Masukan kode kupon "hosting2020" untuk mendapatkan diskon tambahan Hosting Unlimited Indonesia

Cara Menginstall / Menambahkan / Download User Manager Mikrotik

Para tutorial kali ini saya akan membahas mengenai cara menginstall / menambahkan user manager di mikrotik, bagi kalian yang belum tahu apa itu user manager, user manager merupakan aplikasi tambahan yang di gunakan untuk memanage fitur hotspot mikrotik yang bisa di akses melalui web browser, bukan menggunakan winbox.
Kapan user manager harus di install ?, biasanya secara default file user manager sudah ada di mikrotik bagi perangkat yang support userman dan bisa langsung kita gunakan, namun ada juga beberapa routerboard yang tidak terinstall user manager jadi harus di install manual.

A. Mengecek User Manager
Sebelum kalian menginstall user manager, cek terlebih dahulu apakah fitur user manager sudah terinstall di routerboard atau belum, cara untuk mengecek keberadaan user manager di mikrotik adalah klik menu system > packages,

Diantara list yang di tampilkan, cobalah cari file user manager, jika tidak ada maka kalian harus menginstall user manager, contohnya routerboard yang saya gunakan tidak memiliki package user manager.

B. Cek Arsitektur Routerboard
Seperti yang saya katakan di awal, tidak semua perangkat mikrotik support dengan user manager, cara untuk mengetahui nya adalah dengan mengecek arsitektur yang di gunakan, klik menu System > Resource.

Dari data yang di tampilkan di gambar di atas, perhatikan lah bagian Architecture dan Version nya, karena 2 data tersebut akan jadi patokan untuk mendownload file systemnya nanti. Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, routerboard yang saya gunakan memiliki architecture mipsbe yang support dengan usermanager, salah satu produk mikrotik yang meggunakan architecture mipsbe adalah RB750 dan RB450, sedangkan architecture yang tidak support userman adalah smips (RB951 hap lite).

C. Download File User Manager
Untuk mendownload file userman, kalian bisa mendownloadnya di website resmi mikrotik yaitu https://mikrotik.com/download, dihalaman download mikrotik carilah file system yang sesuai dengan architecture RB yang sedang kalian gunakan contohnya disini architecure MIPSBE, lalu pilih baris Extra packages dengan versi yang sedang di gunakan. Misalnya anggap saja versi mikrotik yang saya gunakan adalah versi terbaru yaitu 6.46.3 dengan architecture MIPSBE, maka file yang akan saya download adalah file yang di tandai kotak biru.

Jika di halaman download https://mikrotik.com/download tidak ada versi yang sesuai dengan RB kalian, cobalah cari di halaman archive nya yaitu di https://mikrotik.com/download/archive :

Di halaman tersebut carilah versi yang sesuai dengan RB kalian, lalu klik dan cari jenis Architecturenya dan klik untuk mendownloadnya.

D. Extract  & Upload File
Setelah selesai mendownload filenya, extract file tersebut dan carilah file "user manager", jika sudah ketemu klik file tersebut lalu drag & drop ke halaman Packages list mikrotik untuk di upload, contohnya seperti ini :


Jika proses upload berhasil, maka kalian akan di arahkan ke halaman File mikrotik, seperti ini :

E. Restart Mikrotik
Setelah file user manager di upload seperti gambar diatas, restart lah mikrotik kalian dengan cara klik menu system > reboot dan tunggu sampai proses restart selesai. Jika proses restart sudah selesai login kembali ke mikrotik lalu cek packagesnya, pastikan packages user manager sudah ada ya seperti gambar di bawah ini :


Itulah pembahasan kita di artikel kali ini mengenai Cara Menginstall / Menambahkan User Manager di Mikrotik, setelah user manager terinstall kalian bisa langsung menggunakan nya, namun kalian harus mengaktifkanya terlebih dulu, untuk cara mengaktifkanya nanti akan saya bahas di tutorial selanjutnya ya.

0 Response to "Cara Menginstall / Menambahkan / Download User Manager Mikrotik"

Post a comment