Penyebab & Cara Mengatasi Monitor Blank Padahal Komputer Hidup

Pernahkan anda mengalami hal ini, ketika anda menyalakan komputer anda, yang seharusnya monitor menampilkan sistem operasi, ternyata monitor tidak menampilkan apa papun, yang ada hanyalah sebuah background hitam, itu merupakan sebuah masalah yang sering terjadi di sebuah komputer.

Komponen Penyebab Monitor Blank
Penyebab komputer mengalami hal ini biasanya terjadi karena hardware / komponen komputer anda mengalami masalah, berikut daftar komponen-komponen komputer yang bisa menyebabkan monitor tidak menampilkan apa apa, saya tuliskan berdasarkan tingkat kemungkinannya :
1.Random Access Memori (RAM)
2.Power Supply
3.Video Grafic Adapter (VGA)
4.Processor
5.Mother Board

Penyebab Monitor Blank
Dan berikut ini, hal-hal yang bisa membuat ke lima komponen tersebut mengalami masalah :
1.Pemasangan Komponen Tidak Benar
Pemasangan komponen yang tidak benar, biasanya terjadi jika anda sebelumnya membongkar / mencabut komponen PC, dengan tujuan tertentu, misalnya UPGRADE komponen, selain itu bisa terjadi karena anda sudah melakukan pemindahan komputer.

2.Komponen Berdebu / Kotor
Bagi anda yang menyimpan komputer di sebuah tempat yang tertutup dengan sirkulasi udara yang terbatas, misalnya di bawah meja, dan tidak pernah membersihkan komponen komputer yang ada di dalam, apa lagi bertahun tahun, pastinya komputer anda sangatlah kotor dan berdebu, sehingga menggangu kinerja komputer.

3. Kinerja Komponen Sudah Turun
Untuk hal yang ketiga, kemungkinan besarnya terjadi pada Power Supply, sehingga supply listrik ke semua komponen komputer terganggu, yang menyebabkan komputer tidak bisa menjalankan salah satu bahkan semua komponen yang ada pada komputer.
Gejala Komponen yang sudah lemah, biasanya kinerja komputer yang dari hari ke hari semakin melambat dan sering error.

4.Komponen Mengalami Kerusakan
Pengunaan Komputer yang tidak sesuai atau melebihi kemampuanya, bisa menyebabkan beberapa komponen mengalami kerusakan, khususnya pada kasus ini, adalah VGA yang berfungsi untuk menampilkan sebuah gambar pada monitor.

Cara Mengatasi Monitor Blank
Berdasarkan ke 4 hal diatas, berikut ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya, dan cara ini bisa juga anda lakukan untuk tahap pencegahan :
1.Pemasangan Komponen Tidak Benar
Tentunya anda sudah tahu untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan cara mengecek semua sambungan kabel yang di gunakan, apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak, hal pertama yang perlu anda cek adalah kabel power dan kabel VGA (Kabel yang menghubungkan komputer dengan monitor), setalah itu cek semua kabel yang ada di dalam komputer atau kabel dari power supplly ke komponen PC lainya, setelah semua kabel terpasang dengan benar, cek pemasangan komponen PC anda khususnya Ke lima komponen yang telah di sebutkan sebelumnya. Jika sudah semua di cek, nyalakan komputer anda.

2. Komponen Berdebu / Kotor
Jika cara ke satu tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah membersihkan semua komponen PC anda, bila perlu sampai casingnya pun anda bersihkan, hal utama yang perlu anda bersihkan terlebih dulu adalah 5 komponen di atas, untuk membersihkan RAM, bersihkanlah kaki RAM yang berwarna kuning ke emasan menggunakan penghapus secara perlahan, dan begitu juga dengan VGA Card (jika menggunakan VGA tambahan), selain komponen yang di bersihkan, jangan lupa bersihkan juga tempat / slot komponen di simpan.

3. Kinerja Komponen Sudah Menurun atau Rusak
Untuk Mengetahui komponen yang rusak yang mana, anda bisa mencobanya dengan cara (Jika ada) menggunakan komponen komputer yang lain, tapi dengan spesifikasi yang sama, Jika anda menggunakan VGA Card, cabut VGA Card, lalu sambungkan kabel VGA ke port VGA bawaan yang ada / menempel dengan Mother Board, jika anda menggunakan 2 RAM dengan kapasitas yang besar misalnya 2 GB/ RAM, coba cabut salah satu RAM untuk mendeteksi adanya masalah pada RAM.
Dan Jika anda sudah menemukan masalahnya, gantilah dengan komponen yang baru

Itulah beberapa hal dan komponen PC yang bisa membuat monitor tidak menyala, penyebab utama komputer mengalami hal ini adalah komputer berdebu, jadi untuk menghindar hal ini, lakukanlah perawatan / pembersihan pada komputer anda secara rutin, minmal satu bulan sekali.
Sekian artikel kali ini semoga bermanfat.

0 Response to "Penyebab & Cara Mengatasi Monitor Blank Padahal Komputer Hidup"

Post a Comment