3 Cara Mereset Mikrotik - Hard Reset dan Soft Reset

Reset mikrotik menggunakan 2 cara yaitu soft reset (mereset mikrotik melalui system, dengan cara klik menu system > reset configuration) dan hard reset (mereset mikrotik langsung di routherboard, dengan cara menekan tombol reset selama 5 detik)

Hai Sobat Blues Pedia. Langkah untuk mereset mikrotik terpaksa kita lakukan jika mikrotik yang kita gunakan error, lupa username dan password untuk masuk ke mikrotik, adanya kesalahan konfigurasi sehingga kita tidak bisa masuk ke mikrotik dan alasan-alasan lainya.

Saya sendiri pernah melakukanya 2 kali, yang pertama ketika konfigurasi mikrotik berubah, hal itu karena orang kantor meminta jasa service mikrotik untuk mengecek mikrotik dan membuat beberapa settingan, saya tidak mengerti dengan settingan yang di buat sehingga membatasi gerakan saya untuk meremote mikrotik dan akhirnya mikrotik pun saya reset, tapi sebelum di reset saya backup terlebih dulu konfigurasinya, siapa tau suatu saat nanti di butuhkan.

A. Soft Reset
Langkah reset yang saya lakukan di atas di sebut (kalau tidak salah) soft-reset, karena saya mereset mikrotik melalui program atau fitur yang sudah di sediakan mikrotik, berikut caranya :

Pada menu utama mikrotik klik menu system > Reset configuration, sehingga muncul option seperti ini :

Keep User Configuration : Mereset semua konfigurasi, kecuali konfigurasi user mikrotik
No Default Configuration : Tidak menggunakan konfigurasi default mikrotik ketika sudah di reset
Do Not Backup : Tidak membackup konfigurasi terlebih dahulu sebelum mereset konfigurasi
Run After Reset : menjalankan langsung sebuah service / file, setelah proses restart selesai.
system reset-configuration keep-users=yes no-defaults=yes skip-backup=yes
Catatan :
Untuk versi script ganti variable yes menjadi no, jika tidak ingin menggunakan option diatas.

B. Hard Reset
Untuk yang kedua ketika mikrotik error, dimana ke lima port mikrotik tidak stabil setiap 5 detik menyala, 3 detik mati dan begitu seterusnya, entah apa yang menjadi penyebabnya saya tidak tahu, hal terakhir yang saya lakukan adalah ketika ingin mengerjai teman kantor yang akan mendownload sebuah file, yaitu dengan cara mematikan / disable port yang terhubung dengan internet, maka otomatis internet di kantor mati.


Niatnya mau ngerjain, saya malah di kerjain internet kantor pun mati selama 4 jam dari jam 16:00 sampai jam 20:00, selama 4 jam itu pula saya ngotak-ngatik mikrotik kenapa bisa seperti ini, hal yang saya lakukan ketika itu adalah menanyakan hal ini kepada teman saya, dan jawabannya adalah kemungkinan RBnya sudah rusak. Setelah mendengar jawabanya itu lantas saya alihkan terlebih dahulu internetnya ke router wifi linksys e900 agar internet tetap jalan.

Masih belum menyerah, akhirnya saya coba untuk mereset mikrotik dengan resiko konfigurasi dari awal lagi, karena cuman ini satu-satunya jalan, akhirnya dengan banyak pertimbangan mikrotik pun saya reset. Teknik reset mikrotik yang saya gunakan adalah Hard Reset, dimana mereset mikrotik langsung pada hardware / RoutherBoard , sedangkan untuk mikrotik yang saya gunakan adalah RB750r2, berikut caranya :
  1. Pertama matikan mikrotik dengan cara mencabut adaptor listriknya.
  2. Dalam keadaan mikrotik mati, ambilah sebuah pulpen atau benda lainya yang dapat masuk ke lubang reset mikrotik, tekan lubang tersebut menggunakan pulpen kurang lebih selama 20 detik.
  3. Masih dalam keadaan di tekan, hidupkanlah mikrotik dan tekan selama 20 detik lagi atau sampai lampu adaptor mati / berkedip dan menyala kembali.
Setelah melakukan hard reset, mikrotik pun normal kembali, port yang ada pada mikrotik tidak berkedip / mati-hidup, dan akhirnya mikrotik pun saya konfigurasi ulang dari awal sampai seperti kedaan semula.

C. Netinstall
Jika mikrotik masih error meskipun sudah melakukan hard reset, cobalah untuk melakukan reset mikrotik dengan menggunakan net install, cara ini agak sedikit ribet karena ada beberapa hal yang harus kita persiapkan. Untuk cara reset mikrotik menggunakan netinstall bisa kalian lihat di link berikut Cara Mereset Mikrotik Menggunakan Netinstall, Ada videonya juga

Itulah pengalaman saya ketika melakukan hard reset mikrotik, sebelum anda melakukan reset mikrotik, cobalah untuk membackup konfigurasi mikrotiknya agar anda tidak perlu capek-capek konfigurasi mikrotik dari awal lagi, anda hanya tinggal restore saja konfigurasi mikrotiknya. Sekian artikel 2 Cara Mereset Mikrotik Dengah Mudah kali ini semoga bermanfaat, Salam Admin Blues Pedia :D

4 Responses to "3 Cara Mereset Mikrotik - Hard Reset dan Soft Reset"

  1. Saya sudah pernah coba reset dengan menekan tombol reset pakai ujung pulpen, tapi terkadang bisa dan terkadang tidak tereset, itu kenapa bisa seperti itu ya mas?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, saya juga kurang tau masalah ini, pengalaman saya pribadi selama mereset mikrotik, beberapa RB terkadang susah dan lama untuk menenekan tombol resetnya sampai ada yang tidak bisa juga,

      Delete
  2. sya coba hardreset rb 3011..kok boot nya dah hampir 1jam ga nyala"

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh RB3011 ya, saya blm pernah mencobanya nih jadi pengalaman dengan RB3011 nya masih kurang hehehe :D

      Delete