4 Cara Menyembunyikan IP dan Mac Address Mikrotik Dari Scan Winbox

Hai sobat Blues Pedia, pada tutorial kali ini kita akan belajar mengenai security mikrotik, yaitu menyembunyikan atau menghilangkan hasil pencarian mikrotik di Winbox. Seperti yang kita ketahui, ketika kita membuka Winbox dan klik navigasi neighbors maka secara otomatis winbox akan menampilkan data mikrotik berupa seperti Mac address, IP Address, identify mikrotik, version, dan jenis board mikrotik yang terhubung dengan komputer.

Langkah ini perlu kita lakukan jika ingin mikrotik kita aman dari tangan-tangan jahil, khususnya jika kalian seorang operator warnet, karena biasanya user warnet itu unik-unik dan kreatif, salah satu kreatifitasnya adalah untuk mendapatkan kecepatan browsing / download sebesar-besarnya hehehehe :D, apalagi jika user tersebut mengerti tentang konfigurasi mikrotik, setidaknya dengan langkah kemanan ini bisa membuat user mencari tahu terlebih dulu IP / Mac addres mikrotik dan bisa membuatnya menyerah.

Untuk langkah-langkahnya mudah saja, baik versi script maupun versi GUI, dan berikut tutorialnya :

A. Menonaktifkan Neighbors Dicovery
1. Menggunakan Winbox
Klik menu IP > Neighbors > Tab Discovery Interfaces
ketika kita berada di tab Discovery Interfaces, maka kita akan melihat daftar interfaces yang di gunakan, disini saya menggunakan 5 interfaces sehingga hasilnya akan terlihat seperti ini :

Di antara daftar interfaces yang ada, klik salah satu interfaces yang akan di hilangkan hasil pencarianya, setelah itu klik navigasi silang merah (X), jika kalian bingung interface mana yang akan di nonaktifkan, nonaktifkan saja semuanya biar lebih aman :D, Interfaces yang di nonaktifkan pada tahap ini tidak akan bisa mendapatkan informasi data mikrotik di winbox.

Misalkan ada sebuah komputer A dan B, untuk komputer A terhubung dengan mikrotik di interfaces ether2 sedangkan komputer B terhubung melalui ether3, lalu pada tahap ini tab Discovery Interfaces ether2 di disable, maka semua komputer pada ether2 ini, salah satunya komputer A tidak akan bisa melihat data mikrotik di winbox sedangkan komputer B bisa karena ada di jaringan ether3. Jika kita disable keduanya, maka baik komputer A maupun komputer B tidak akan bisa melihat data mikrotik.

2. Script Menonaktifkan Neighbors Dicovery
Pertama yang harus kita lakukan adalah melihat posisi / urutan dari interfaces yang di gunakan, caranya tuliskan script berikut
Script :
ip neighbor discovery print
sehingga akan muncul tampilan seperti ini :

Keterangan :
0 sampai 4 adalah urutan / posisi dari interfaces
 x adalah status dari interfaces di nonaktifkan / mati, jika statusnya hidup maka tanda x akan hilang, contohnya seperti interface "4-LAN",

untuk menonaktifkan dan mengaktifkanya tuliskan saja script berikut :
Script :
ip neighbor discovery set 1 discover=no atau
ip neighbor discovery set 1 discover=yes
Keterangan :
 Ubah "1" dengan posisi interfaces,
 discover=no untuk menonaktifkan interfaces
 discover=yes untuk mengaktifkan interfaces

B. Menonaktifkan Telnet Interfaces
Klik menu Tools > MAC Server > Tab Telnet Interfaces
klik interfaces yang akan di nonaktifkan, jika hanya ada satu klik saja interfaces all lalu klik navigasi X.
Script :
tool mac-server set 0 disabled=yes
C. Menonaktifkan Mac Ping Server
Masih di tab telnet interfaces, klik navigasi MAC Ping Server, lalu pada tampilan baru hilangkan tanda checklist pada option "MAC Ping Server Enable", jika sudah klik OK.
Script :
tool mac-server ping set enabled=no
D. Menonaktifkan Winbox Interfaces
Pindah ke tab sebelahnya yaitu tab Winbox Interfaces, klik interfaces all lalu klik navigasi X merah,
atau bisa juga dengan script :
Script :
tool mac-server mac-winbox set 0 disabled=yes
Sekian tutorial kali ini mengenai 4 Cara Menyembunyikan IP dan Mac Address Mikrotik Dari Scan Winbox, semoga dengan adanya tutorial ini bisa bermanfaat untuk mengamankan mikrotik kita dari orang-orang jahil :D, terimakasih, salam admin Blues Pedia.

0 Response to "4 Cara Menyembunyikan IP dan Mac Address Mikrotik Dari Scan Winbox"

Post a Comment