Lakukan Hal Ini, Jika Ingin Komputer Bebas Dari Virus

Autoplay adalah sebuah proses di sistem operasi windows yang berfungsi sebagai jalan pintas untuk menjalankan / membuka sebuah file, autoplay akan berjalan ketika ada sebuah perangkat yang berisi data / file yang di masukan ke dalam port USB, perangkat yang di gunakan pun bisa berupa flash disk, CD driver, CD / DVD, Hardisk Eksternal, Kartu Memori dan tempat penyimpanan data lainya.

Ketika ada sebuah device yang terhubung dengan komputer / laptop lewat port USB, maka komputer akan mescan device tersebut, untuk melihat ada apa saja isi datanya, lalu komputer akan menampilkan hasilnya berupa sebuah list yang mewakili semua file yang ada, sehingga kita bisa membukanya secara langsung, contohnya seperti untuk membuka Windows Explorer, untuk membukanya kita tidak perlu klik icon windows explorer atau Windows + E, kita hanya perlu klik “Open Folder To View Files” Di List General Options, maka windows explorer akan terbuka.

Namun tahukah anda di balik proses autoplay ini, sering di gunakan virus untuk masuk ke system komputer, karena ketika divice yang terhubung dengan komputer melalui port USB dan kondisi autoplay aktif, maka komputer akan melakukan scan data pada device yang terhubung tanpa di scan antivirus, sehingga dengan mudahnya virus akan masuk ke komputer, apalagi jika device yang di gunakan (salah satunya Flash disk atau hardisk eksternal) sering berganti-ganti komputer seperti di warnet.

Anda tidak mau bukan jika komputer anda dengan mudahnya bisa di masuki virus yang tidak bertanggung jawab, yang bisa membuat kinerja komputer anda menurun, bahkan hang karena ada file sytem yang sudah di hapus / rusak, maka dari itu non aktifkanlah segera fitur autoplay ini, agar komputer anda bisa lebih kebal terhadap virus, untuk caranya berikut pembahasanya :

Cara Menonaktifkan Autoplay
1. Pertama buka halaman Local Group Policy Editor, caranya klik Windows lalu ketika gpedit.msc dan enter atau bisa juga dengan menekan tombol kombinasi windows + R dan ketikan gpedit.msc lalu enter
2. Setelah itu akan tampil sebuah halaman Local Group Policy Editor, kurang lebihnya seperti ini :

Di halaman Local Group Policy Editor klik Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Component > Auto Play Policies
3. Jika sudah, di dalam folder Auto Play Policies akan tampil 4 file seperti gambar di atas.
4. Di antara ke 4 file tersebut, klik kanan Turn Off Auto Play dan Pilih Edit
5. Maka akan muncul halaman Turn Off Auto Play, Secara default setingan untuk file ini adalah Not Configured yang berarti Auto Play dalam keadaan aktif, maka untuk menonaktifkanya pilih Enable

Catatan :
Jangan Keliru, dan jangan beranggapan jika kita memilih enable berarti kita mengaktifkan fitur auto play, File Ini berfungsi untuk menonaktifkan fungsi auto play sehingga jika kita memilih enable, berarti kita telah mengaktifkan fitur ini untuk menonaktifkan auto play.

6. Jika sudah klik OK.
7. Dan langkah terakhir adalah memastikan konfigurasi yang telah di lakukan berhasil, caranya coba hubungkan flash disk ke komputer anda, dan pastikan tidak ada tampilan auto play seperti biasanya (Lihat Gambar Autoplay).
8. Jika halaman autoplay tidak muncul berarti konfigurasi berhasil di lakukan.

Itulah tips dari Blues Pedia, agar komputer anda tidak dengan mudah terjangkit virus, sehingga komputer anda akan selalu dalam keadaan sehat dan tahan lama.
Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, JANGAN LUPA LIKE FANSPAGE KAMI

0 Response to "Lakukan Hal Ini, Jika Ingin Komputer Bebas Dari Virus"

Post a Comment