2 Cara Bypass Website Di Hotspot Mikrotik Walled Garden

Hai sobat Blues Pedia, di tutorial sebelumnya kita belajar mengenai cara agar user tidak perlu login hotspot mikrotik atau bypass menggunakan fitur IP Binding baik via winbox maupun menggunakan script. Pada tutorial kali ini kita akan belajar cara bypass website di hotspot mikrotik menggunakan fitur walled garden via winbox dan script. Sebelum kita mulai tutorialnya, apakah kalian tahu tujuan dari konfigurasi walled garden ?, tujuan dari konfigurasi ini adalah untuk mengijinkan / memperbolehkan user mengakses sebuah alamat website tanpa harus login ke hotspot terlebih dulu. Baiklah ayo kita mulai tutorialnya :

A. Sediakan Alamat Website
Untuk melakukan konfigurasi ini tentunya kita harus sudah punya alamat website yang akan di bypass, contohnya di sini saya akan membypass website www.bluespedia.xyz. Sebagai langkah pertama cobalah untuk membuka situs yang akan di bypass dalam keadaan logout / belum login ke hotspot, pastikan websitenya tidak bisa di buka ya.

Jika website tidak bisa di buka, dan untuk memastikan situs yang di bypass masih aktif, cobalah login ke hotspot dan buka kembali website tadi, pastikan websitenya bisa di buka ya.

B. Login Mikrotik
Langkah kedua setelah mengecek alamat website adalah login ke mikrotik, login lah ke mikrotik seperti biasanya, baik melalui winbox, telnet, browser dan putty / ssh.

C. Konfigurasi Hotspot
Untuk melakukan konfigurasi walled garden, pastikan kalian telah membuat konfigurasi hotspot, jika belum silahkan konfigurasi terlebih dulu, tutorialnya bisa kalian lihat di sini :

D. Konfigurasi Walled Garden
1. Via Winbox
Cara pertama untuk konfigurasi walled garden adalah menggunakan winbox, di halaman utama mikrotik klik menu IP > Hotspot > Tab ke 9 atau tab Walled Garden > lalu klik tanda + biru untuk menambahkan konfigurasi, sehingga akan muncul tampilan baru seperti ini :

Pada option Action (paling atas) pilih allow untuk membypass wbsite, sedangkan jika kita memilih option deny maka website akan terblok / tidak bisa diakses selama user belum login ke hotspot.

Lalu di kolom Dst. Host isi dengan alamat website yang akan di bypass, contohnya jika kita ingin membypass website www.bluespedia.xyz, isi kolom Dst Host dengan *bluespedia.xyz,
Mengapa  pake tanda bintang bukan www ?, hal itu bertujuan untuk membypass semua alamat situs bluespedia.xyz baik yang menggunakan https, http atau pun www, karena jika kita menuliskan www.bluespedia.xyz, maka yang di bypass hanya ww.bluespedia.xyz saja, sedangkan jika web browser atau user mengakses situs http://bluespedia.xyz atau bluespedia.xyz akan tetap terblokir. 

Sedikit tips, jika ada lebih dari satu website yang akan di bypass, saya sarankan untuk menggunakan comment agar setiap konfigurasi yang di buat mempunyai nama  / judul sehingga nantinya kita tidak akan bingung dengan konfigasinya yang ada, caranya klik navigasi comment lalu tuliskan nama / judul yang kalian inginkan, jika sudah klik OK.

2. Via Script
Cara yang kedua adalah menggunakan script, jika kita menggunakan winbox, kita bisa menggunakan menu New Terminal untuk menuliskan sebuah script, baiklah berikut adalah script yang di gunakan untuk membypass website menggunakan walled garden :
Script Konfigurasi Walled Garden :
ip hotspot walled-garden add action=allow dst-host="*bluespedia.xyz" comment="Bypass Blues Pedia"
Keterangan script :
➥ ip hotspot walled-garden : posisi / letak dari fitur walled garden
➥ add : perintah dasar mikrotik
➥ action= : salah satu option yang ada pada fitur walled garden dan mempunyai 2 pilihan yaitu allow dan deny
➥ allow : option dari salah satu pilihan yang ada pada kolom action, fungsinya untuk mengijinkan / membypass website
➥ dst-host= : kolom yang di gunakan untuk menuliskan alamat website yang akan di eksekusi, baik di izinkan / di blok.
➥ "*bluespedia.xyz" : website yang akan di blok, gunakan selalu tanda " sebelum dan sesudahnya.
 comment= : fitur yang selalu ada di setiap konfigurasi mikrotik, fungsinya yaitu untuk membuat judul / nama dari konfigurasi yang akan di buat
➥ "Bypass Blues Pedia" : nama dari konfigurasi yang saya buat

E. Testing
Setelah konfigurasi Walled garden selesai, langkah selanjutnya yaitu pengetesan untuk mengecek apakah konfigurasinya berhasil / tidak, buka web browser lalu dalah keadaan logout / belum login tuliskan alamat website yang di bypass dan pastikan websitenya bisa di buka ya.

Itulah pembahasan kita pada tutorial kali ini mengenai cara mengijinkan user mengakses website tertentu tanpa harus login ke hotspot mikrotik terlebih dulu, jika kalian ingin membuat lebih dari satu website yang akan di bypass, tinggal tambahka saja konfigurasinya, jika di winbox klik tanda + biru pada tab walled garden dan isi kolomnya sesuai yang di inginkan,

sedangkan untuk versi script kalian tidak perlu menuliskan script dari awal lagi, cukup dengan menekan tombol panah atas maka otomatis mikrotik akan menampilkan baris script yang sudah di tulis sebelumnya, dan tinggal edit saja Dst Hostnya dengan alamat website yang akan di bypass.
Sekian tutorial kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, Terimakasih,
Salam Admin Blues Pedia :D


F. Video Tutorial
Klik link di bawah ini untuk melihat video tutorialnya :
 Lihat Video Tutorialnya Di Youtube (Mohon untuk bantu subcribe ya :D)

Artikel Terkait :
2 Cara Agar User Tidak Perlu Login Hotspot Mikrotik / Bypass IP Binding
- 4 Cara Login Mikrotik Via Winbox, Putty / SSH, Web Browser, Telnet
- 9 Perintah Dasar Mikrotik

0 Response to "2 Cara Bypass Website Di Hotspot Mikrotik Walled Garden"

Post a Comment