Cara Membuat Program Sederhana C++, Hello World #Lat1

Hai sobat Blues Pedia, pada tutorial kali ini kita akan membuat program dasar C++ yang sangat sederhana dan program ini merupakan program paling awal yang akan dipelajari disetiap bahasa pemograman, termasuk C++.  Sebenarnya tidak ada sebutan / penamaan khusus untuk program ini, namun hanya saja karena unsur kata yang ada di dalamnya, program ini sering disebut dengan program “Hello World”. Seperti nama programnya, di C++ kita akan belajar cara menampilkan sebuah kata atau kalimat “Hello World”, tujuan dari program ini adalah hanya sebagai pengenalan saja bagi seseorang yang baru belajar bahasa pemograman C++ atau pemula.  Untuk cara membuat program ini sangatlah mudah, berikut caranya :

1. Persiapan
Sebagai langkah persiapan, buatlah sebuah file / project baru, jika sudah lanjut ke langkah ke dua

2. Coding
Di halaman source code, tuliskan script berikut
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-1
// Nama Program : Hello World
// Pembuat : Blues Pedia

#include <iostream>

using namespace std;
int main()
{

     cout << "Hello world!" << endl;
     return 0;
}

3. Jalankan Program
 Jika sudah menuliskan script di atas, cobalah untuk menjalankan program. Untuk menjalankan program di Code Block klik menu Build > Build and Run, ketika program di jalankan maka program akan menampilkan kata "Hello World" atau sesuai dengan apa yang di tuliskan di statement cout.

4. Keterangan Script
a. Script Komentar / Keterangan
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-1
// Nama Program : Hello World
// Pembuat : Blues Pedia

Fungsi dari script tersebut hanya sebagai komentar saja, biasanya script ini di gunakan sebagai penjelasan / keterangan dari suatu program / perintah. Kita bisa menggunakan script ini dimana saja, ada atau tidak adanya script ini tidak akan berpengaruh terhadap program. Cara penggunakan script ini sangalth mudah kita hanya perlu menuliskan script "//" dan di ikuti dengan komentar / penjelasan.

 b. #include <iostream>
script yang diawali dengan tanda # adalah sebuah preprocessor,  dimana propecessor ini akan memberitahukan compiler untuk melakukan suatu hal sebelum kompilasi / menjalakan program.
Preprocessor #include akan memberitahukan kompiler untuk meng-include iostream library, <iostream> berfungsi untuk menjalankan script cout dan cin yang di gunakan untuk proses input dan output pada C++.

c. using namespace std;
Script yang berfungsi untuk mempersingkat penulisan script, karena pada fungsi iostream, untuk menjalankan program kita harus menggunakan script std:: di setiap statement, sehingga dengan adanya script using namespace std; kita tidak perlu menuliskanya, contohnya jika kita tidak menuliskan script ini maka pada baris ke 9, kita harus menuliskan std::cout << "Hello World!" << std::endl; bukan cout << "Hello World!" << endl;.

d. int main()
Merupakan fungsi utama dari C++, sehingga kode ini harus ada di setiap program C++ dan tidak semuanya harus integer (int), karena selain integer masih banyak lagi fungsi-fungsi yang bisa di gunakan.

e. Kurung kurawal "{" dan "}"
Setiap penulisan script setelah fungsi main, harus di awali dan di akhiri dengan tanda kurung kurawal "{ }", hal ini menunjukan bahwa script yang ada di dalam kurung kurawal merupakan satu kesatuan dan bagian dari fungsi main di atasnya (dalam hal ini fungsi int main())

f. cout << "Hello World!" << endl;
  • Cout << adalah perintah yang di gunakan untuk menampilkan sebuah kata atau hasil dari suatu pemrosesan data, dan merupakan bagian dari liblary iostream
  • "Hello World" adalah kata yang akan di tampilkan pada program, dan selalu diapit oleh tanda kutip 2 ("kata") di awal dan akhir kata.
  • << endl adalah script yang berfungsi untuk membuar baris baru atau sama dengan fungsi tombol enter di keyboard
  • ; (titik koma) merupakan script yang harus ada disetiap akhir statement
g. return 0;
Menyatakan hasil keluaran dari fungsi main() adalah 0. Pada C++, return 0 dalam main() menyatakan bahwa program berakhir dengan normal.

Bagaimana mudah bukan ?, seperti yang saya katakan sebelumnya, program ini merupakan program dasar dari pemograman C++, sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, salam Admin Blues Pedia :D

0 Response to "Cara Membuat Program Sederhana C++, Hello World #Lat1"

Post a Comment