2 Cara Bypass Halaman Login Hotspot Mikrotik - IP Binding

Hai sobat Blues Pedia, pada tutorial kali ini kita akan belajar cara membypass IP user tertentu di hotspot mikrotik, sehingga user tersebut tidak harus login ke hotspot untuk menikmati akses internet, cukup dengan konek di jaringan hotspot baik LAN maupun Wifi. Untuk membuat konfigurasi ini kita akan memanfaatkan salah satu fitur hotspot mikrotik yaitu IP Binding.

Cara penggunaan fitur IP binding ini sangatlah mudah, kita hanya tinggal memasukan IP dan Mac Address user yang akan di bypass, maka dari itu sebelum kalian memulai tutorial ini, kalian harus tahu terlebih dulu IP dan Mac Address yang di gunakan user yang akan di bypass, berikut cara mengetahui IP dan Mac Address user di system windows :

Cara Menegetahui IP dan Mac Address Windows
1. Membuka Halaman Control Panel
Klik logo windows lalu tuliskan "control panel", klik navigasi control panel di hasil pencarian

2. Membuka Halaman Network & Sharing Center
Masih di halaman control panel, tuliskan kata "Network" di kolom pencarian (sebelah ujung kanan atas), lalu klik navigasi "Network and Sharing Center"

3. Membuka Halaman Change Adapter
Di halaman Network & Sharing Center lihatlah ke sebelah kiri, di sana kalian akan melihat beberapa navigasi, salah satu diantaranya klik "Change Adapter"

4. Menampilkan Pengaturan IP User
Di halaman Change Adapter kalian akan melihat beberapa icon jaringan, seperti LAN, Wifi, Modem, Virtual LAN, dan icon lainya. Di antara icon jaringan tersebut klik kanan icon jaringan yang terhubung dengan jaringan hotspot mikrotik, misalkan di sini saya icon jaringan LAN, lalu pilih Status, sehingga akan muncul tampilan seperti ini :



A. Via Winbox
Cara pertama adalah menggunakan winbox, berikut caranya :

a. Cek IP User
Selain di windows, cara mengecek IP dan Mac Address bisa kita lakukan di mikrotik dengan syarat kita tahu hostname dari komputer yang di gunakan, caranya Klik Menu IP > DHCP Server > Tab Leases.


b. Make A static IP User
Di tab lesase kita bisa melihat jumlah user yang sudah terhubung dengan mikrotik,  di kolom hostname carilah nama komputer yang akan di bypass hotspotnya atau bisa juga dengan cara mencari IP user yang akan di binding jika kita sudah tahu IPnya. Jika sudah, klik kanan IP user yang akan di binding lalu pilih make static (option paling bawah).
Catatan :
Tujuan dari poin B adalah untuk membuat IP user yang tadinya dynamic (setiap waktu akan berubah) menjadi static, sehingga IP user tidak akan berubah, istilahnya IP tersebut sudah di booking oleh user tertentu.
c. Konfigurasi IP Binding
Langkah selanjutnya Klik Menu IP > Hotspot > IP Bindings > Klik tanda + untuk menambahkan / membuat konfigurasi baru, lalu isi kolom :

GambarKolom
Mac AddressMac Address User
Address IP User
Server All
Type Bypassed 
jika kalian punya lebih dari satu hotspot, pada kolom server isi / pilih dengan nama dari hotspot yang di gunakan user, misalnya saya punya 3 hotspot dengan nama "Lantai-1", "Lantai-2", dan "Lantai-3", dan saya ingin bypass user A yang terhubung hotspot "Lantai-2", maka pada kolom server saya pilih "Lantai-2" atau All (berlakudi semua hotspot).

Pada kolom type ada 3 option yang bisa kita pilih, yaitu "Blocked" fungsinya yaitu untuk memblokir user, sehingga user tersebut tidak akan bisa menggunakan hotspot mikrotik, option yang ke dua yaitu "Bypass", dimana dengan option ini user tidak perlu login ke hotspot untuk menggunakan internet, dan yang terakhir adalah "Reguler", option default dari hotspot mikrotik, untuk menggunakan internet user terlebih dulu harus memasukan username dan password hotspot.

B. Via Script
Cara yang kedua adalah versi script, jika menggunakan winbox klik menu terminal lalu tuliskan script-script berikut :
1. IP Static
Untuk script yang pertama adalah melihat list user yang terhubung dengan mikrotik :
Script melihat daftar user yang terhubung : 
ip dhcp-server lease print

seperti yang kalian lihat di gambar di atas, dengan script tersebut secara otomatis mikrotik akan menampilkan daftar user yang terhubung. Bagian yang saya beri bingkai biru adalah status dari IP user yang masih dynamic dan akan kita ubah menjadi static. Carilah IP atau Mac Address user yang akan di buat static dan perhatikan bagian yang saya beri bingkai merah (0, 1, 2, 3, 4), angka-angka ini merupakan urutan dari data user yang akan kita gunakan untuk konfigurasi.

Jika sudah tuliskan script berikut untuk membuat user yang tadinya dynamic menjadi static, di siini saya akan mengubah IP 192.168.6.12 yang berada di urutan 2, sehingga scriptnya seperti ini :
Script konfigurasi make static IP user :
ip dhcp-server lease make-static 2 lalu di lanjutkan dengan script :
ip dhcp-server lease print untuk melihat melihat hasilnya.

Keterangan :
ip dhcp-server lease = adalah posisi / letak dari fitur lease yang akan kita konfigurasi yaitu
➥ print = perintah dasar mikrotik yang di gunakan untuk melihat isi dari sebuah konfigurasi
➥ make-statis = perintah yang di gunakan untuk mengubah konfigurasi IP user menjadi static
➥ 2 = adalah urutan / posisi dari IP user yang akan di ubah.

2. IP Binding
langkah selanjutnya yaitu konfigurasi IP Binding, untuk konfigurasinya tuliskan sja script berikut :
Script konfigurasi IP Binding :
ip hotspot ip-binding add mac-address=64:14:01:8A:31:C3 address=192.168.6.12 server=all type=bypassed
Keterangan :
 ip hotspot ip-binding = adalah lokasi dari fitur IP Binding
➥ add = perintah / script dasar mikrotik
➥ mac-address, address, server, type = merupakan salah satu dari kolom yang harus di isi pada fitur IP Binding
➥ 64:14:01:8A:31:C3 = Mac address dari user yang akan di bypass
➥ 192.168.6.12 = IP address dari user yang akan di bypass
➥ all = Hotspot yang di gunakan user
➥ bypassed = salah satu option yang ada pada kolom type, option lainya yaitu "blocked" dan "reguler"




C. Video Tutorial
Klik link di bawah ini untuk melihat video tutorialnya :
 Lihat Video Tutorialnya Di Youtube (Mohon untuk bantu subcribe ya :D)

itulah pembahasan kita pada tutorial kali ini mengenai 2 Cara Agar User Tidak Perlu Login Hotspot Mikrotik / Bypass IP Binding menggunakan winbox dan script, sekian untuk tutorial kali ini semoga bermanfaat, salam Admin Blues Pedia.

0 Response to "2 Cara Bypass Halaman Login Hotspot Mikrotik - IP Binding"

Post a Comment