Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G LTE

Perkembangan teknologi komputer dari hari-kehari semakin maju, salah satunya perkembangan di bidang komunikasi antar komputer (jaringan), seperti yang kita ketahui jaringan untuk koneksi internet tercepat saat ini adalah jaringan 4G, yang memungkinkan browsing di internet akan secepat kilat, chat di sosial media tidak akan putus, dan anda tidak akan menemukan lagi yang namanya buffering video.
Namun di balik kelebihan dan kecepatan akses di jaringan 4G, jarinan 4G memiliki kekurangan. jika di bandingkan dengan jaringan sebelumnya (3G), jaringan 4G lebih cepat menghabiskan kuota, dan hal ini akan sangat terasa bagi anda yang menggunakan paket kuota, hal itu di sebabkan oleh beberapa faktor, berikut diantaranya :

1. Akses Data Lebih Cepat
Kemampuan 4G yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi, maka tak heran jika aktifitas browsing pun menjadi lancar, sehingga membuat nyaman seorang user ketika berselancar di internet. dan tanpa kita sadari dengan kelebihan 4G ini kita akan cenderung membuka lebih banyak halaman website.
Coba anda bayangkan jika anda mengakses sebuah web dengan koneksi yang sangat lambat, loading web 5 menit gak kelar-kelar, apakah mungkin anda akan membuka halaman website lainya ?, jangan kan membuka, mengetikan alamatnya pun anda merasa malas, beda jika kita menggunakan koneksi yang sangat cepat, yang loading webnya pun memakan waktu beberapa detik saja, kita akan banyak membuka halaman sebuah website.

Selain itu ada beberapa website yang bisa mendeteksi koneksi jaringan anda, dimana website tersebut akan memberikan notifikasi bahwa koneksi internet sangatlah lambat  dan tidak cocok di gunakan untuk mengakses web mereka, lalu mereka menyarankan untuk membuka website khusus untuk koneksi lambat, dimana isi dari web tersebut tidaklah semenarik website aslinya, karena ada banyak script dan konten yang di hilangkan dan tentunya data yang harus di akses pun menjadi sedikit dan hemat kuota, contohnya seperti google dan yahoo.


2. Transfer Data / Komunikasi Lebih Cepat
Bagi anda yang sering menggunakan Sosial media, seperti Facebook, Whatsapp, BBM dan sosmed lainya, tentunya anda menginginkan transfer data yang lebih cepat bukan ?, sehingga proses chat pun akan berjalan lancar dan mendorong anda untuk membuat chat-chat lainya dengan teman anda.
Tentunya anda pernah merasakan, contohnya ketika anda chat dengan seseorang di BBM, icon pesan anda hanya menunjukan tanda Checklist saja yang menandakan bahwa pesan anda tidak terkirim, di tinggal 1, 2, bahkan sampai 10 menit, icon belum berubah juga, anda tentunya akan merasa kesal dan mengabaikan / tidak melanjutkan chat tersebut.

Berbeda jika anda mengunakan koneksi internet yang cepat, baru saja di tekan "Kirim" icon pesan sudah berubah menjadi D dan membuat anda bersemangat untuk melanjutkan chat bahkan membuat chat baru.

Bagi anda yang sering streaming Video, pastinya anda sudah kenal dengan istilah Buffeirng. Buffering adalah proses download video yang sedang di lihat, biasanya di tandai dengan garis putih transparan di kolom durasi. Proses Buffering dengan koneksi lambat tentunya akan membuat jarak antara durasi yang sudah di tonton (merah) dan durasi yang sudah di download (Putih) hanya akan berjarak beberapa detik saja yang membuat video akan selalu berhenti setelah anda melihat beberapa detik saja.

Berbeda kondisinya jika anda menggunakan koneksi yang cepat, perbedaan jaraknya pun akan jauh sampai bermenit menit sehingga membuatnya lancar ketika anda melihat videonya, Tapi di sinilah letak borosnya kuota 4G, semakin jauh jarak antara duarasi buffering dengan durasi yang sudah di lihat, maka semakin banyak juga data yang sudah anda download dan hal itu di perparah ketika anda menutup video tersebut yang baru anda lihat 1 menit, sedangkan durasi buffeirng sudah mencapai 10 menit, tentunya anda membuang begitu saja data yang sudah terpakai untuk mendownload video 9 menit.

3. Konten Video Lebih Berkualitas
Youtube sebagai situs streaming video terbesat ini, memiliki system yang dapat mendeteksi koneksi internet dari seorang user, jika koneksi internetnya lambat maka youtube akan memberikan kualitas video yang rendah yang membuat kualitas video menjadi pecah / tidak jelas, Kulitas video yang rendah ini tentunya memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga lebih hemat kuota.
Dan anda menggunakan koneksi yang cepat, maka youtube akan memberikan kualitas video yang lebih baik (HD / Full HD) dan tentunya dengan ukuran file yang sangat besar.

Kesimpulan :
Jaringan 4G bis lebih boros kuota karena :
- Kebiasaan user yang cenderung ingin mengakses website lebih banyak ketika koneksi cepat.
- Perbedaan layanan sebuah situs untuk koneksi lambat dan cepat.

Bagaimana pendapat kalian, apakah sama ?, inti dari semua ini adalah kembali ke kebutuhan dan kebiasaan user masing-masing. Sekian pembahsan kali ini semoga bermanfaat

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G LTE"

Post a Comment