingkat penulisan script, karena pada fungsi iostream, untuk menjalankan program kita harus menggunakan script std:: di setiap statement, sehingga dengan adanya script using namespace std; kita tidak perlu menuliskanya.

c. int main()
Merupakan fungsi utama dari C++, sehingga kode ini harus ada di setiap program C++ dan tidak semuanya harus integer (int), karena selain integer masih banyak lagi fungsi-fungsi yang bisa di gunakan.

d. Kurung kurawal "{" dan "}"
Setiap penulisan script setelah fungsi main, harus di awali dan di akhiri dengan tanda kurung kurawal "{ }", hal ini menunjukan bahwa script yang ada di dalam kurung kurawal merupakan satu kesatuan dan bagian dari fungsi main di atasnya (dalam hal ini fungsi int main())

f. int a,b,c;
  • int smerupakan tipe data yang digunakan untuk bilangan bulat seperti ..... -2, 1, 0, 1, 2 .....
  • a, b, c merupakan variabel data yang di buat sesuai keinginan kita, fungsinya yaitu sebagai tempat untuk menyimpan data yang di input. 
  • ; (titik koma) script yang harus ada di setiap akhir statement
g. cout<<"Masukan Nilai A = ";
Ketika program di jalankan maka program akan menampilkan kata "Masukan Nilai A = ", lalu tuliskan sebuah angka (bebas) misalkan 10 dan tekan enter
  • Cout << adalah perintah yang di gunakan untuk menampilkan sebuah kata atau hasil dari suatu pemrosesan data, dan merupakan bagian dari liblary iostream
  • "Masukan Nilai A = " adalah kata yang akan di tampilkan pada program, dan selalu diapit oleh tanda kutip 2 ("kata") di awal dan akhir kata.
h. cin >> a;
Ketika kita menekan enter, maka program akan memasukan angka yang masukan ke variabel a.
  • cin >> perintah yang di gunakan untuk memasukan data yang di input ke variabel
  • a adalah variabel yang telah di buat sebelumnya
i.  cout<<endl;
Script yang di gunakan untuk membuat baris baru, seperti fungsi tombol enter di keyboard.

j. c = a;
Maksud dari script ini bukan berarti variabel c sama dengan variabel a, tapi nilai dari variabel a akan di masukan ke nilai variabel  c, dan nilai a akan tetap sama, (tidak akan berkurang / bertambah maupun kosong)

k.     cout<<"Nilai A Adalah = "<<a;
Setelah semua data sudah di input, maka dengan script ini program akan menampilkan kata "Nilai A adalah = 5" , 5 dari mana ?, yaitu dari nilai variabel b yang sudah di tukar.


Sekian tutorial latihan ke 3 ini mengenai cara membuat program menukar variabel, semoga dengan adanya tutorial ini kita bisa lebih memahami logika suatu proses, cukup sekian dan terima kasih, salam admin Blues Pedia.

0 Response to "Membuat Program Menukar Variabel C++ #Lat3"

Post a Comment