Masukan kode kupon "hosting2020" untuk mendapatkan diskon tambahan Hosting Unlimited Indonesia

Unboxing, Review dan Fitur Lengkap Totolink N200RE

Pada tutorial kali ini Blues Pedia akan membahas dan mengulas tentang fitur-fitur yang ada pada salah satu perangkat wireless router yaitu Toto Link N200RE dengan versi FirmwareV3.4.0-B20190813.1034. Pertama kali admin menggunakan perangkat ini adalah ketika di kantor tempat admin bekerja kekurangan wireless router untuk pemasangan di client, biasanya pake D-Link dan jika membuat pengajuan pengadaan barang ke pusat memakan waktu yang lama, akhirnya kantor memutuskan untuk membeli perangkat yang terjangkau dengan kualitas yang baik dan di pilihlah Toto Link N200RE.

Catatan :
Fitur-fitur yang admin sebutkan disini adalah fitur-fitur yang admin ketahui fungsinya dan ada beberapa fitur yang sudah dicoba dan di jadikan sebagai pembahasan di tutorial selanjutnya. Jika ada kekeliruan / kesalahpahaman  admin dalam menyampaikan fungsi dari fiturnya mohon di maklumi ya, berikan saja komentar dan saranya agar admin bisa memperbaikinya, baiklah berikut beberapa fitur yang ada pada wireless router Toto Link N200RE :

A. Hardware Toto Link N200RE - Blues-Pedia.com
1. Fisik
N200RE berbentuk persegi dengan panjang x lebar x tinggi sekitar 10 cm x 10 cm x 3 cm dan sangat ringan, Memiliki 2 buah antena untuk memancarkan sinyal wifi.

2. LED Indicators
Bisa kalian lihat di bagian atas perangkat
  • Power = Simbolnya sama seperti pada umumnya, menyala jika router dihidupkan (iyalah hehehe)
  • CPU = Disimbolkan dengan huruf "CPU" yang jika lampunya menyala menandakan router berfungsi dengan baik.
  • WIFI = Disimbolkan seperti umumnya, lampu menyala menandakan fitur wifi di aktifkan
  • WAN = Disimbolkan seperti topologi 3 komputer yang saling terhubung, jika lampunya menyala menandakan Port WAN berhasil konek dengan sumber internet dan jika berkedip menandakan sedang bekerja (menerima dan mengirim data)
  • LAN = Disimbolkan dengan persegi kecil untuk port 1 sedangkan port 2 di simbolkan dengan 2 kotak persegi kecil yang disusun secara vertikal (menumpuk), lampu menyala menandakan Port LAN 1 terhubung dengan sebuah perangkat, dan jika berkedip artinya sedang bekerja

3. Port dan Tombol
  • DC IN = digunakan sebagai power / daya listrik, posisi nya ada di samping perangkat
  • Memiliki 1 Port WAN dan 2 buah Port LAN, ada di sebelah port DC IN.
  • Tombol Reset = digunakan untuk mereset settingan Router menjadi setinggan default. Posisinya ada di bagian atas.
  • Tombol WPS = digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat yang berada di dekat router secara langsung, tanpa harus menggunakan password, caranya hanya menekan tombol wps selama 2 detik dan hubungkan Router dengan perangakat.
B. Konfigurasi Default Toto Link N200RE - Blues-Pedia.com
Secara default konfigurasi dari Toto Link N200RE adalah seperti ini :
  • SSID = TOTOLINK_N200RE (tanpa password)
  • IP = 192.168.1.1/24
  • DHCP Server = 192.168.1.2 - 192.168.1.254
  • WAN = DHCP Client
  • Username (login) = admin
  • Password (login) = admin
  • untuk konfigurasi default IP, Username dan Password bisa kalian lihat di bagian bawah perangkat

C. Software Toto Link N200RE - Blues-Pedia.com
1. Login Page 

  • Verification Code, Pada halaman login, selain di minta untuk memasukan username dan password, Toto Link N200RE dilengkapi dengan Verification Code (VC). VC ini berfungsi untuk meminimalisir tindakan peretasan yang menggunakan cara memasukan username dan password secara acak, terus menerus dan otomatis yang dijalankan oleh bot / robot / computer melalui aplikasi.
  • Maksimal Gagal Login adalah 3 kali, Jika kalian gagal login 3 kali baik salah memasukan username, password atau kode verifkasi, system akan otomatis mengunci tampilan login selama 2 menit, jadi selama 2 menit kalian tidak akan bisa login.
2. Easy Setup
Menurut admin easy setup yang ada pada Toto Link N200RE lebih mudah di pahami dibandingkan dengan dengan WR lainnya. Pada easy setup kalian akan di minta untuk mengkonfigurasi WAN dan Wireless saja.

3. WAN Setting (Menu Network)
TotoLink N200RE menyediakan 5 cara untuk terhubung dengan jaringan internet yaitu :
  • DHCP Client, Mendapatkan akses internet melalui penerimaan IP yang di terima secara otomatis dari router Utama / Sumber Internet.
  • IP Static, Mendapatkan akses internet dengan cara memasukan alamat IP router utama, ada beberapa parameter yang harus diisi yaitu IP Address, Subnet Mask, Gateway, dan DNS Server.
  • PPOE, PPTP, L2TP, Ketiga cara ini PPOE, PPTP, dan L2TP harus menggunakan username dan password untuk bisa terhubung dengan internet, username dan password bisa kalian tanyakan kepada penyedia layanan internet yang di pakai ya.
  • Selain itu di WAN Setting terdapat pengaturan yang di gunakan untuk mengakses perangakat dari luar jaringan, yaitu hanya dengan menandai opsi "Enable Web Server Access on WAN"
4. LAN Setting (Menu Network)
LAN Setting berfungsi untuk memberikan IP lokal pada wireless router (singkat saja ya jadi WR), melalui IP ini WR bisa di akses dan di remote, selain itu pada konfigurasi ini terdapat pengaturan DHCP Server yang berfungsi untuk memberikan IP kepada user yang terhubung dengan WR secara otomatis baik melalui kabel LAN maupun wifi dengan tujuan agar user bisa mendapatkan akses internet.

5. IPTV Setting (Menu Network)
kalo tidak salah konfigurasi ini digunakan mendapatkan layanan TV melalui jaringan internet, seperti Set Top Box (STB)

6. DHCP & ARP Table. (Menu Network)
Menampilkan list perangkat yang terhubung dengan router, data yang di tampilkan adalah Hostname, IP Address, Mac Address, dan intrface.

8. Static Route (Menu Network)
Konfigurasi routing secara manual, salah satu fungsinya untuk menghubungkan router dan user dengan internet. Tapi secara default konfigurasi routing ini di buat secara otomatis.

9. Routing Table (Menu Network)
Menampilkan konfigurasi yang telah di buat, baik secara otomatis atau manual (static)

10. Wireless Basic Setting (Menu Wireless)
Jika di perangkat lain hanya berisikan settingan SSID dan password saja, pada Toto Link N200RE kita bisa mengatur jumlah perangkat dari 1 sampai 32 yang diizinkan untuk terhubung dengan WR per SSID, selain itu kita juga bisa mengatur batas maksimal bandwidth yang akan dibagikan baik download maupun Upload per SSID.

11. Multiple SSID (Menu Wireless)
Jika perangkat lain hanya bisa menggunakan 1 SSID, Toto Link N200RE bisa menggunakan 5 SSID yang berbeda, selain itu di tiap pengaturan SSID kita bisa mengatur jumlah perangkat yang bisa terhubung dan bandwidth yang akan di bagikan, missal pada SSID BluesPedia1 hanya bisa di akses oleh 1 perangkat dengan bandwidth 2/2 mbps, sedangkan untuk SSID BluesPedia2 hanya bisa di akses oleh 10 perangkat dengan bandwidth 5/5 mbps.

12. Advanced Setting (Menu Wireless)
Pengaturan lanjutan dari jaringan wireless seperti pengaturan band dan channel width yang di akan di gunakan. Band yang paling umum di gunakan untuk HP saat ini adalah 2,4 GHz.

13. Access Control (Menu Wireless)
Fitur ini bisa kita gunakan untuk membatasi perangkat siapa saja yang di izinkan / tidak di izinkan untuk terhubung dengan Router, bisa melalui IP dan MAC Address. 

14. WDS Setting (Menu Wireless)
WDS singkatan dari Wireless Distribution System merupakan salah satu mode yang ada pada jaringan wireless yang di gunakan sebagai penerus / penguat sinyal wireless.

15. WPS Setting (Menu Wireless)
Wireless Protect Setting di gunakan sebagai cara alternatif untuk menghubungkan sebuah perangkat dengan access point tanpa harus memasukan password seperti konek ke SSID wifi.

16. Wireless Schedule (Menu Wireless)
Dengan fitur ini kita bisa mengatur kapan wireless bisa di gunakan, misal jaringan wireless hanya bisa digunakan pada jam 17:00 – 06:00 setiap hari ketika kita berada di rumah, di luar jam tersebut jaringan wireless tidak bisa digunakan.

17. QoS
Berfungsi untuk melimit atau mengatur kecepatan akses internet secara keseluruhan / di semua SSID


18. MAC Filtering (Menu Firewall)
(Kalo ga salah) Digunakan untuk menyaring perangkat mana saja yang tidak bisa konek dengan jaringan wireless berdasarkan mac address (black list).

19. IP/Port Filtering (Menu Firewall)
Sama halnya dengan MAC Filtering, untuk menyaring perangkat berdasarkan IP/Port.

20. Virtual Server (Forwading - Menu Firewall)
Digunakan segagai forwading / meneruskan koneksi.

21. URL Filtering (Menu Firewall)
Untuk memfilter  / blokir url tertentu.

22. DMZ (Menu Firewall)
DMZ singkatan dari Demilitarized Zone, merupakan salah satu fitur keamanan yang di gunakan untuk melindungi sebuah perangkat yang penting seperti server, jika menggunakan fitur ini setiap akses data yang masuk dan keluar server akan di filter terlebih dulu.

23. Menu System
Upgrade FirmwareFitur ini berfungsi untuk menampilkan versi firmware yang sedang di gunakan dan digunakan untuk mengupgrade firmwarenya.
  • Save & Reload Setting, Jika kalian ingin menyimpan settingan router (backup), kalian bisa menggunakan fitur ini dan me restorenya kembali saat di perlukan.
  • Time Zone Settings, Menyesuaikan waktu pada router berdasarkan waktu yang sedang berjalan secara realtime. pengaturan ini akan berpengaruh jika kalian menggunakan fitur penjadwalan
  • DDNS, Digunakan untuk meremote router di luar jaringan, khususnya jika kalian tidak punya IP Public Static
  • Denial of Service, (Admin kurang paham)
  • TR-069 Config, (Admin kurang paham)
  • Password Setting, Digunakan untuk mengubah username dan password router
  • Rebbot Schedule, Digunakan untuk membuat jadwal rebbot secara teratur,
  • System Log, Menampilkan history perubahan yang terjadi pada system.
  • Statistics, Menampilkan jumlah data penggunaan internet berdasarkan interfaces (WAN, LAN, Wireless)
  • Run Command
  • Logout
Itulah fitur-fitur yang ada pada Wireless Router Totolink N200RE, penjelasan-penjelasan di atas berdasarkan pemahaman dan pengetahuan admin dan di bantu dengan buku manual dari produknya, jadi kalo ada penjelasan yang salah atau keliru harap di maklum ya, kasih aja saran dan komentarnya. Diantara fitur-fitur yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa fitur yang akan dibahas di artikel selanjutnya diantaranya membuat multiple SSID, limit speed per SSID, limit speed menggunakan QoS, Cara mengganti username dan password, cara membuat jadwal reboot, menghilangkan SSID, mengaktifkan ACL, Membatas jumlah wifi, membuat wireless schedule, backup dan restore konfigurasi dan cara softreset dan hard reset perangkat. Baiklah cukup sekian tutorial kali ini, terimakasih, salam admin Blues Pedia :D
(Kode Artikel : BPTL0001)

0 Response to "Unboxing, Review dan Fitur Lengkap Totolink N200RE"

Post a comment