Membuat Program Input Biodata Mahasiswa C++ #Lat12

Hai sobat Blues Pedia, pada tutorial kali ini kita akan belajar cara membuat program Biodata Mahasiswa, di mana pada program ini kita akan menginput nama mahasiswa, NPM (no pokok mahasiswa) atau bisa dengan no ID lainya, dan alamat dari mahasiswa.

Pada program ini kita akan belajar cara menggunakan tipe variabel char, yaitu tipe variabel yang di gunakan untuk karakter contohnya seperti huruf, angka dan simbol-simbol, selain itu kita akan belajar cara menggunakan preprocessor baru yaitu #include<stdio.h> dan statement baru yaitu gets(), baiklah ayo kita mulai tutorialnya :


1. Persiapan
Dalam tutorial ini saya menggunakan software code block, terlepas dari itu apapun software yang di gunakan buatlah sebuah project / file baru terlebih dulu, jika sudah silahkan tuliskan script berikut :

2. Coding
Di halaman source code, tuliskan script berikut :
Catatan :
Admin menonaktifkan fitur copy-paste, tujuanya adalah untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis, sehingga kalian bisa lebih memahami dari script yang di tuliskan dan belajar cara menulis script :D.
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-12
// Nama Program : Biodata Mahasiswa
// Pembuat : Blues Pedia

#include <iostream>
#include <stdio.h>
using namespace std;

int main()
{
    char nama[50],alamat[100],npm[10];

    cout<<"Masukan Nama = ";
    gets(nama);

    cout<<"Masukan NPM = ";
    gets(npm);

    cout<<"Masukan Alamat = ";
    gets(alamat);
    cout<<endl<<endl;


    cout<<". : Biodata Mahasiswa : .";
    cout<<endl;

    cout<<"Nama : "<<nama;
    cout<<endl;

    cout<<"NPM : "<<npm;
    cout<<endl;

    cout<<"Alamat : "<<alamat;
    cout<<endl;

}

3. Jalankan Program
Jika sudah menuliskan script di atas, cobalah untuk menjalankan program. Untuk menjalankan program di Code Block klik menu Build > Build and Run,

4. Keterangan Script & Cara Kerja Program
a. Script Komentar / Keterangan
// Belajar Bahasa Pemograman C++
// Latihan Ke-12
// Nama Program : Biodata Mahasiswa
// Pembuat : Blues Pedia

Fungsi dari script tersebut hanya sebagai komentar saja, biasanya script ini di gunakan sebagai penjelasan / keterangan dari suatu program / perintah. Kita bisa menggunakan script ini dimana saja, ada atau tidak adanya script ini tidak akan berpengaruh terhadap program. Cara penggunakan script ini sangalth mudah kita hanya perlu menuliskan script "//dan di ikuti dengan komentar / penjelasan.

 b. #include <iostream>
script yang diawali dengan tanda # adalah sebuah preprocessor,  dimana propecessor ini akan memberitahukan compiler untuk melakukan suatu hal sebelum kompilasi / menjalakan program.
Preprocessor #include akan memberitahukan kompiler untuk meng-include iostream library, <iostream> berfungsi untuk menjalankan script cout dan cin yang di gunakan untuk proses input dan output pada C++.

c. #include <stdio.h>
salah satu preprocessor yang di gunakan untuk menjalankan script gets().

d. using namespace std;
Script yang berfungsi untuk mempersingkat penulisan script, karena pada fungsi iostream, untuk menjalankan program kita harus menggunakan script std:: di setiap statement, sehingga dengan adanya script using namespace std; kita tidak perlu menuliskanya.

e. int main()
Merupakan fungsi utama dari C++, sehingga kode ini harus ada di setiap program C++ dan tidak semuanya harus integer (int), karena selain integer masih banyak lagi fungsi-fungsi yang bisa di gunakan.

f. Kurung kurawal "{" dan "}"
Setiap penulisan script setelah fungsi main, harus di awali dan di akhiri dengan tanda kurung kurawal "{ }", hal ini menunjukan bahwa script yang ada di dalam kurung kurawal merupakan satu kesatuan dan bagian dari fungsi main di atasnya (dalam hal ini fungsi int main())

g. char nama[50], alamat[100],npm[10]
  • char : merupakan tipe variabel yang sering di gunakan untuk input data karakter (huruf, simbol, angka) seperti nama, sebuah alamat lengkap, dan ID
  • nama, alamat, npm : adalah variabel data yang di buat sesuai keinginan kita sebagai pembuat program.
  • [50], [100], [10] adalah batas maksimal karakter yang bisa di input, jumlahnya bisa di atur sesuai keinginan, sehingga untuk input nama saya batasi 50 karakter, alamat = 100 karakter, dan NPM 10 karakter.
h. cout<<"Masukan Nama = ";
  • Cout << adalah perintah yang di gunakan untuk menampilkan sebuah kata atau hasil dari suatu pemrosesan data, dan merupakan bagian dari liblary iostream
  • "Masukan Nama = " adalah kata yang akan di tampilkan pada program, dan selalu diapit oleh tanda kutip 2 ("kata") di awal dan akhir kata.
i. gets(nama);
Fungsinya hampir sama dengan cin, yaitu untuk memasukan data yang di input ke variabel yang ada di dalam kurung (nama), fungsi lainya yaitu untuk memasukan data / kata yang memiliki lebih dari satu kata (ada spasi), sehingga hasil output akan sama dengan input.
contohnya ketika user input "Blues Pedia",
  • jika kita menggunakn cin<<nama;. maka ketika variabel nama di ambil dan di tampilkan, yang keluar hanyalah "Blues" saja,
  • Lain halnya jika kita menggunakan gets(nama);, maka program akan menampilkan semua data yang di input "Blues Pedia"
j. cout<<endl<<endl;
  • cout<<endl adalah script yang di gunakan untuk membuat baris baru pada program, fungsinya sama seperti tombol enter pada keyboard. (script ini di gunakan untuk membuat satu baris baru)
  • <<endl; : jika kita ingin membuat lebih dari 1 garis baru, cukup tambahkan script ini saja di belakang statement, contohnya seperti script cout<<endl<<endl;, maka program akan menampilkan / membuat 2 garis baru.
k. cout<<"Nama : "<<nama;
Dengan script ini maka program akan menampilkan sebuah kata "Nama : " dan diikuti dengan data yang telah di input variabel nama, contohnya jika user menginput "Blues Pedia", maka program akan menampilkan "Nama : Blues Pedia"

l. Sekian
mungkin hanya itu saja yang bisa admin jelaskan pada tutorial kali ini mengenai Cara Membuat Program Biodata Mahasiswa di C++, sekian dan terimakasih, salam admin Blues Pedia :D.

0 Response to "Membuat Program Input Biodata Mahasiswa C++ #Lat12"

Post a Comment