23 Virus Komputer Mematikan, Bahkan NASA & Pentagon Menjadi Korbanya

Virus merupakan sebuah fitur atau aplikasi yang sangat merugikan pengguna komputer, karena sifatnya yang bisa mengganggu bahkan merusak kinerja sebuah alat elektronik, khususnya komputer / laptop dan Smartphone yang sedang anda gunakan, virus di ciptakan oleh seseorang, yang tentunya orang tersebut mengerti tentang dunia komputer dan mengetahui celah / kelemahan dari sistem keamanan sebuah alat elektonik, dengan tujuan yang bermacam macam, ada yang karena ingin jahil, coba coba, hobi, membuatnya sebagai sumber uang, bahkan sampai ingin merusak sebuah sistem komputer yang besar, contohnya instansi pemerintahan dan perusahaan besar.

Seiring berjalanya waktu, Virus terus berkembang sangat pesat mengikuti perkembangan di dunia komputer dan internet, Berdasarkan perkembangan dunia komputer, tercatat ada 20 jenis virus yang telah beredar dan menyerang komputer-komputer di seluruh dunia, berikut di antaranya :
Virus Yang Paling Berbahaya

1. Agent.btz
Kemampuan virus ini jangan anda ragukan lagi, bagaimana tidak virus ini berhasil membuat kewalahan sistem keamanan pentagon (Pusat Pertahanan Amerika Serikat), bahkan pentagon membuat badan khusus untuk mengatasi masalah ini, cara kerja virus ini adalah pertama virus ini akan menyebar lewat thumb drive yang sudah terinfeksi sebelumnya, lalu virus ini akan menyebar ke komputer yang terhubung dengan whumb drive ini, dan menginstal sendiri, setelah itu virus ini secara diam diam akan mencuri data-data penting bahkan rahasia dari komputer korbanya.

2. Bagle
Sebuah Virus worm ini menyerang komputer melalui email, hebatnya lampiran yang di kirimnya ini bisa menyebar secara langsung tanpa harus di buka atau di klik lampiranya, hal yang di serangnya adalah Microsoft windows, Virus ini di ciptakan untuk menjalankan fungsi backdoor dimana virus ini bisa menguasai / menkontrol secara penuh komputer yang terinfeksi.
Subject dari Email virus ini adalah Hi dengan isi pesan Test =) yang dilanjutkan oleh script dan di akhiri Test, ya, sedangkan lampiranya di beri nama string huruf yang di acak dengan ektensi exe dan menggunakan ikon seperti kalkulator windows

3. Blackshades
Pada tahun 2014, badan intelelegen Amerika FBI, mengatakan lebih dari 100 negara yang ada di dunia telah terinfeksi oleh virus ini, cara kerja virus ini adalah dengan mengambil kontrol komputer termasuk kamera yang ada di komputer, sehingga virus ini bisa mengambil data pribadi, memblokir pesan secara diam diam, Virus ini di sebarkan oleh 5 orang yang sedang dalam tahanan FBI, karena terkait kasus kriminal yang telah di lakukanya, selain itu telah tertangkap pula 97 orang penyebar virus lainya di 16 negara.

4. Blaster
Pada tahun 2003, virus ini menyerang hampir semua komputer di seluruh dunia, cara kerja virus ini yaitu dengan memanfaatkan lubang kerentanan (vulnerability hole) di Windows XP dan Windows 2000, Komputer yang terinfeksi virus ini akan menampilkan sebuah pesan yang mengatakan bahawa komputer akan segera shutdown, tak lama setelah pesan itu muncul komputer tiba-tiba restart atau shutdown.
Ada yang unik dengan virus ini, di antara ruetnya script di pesan tersebut, ada sebuah kalimat yang bisa di bilang menantang, berikut kalimatnya :
“I just want to say LOVE YOU SAN! and billy gates why do you make this possible? Stop making money and fix your software!!”
yang artinya :
“Saya hanya ingin mengatakan saya cinta kamu san ! dan bill gates mengapa kamu membuat ini menjadi mungkin ?, berhenti mencari uang dan perbaiki software ciptaan mu !!”
Di lihat dari kalimatnya, kemungkinan pencipta virus ini ingin menghancurkan software ciptaan bil gates.


5. CIH
Dampak yang di timbulkan virus ini sangatlah hebat, selain menginfeksi sistem operasi komputer dan aplikasi yang ada, CIH bisa masuk ke BIOS, sehingga data bios di ubah sesukanya dan menyebabkan komputer tidak bisa booting, hebatnya lagi virus ini sangat sulit di deteksi.

6. Code Red
Virus yang menyerang pada tahun 2001 ini, hampir menyerang seluruh komputer di dunia, cara kerja dari virus ini adalah mengubah tampilan sebuah website, yang akan menjadi sebuah kalimat “Hacked By Chinese”, bahkan website pemerintah pun terinfeksi seperti whitehouse.gov.
Virus ini menyebar pada komputer dengan sistem Microsoft Windows NT dan Windows 2000 Server, dan telah membuat kerugian $ 2 M.


7. Conficker
Virus ini merupakan virus yang sangat cepat dalam penyebaranya, virus ini pertama kali terdeteksi pada bulan oktober 2008, dan di kabarkan setelah 3 bulan, tepatnya 15 januari 2009, menurut Heinz Heise virus ini berhasil menginfeksi 2,5 juta komputer, dan satu hari setelah itu menurut The Guardian komputer yang terinfeksi sekitar 3,5 juta, tujuan dari virus ini adalah ingin mengacaukan sistem keamanan.

8. Duqu
Seorang peneliti dari Hungaria, Boldizsar Hungaria Bencsath memberikan nama pada virus ini "Duqu", karena kemampuanya yang bisa mengubah nama file, dan di setiap penamaanya ini selalu di awali dengan "~DQ".

9. Fizzer
Berbeda dengan virus lainya, virus ini di ciptakan seseorang untuk mendapatkan uang, entah bagimana caranya, dan hal itu di pertegas oleh seorang peneliti di salah satu perusahaan antivirus Kaspersky yaitu Roel Schouwenberg. Kabarnya Microsoft membuat sebuah sayembara, barang siapa yang tau nama pencipta virus ini, maka di akan mendapatkan hadian sebesar $250.000 atau sekitar Rp. 3,3 M (rate 13200).

10. Framer
Kekuatan dan kecanggihan sangat kuat, virus ini di buat untuk menyerang fasilitas yang ada di negara lain, seperti pemerintahan. Kehebatan dari virus ini adalah dia bisa menjalankan sistem operasi windows sendiri, komputer yang baru pertama terinfeksi virus ini, secara diam diam Framer akan mendowonload file pendukung lainya, sekitar 6 MB, Virus ini menyerang negara di bagian timur seperti Iran, Palestina, Sudan, Israel, , Suriah, Lebanon, pada tahun 2012

11. Friday 13th
Sesuai dengan namanya virus ini berjalan setiap hari jumat tanggal 13, (Ko bisa ?, Mungkin si pembuatnya memiliki sebuah kenangan yang tak terlupakan dengan hari dan tanggal tersebut), virus jenis ini merupakan jenis virus MS-DOS (Karena pada waktu itu komputer belum secanggih seperti sekarang), Virus ini pertama kali terdeteksi di Jerussalem tahun 1987 dan sudah menyebar ke ribuan komputer di seluruh dunia, hal yang mengerikan dari virus ini adalah menghapus semua file program yang ada di semua partisi hardisk


12. Internet Worm
Virus ini merupakan jenis virus worm pertama di dunia yang terjadi pada November 1988, penyebaran virus ini melalui sebuah jaringan (mungkin) seperti internet, sama hal seperti virus Friday 13, virus ini berhasil menyebar ke ribuan komputer, salah satunya komputer NASA, namun tak hanya itu akibat dari ulahnya ini, virus ini menyebabkan kerugian yang sangat besar yaitu sekitar $100 JUTA AS, jika di konversi ke rupiah sekarang (13.200), mencapai 1,32 Triliun.
Untuk mengenang virus ini, di buatkan sebuah floppy disk yang di dalamnya berisi sebuah virus internet worm, dan anda bisa melihatnya di Museum Sains Boston di Boston, AS.

Tak terasa saya sudah menulis artikel sebanyak ini, untuk artikel kali ini saya menuliskan 9 jenis virus terlebih dahulu, untuk jenis virus lainya akan saya bahas di artikel selanjutnya, klik link berikut untuk artikel lanjutan dari artikel ini : Virus Komputer Yang Berbahaya Sepanjang Sejarah, Dunia Merugi $10 Milyar
Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa LIKE fanspage kami ya :D, Terimakasih

1 Response to "23 Virus Komputer Mematikan, Bahkan NASA & Pentagon Menjadi Korbanya"

  1. Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang komputerisasi menjadi bertambah.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete