Cara Mengetahui Email Pernah / Tidak Pernah Di Bobol

Banyak sekali kasus kasus di bobolnya akun seseorang di dunia maya baik akun sosial media, email, bank, service sebuah situs, lisensi, dan akun-akun lainya, dan menimbulkan sebuah pertanyaan, Apakah Akun Saya Pernah / Di Coba Untuk Di Bobol ?, tentunya kita penasaran dengan pertanyaan yang sederhana ini, lantas apa jawabanya ?.
Pada tips kali ini kita akan membahas mengenai cara kita sebagai pemilik akun bisa mengetahui apakah akun yang di gunakan pernah / sedang di coba di bobol oleh seseorang, dengan kita mengetahui hal ini tentunya kita akan semakin waspada dan lebih meningkatkan keamanan dari akun yang di gunakan. Untuk cara mengetahuinya di sini menggunakan 2 cara yaitu :

A. Layanan Sebuah Website Pwned
Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah mengeceknya di sebuah situs web yang memiliki kemampuan untuk mengecek akun seseorang, yaitu Have I Been PWwned.
Caranya pun sangatlah mudah : 
1. Pertama kunjungi web yang bersangkutan Have I Been PWwned
2. Setelah halaman terbuka tuliskan alamat email yang anda gunakan di kolom "Email address and username", dan jika sudah klik pwned ?

Setelah anda menuliskan alamat email dan klik navigasi pwned, maka system pwned akan melakukan scan terhadap email yang di tuliskan, tunggu sampai proses scan selesai.

3. Jika email yang anda gunakan belum pernah di bobol oleh orang lain, maka akan ada pesan notifikasi Good news – no pwnage found!, sedangkan jika akun anda pernah di bobol maka pesannya akan seperti ini Oh no – pwned!.

Fitur Lain Pwnage
Selain bisa mengetahui pernah atau tidaknya alamat email di bobol seseorang, jika hasil dari scan system pwnage adalah positif di bobol kita bisa mengetahui akun mana saja yang pernah di bobol, jika anda menggunakan alamat email tersebut untuk daftar di sebuah situs seperti facebook, paypal, dan twitter. Untuk melihat detailnya anda harus memverifikasi bahwa anda adalah benar pemilik dari alamat email tersebut,
1. Caranya pertama klik halaman berikut Notify Me

2. Tuliskan alamat email anda di kolom "Enter your email address", dan tandai verifikasi "1'm Not a Robot" untuk memastikan bahwa anda bukan robot, dan klik navigasi notify me of pwnage.

3. Jika sudah, login ke email anda, dan cek inbox lalu klik link verifikasinya,

dan email anda pun berhasil di verifikasi kepemilikannya.


Catatan :
Lakukanlah hal yang sama jika status akun anda negatif, hal ini bertujuan untuk jika suatu saat ada hal yang mencurigakan mengenai aktifitas email anda, maka pwnage akan mengirimkan notifiaksi bahwa email anda sedang / pernah di bobol seseorang.
B. Fitur Baru Windows 10
Selain bisa mengecek di sebuah website, anda bisa menggunakan software Hacked? khusus penggunan Windows 10, Windows 10 Mobile, dan Windows Holographic, untuk cara kerjanya hampir sama dengan website Pwnage, bedanya web Pwnage hanya akan memberikan notifikasi ketika ada hal yang mencurigakan, sedangkan aplikasi ini akan memberikan notifikasi 12 jam sekali email anda.
Catatan :
Karena aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnan, kemungkinan akan mengalami bugs / error ketika anda menjalankan aplikasi ini.
download aplikasinya di sini :
https://www.microsoft.com/en-us/store/apps/hacked/9nblggh6850j

Tips Jika Email Positif Di Bajak
Hal yang harus anda lakukan jika email anda positif di bajak, maka cek email dan semua akun yang menggunakan email tersebut, pastikan anda masih bisa login, dan gantilah semua passwordnya dan tingkatkan keamanannya.
Hal ini bertujuan untuk menghindari akun anda di bobol kembali untuk yang kesekian kalinya

itulah tips untuk mengetahui email yang kita gunakan pernah di bajak orang lain atau tidak, saya sudah mencobanya dan hasilnya Negatif, lantas bagaimana dengan alamat email anda ?, ayo silakan coba dan tuliskan hasilnya di kolom komentar. Sekian dan Terimak Kasih

0 Response to "Cara Mengetahui Email Pernah / Tidak Pernah Di Bobol"

Post a Comment