Kenali 18 Tanda Komputer Terkena Virus, Sebelum Menyesal

Virus, Siapa yang tidak kenal dengan makhluk  satu ini, tidak di dunia nyata, tidak di dunia maya, tingkah lakunya selalu saja merugikan perkerjaan manusia. Virus di dunia maya seperti komputer selalu menjadi hal yang menakutkan bagi setiap user yang menggunakan sebuah komputer, bagaimana tidak tingkah laku dari virus ini selalu menganggu kinerja komputer, seperti menyembunyikan file, merusak file system bahkan sampai menghapus sebuah file system yang membuat komputer berjalan sangat lambat dari biasanya bahkan bisa membuat komputer hang.

Seperti halnya di dunia nyata, seseorang yang terkena sebuah penyakit pastinya ada sebuah tanda atau gejala yang di rasakan oleh penderitanya, begitu juga dengan komputer, seiring berjalanya waktu, lambat laun komputer akan mengalami sebuah masalah dan menunjukan tanda bahwa dia sudah terinfeksi sebuah virus, mulai dari tanda yang sederhana sampai tanda yang sangat menganggu aktifitas di komputer, berikut ini akan saya jelaskan beberapa tanda atau gejala komputer yang kita gunakan terkena virus, berikut diantaraya 

Tanda Tanda Komputer Terjangkit Virus
1. Kinerja Komputer Berjalan Lambat
Salah satu tingkah virus yang menyebalkan yaitu membuat kinerja komputer dari hari ke hari semakin melambat, hal itu (mungkin) di sebabkan oleh virus yang sudah merusak file system atau virus menjalankan sebuah aplikasi tanpa sepengetahuan user.

2. Fitur Task Manager Tidak Bisa Di Jalankan
Task Manager berfungsi untuk (salah satunya) memonitoring aplikasi apa saja yang sedang berjalan di komputer, dengan begitu kita bisa melihat sebuah aplikasi yang mencurigakan atau aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan kita, dengan fitur ini kita bisa menghentikan aplikasi yang tidak perlu untuk di jalankan contohnya seperti aplikasi yan di jalankan oleh virus.

3. Kombinasi Tombol Ctrl + Alt + Del Di Blokir Virus
Kombinasi tombol ini di gunakan untuk mengakses Fitur task manager

4. Fungsi Dari Regedit Dan Msconfig Di Blokir
Regedit dan Msconfig adalah sebuah fitur windows, yang di gunakan untuk konfigurasi file system, salah satunya bisa kita gunakan untuk menghapus virus, lebih tepatnya memperkecil atau menutup akses virus ke system komputer.

5. Fitur Run Tidak Bisa Di Jalankan
Fitur Run ini bisa di ibaratkan sebagai gerbang masuk menuju sebuah halaman / daerah yang sangat luas, RUN sering di gunakan untuk mengakses fitur system windows, seperti cmd, regedit, Msconfig, regetid, gpedit dn fitur lainya.

6. Beberapa Aplikasi Not Response / Error Ketika Di Jalankan
Tidak hanya file system sebuah sistem operasi, virus juga bisa merusak file dari sebuah software yang sudah di install, sehingga ketika di jalankan aplikasi tersebut akan mengalami sebuah masalah, seperti kinerja yang melambat sampai hang / Not Response

7. Menu Tools - Folder Options Hilang
Menu ini bisa kita gunakan untuk melihat / menyembunyikan sebuah folder / file. sehingga dengan fitur ini kita bisa melihat adanya sebuah file atau folder yang mencurigakan seperti file virus, dengan begitu bisa kita hapus.

8. Folder Dan File Berubah Menjadi .exe
Pada Dasarnya Folder tidak memiliki sebuah extensi, seperti .exe, .txt, .mp4, .flv dan extensi lainya, tapi karena ulah virus ini folder tersebut di rubah menjadi sebuah file dengan extensi exe, yang membuat folder tidak bisa di buka / menampilkan isinya, Selain folder virus juga bisa membuat sebuah file menjadi .exe, tujuanya adalah untuk mengaktikan / menginstall virus lainya, di komputer

9. Folder dan File Ada 2
Selain membuat folder / file menjadi format exe, virus bisa membuat file / folder menjadi ganda, tujuannya untuk mengelabui user.

10. Folder dan Semua File Tidak Bisa Di Buka / Jalankan
Salah satu tingkah virus lainya yaitu menyembunyikan folder dan file dan menggantinya dengan sebuah folder / file versi virus, sehingga folder / file yang kita miliki tidak bisa di buka.

11. File dan Folder Di Rubah Menjadi Sebuah Shortcut
12. Antivirus Selalu Menampilkan Sebuah Pesan

Akibat Dari Virus Yang sudah Merusak File System Bahkan Menghapusnya
13. Sering Muncul Pesan Dari Windows
14. Munculnya Dialog Box Di Komputer
15. Komputer Sering Hang
Baca Juga : Hal Sepele Yang Menyebabkan Komputer Hang

16. Komputer Sering Restart Sendiri
Baca Juga : Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri

17. Hardisk / Drive Tidak Bisa Di Akses
18. Proses Print Tidak Berjalan Dengan Normal

Itulah beberapa tanda komputer sudah terkena virus, hal yang harus anda lakukan adalah menghapusnya menggunakan Antivirus, tapi jangan hanya satu, misalkan gunakanlah 3 antivirus, seperti AVG, Avast, dan Smadav. Sekian Artikel kali ini semoga bermanfaat, Jangan Lupa LIKE Fanspage Kami

0 Response to "Kenali 18 Tanda Komputer Terkena Virus, Sebelum Menyesal"

Post a Comment