Backup and Restore Driver Windows 10 Tanpa Software

Pada tutorial sebelumnya Blues Pedia telah membahas mengenai Cara Backup dan Restore Driver Mengunakan Double Driver, kali ini masih dengan tema yang sama yaitu Cara Backup dan Restore driver, tapi tanpa bantuan pihak ke tiga atau tanpa menggunakan software apa apun, sehingga ketika akan merestore driver, kita tidak perlu menginstall atau menjalankan software seperti double driver.
Kita akan melakukan tutorial ini dengan fitur bawaan windows yaitu Command Prompt (CMD) dengan bantuan fitur DISM (Khusus Windows 10), hanya dengan menuliskan sebuah script saja kita bisa membackup dan merestore driver, OK baiklah berikut tutorialnya :

Backup Driver Menggunakan CMD
1. Pertama jalankan CMD dengan Administrator
Klik Start (Logo Windows) lalu tuliskan cmd, di hasil pencarian klik kanan cmd.exe lalu pilih Run us Administrator

2. Sebelum melakukan backup, tentukan terlebih dahulu tempat untuk menyimpan file backupnya, dan agar lebih rapih buat terlebih dahulu satu folder khusus untuk data backup, di sini saya menggunakan Flash Disk sebagai tempatnya dan di dalam folder Backup.
Untuk membuat folder di cmd, ketikan saja mkdir G:\Backup mm lalu tekan enter (untuk selanjutnya tekan enter untuk menjalankan script)
mkdir singkatan dari make directory artinya script untuk membuat folder baru
G:\ merupakan letak drive Flash Disk di komputer, anda bisa menggantinya sesuai letak flash disk anda.
Backup adalah nama folder yang akan di buat
3. Setelah membuat folder barulah kita akan mulai untuk membackup, untuk backup driver tuliskan script berikut : DISM /Online /Export-Driver /Destination:G:\Backup

Catatan :
Gantilah script G:\Backup dengan lokasi / tempat dimana anda akan menyimpan data backup driver
Jika terjadi kesalahan / error dfgfdgfdgdffgd periksa ejaan script, pastikan benar
dan jika errornya seperti fdhgyrtyhrthr pastikan alamat tujuan folder benar

4. Tunggu sampai proses selesai, dan jika sudah selesai cek di tempat anda menyimpan file backup, jika seperti ini berarti proses backup file berhasil.

Restore Data Backup Driver
Untuk restorenya pun sangatlah mudah dan tidak jauh beda scriptnya dengan script backup data, caranya :
1. Jika anda menyimpan file backup di dalam flash disk atau di drive lainya, hubungkan terlebih dahulu Flash disknya dengan komputer dan pastikan sudah connect.
2. Jika sudah, buka cmd dengan permission administrator, setelah terbuka
tuliskan script berikut DISM /Online /Add-Driver /Driver:F:\BackupDriver /Recurse
3. Tunggu sampai proses selesai, jika sudah, maka komputer meminta anda untuk restart, lakukan restart dan lihat hasilnya.

Itulah cara mudah Backup dan restore driver dengan menggunakan CMD, selain windows 10, hal ini bisa anda lakukan di windows 8 dan 8.1, Semoga bermanfaat

0 Response to "Backup and Restore Driver Windows 10 Tanpa Software"

Post a Comment