Cara Mereset Routerboard Mikrotik Menggunakan Netinstall

Hai sobat Blues Pedia, di tutorial sebelumnya kita telah membahas 2 cara mereset mikrotik menggunakan teknik Hard Reset dan Soft Reset, untuk melengkapi tutorial sebelumnya kali ini kita akan belajar cara mereset mikrotik menggunakan Net Install. Netinstall merupakan sebuah program yang sering di gunakan untuk mereset Routerboard Mikrotik, biasanya netinstall di gunakan untuk RB yang bandel atau susah untuk di reset.

Menurut saya pribadi Netinstall bisa di gunakan di semua jenis Routerboard (RB), seperti RB450, RB411, RB750, RB951, dan routerboard-routerboard lainya, karena yang membedakannya hanyalah spesifikasi dari routerboard itu sendiri seperti architecture, board dan versi system mikrotik yang di gunakan. Sebelum kita memulai tutorial ini, ada beberapa hal yang harus di persiapkan yaitu :

A. Persiapan Reset Via Netinstall
1. System Operasi Yang Di Gunakan
System operasi yang saya maksud adalah data system mikrotik dari RB yang di gunakan, untuk mendapatkan system operasi ini kita bisa mendownloadnya secara gratis di website resmi mikrotik .com, namun sebelum kita mendownloadnya, kita harus memperhatikan spesifikasi dari Routerboard yang di gunakan, untuk mengetahui spesifikasi dari RB yang di gunakan ada 3 cara, namun di tutorial ini saya tidak akan menjelaskanya, akan saya jelaskan di tutorial selanjutnya.

Dalam tutorial ini saya menggunakan RB dengan spesifikasi V6.39.2 on hAP (mipsbe) :
➥V6.39.2 = Versi mikrotik yang di gunakan
➥hAP = Jenis board yang di gunakan
➥(mipsbe) = Arcitecture yang di gunakan

Lalu bukalah situs mikrotik.com/download dan cocokan spesifikasi RB tersebut dengan system operasi yang akan di download, contohnya seperti ini  :

Keterangan gambar :
Bingkai Biru tua = Architecture yang di gunakan
Bingkai Hijau = Versi mikrotik yang di gunakan
Bingkai Merah = Board yang di gunakan
Bingkai Biru langit = File system yang akan di download
- Pilih versi mikrotik yang current dan main package

di lihat dari gambar tersebut, file system yang harus saya download adalah file yang di beri bingkai biru langit (tanda panah), karena sesuai dengan spesifikasi RB, untuk versinya karena di web mikrotik tidak ada v 6.35.4, maka saya akan download versi terbarunya yaitu v 6.39.2

2. Program Netinstall
Di halaman yang sama, scroll halaman mikrotik ke bawah lalu cari "Netinstall", jika option download / versi netinstall lebih dari satu maka pilihlah versi netinstall yang sama seperti versi system mikrotik yang di download, contohnya disini saya memilih netinstall versi 6.39.2.

3. Routherboard
Tentunya hal ini adalah syarat utamanya, jika tidak ada, apa yang akan di reset ?, siapkan satu buah routerboard yang akan di reset dalam keadaan menyala, di dalam tutorial ini saya menggunakan RB 951Ui-2nD, routerboard yang di lengkapi dengan wireless dan 1 port USB.

4. Komputer / Laptop
Komputer / laptop ini akan kita gunakan untuk menjalankan program netinstall

5. Kabel LAN
kabel LAN di gunakan untuk menghubungkan RB dengan komputer/ laptop.

6. Ballpoint
Balpoint ini akan di gunakan untuk menekan tombol reset yang ada di bagian belakang RB, kalian bisa menggantinya dengan benda lain yang memiliki ujung tumpul / masuk ke lubang reset RB.

B. Step By Step Reset Mikrotik Via Netinstall
Jika semuanya sudah siap, ayo kita mulai tutorialnya :

1. Menghubungkan RB dengan Laptop
Langkah pertama adalah menghubungkan routerboard dengan laptop menggunakan kabel LAN, pasang kabel LAN di port 1 routerboard.

2. Setting IP
Setelah terhubung, ubah konfigurasi IP address laptop kalian menjadi static dan setting IPnya menjadi 192.168.88.x/24, ganti tanda x dengan angka yang kalian inginkan, mulai dari 2 sampai 254. (Ingat JANGAN di isi dengan angka 1, karena 192.168.88.1 adalah IP default mikrotik)

3. Jalankan Netinstall - Net Booting
Langkah ke tiga adalah jalankan netinstall, lalu cari dan klik navigasi Net Booting

4. Isi Data
Ketika kita klik net booting (1) maka otomatis akan muncul tampilan baru seperti gambar di bawah ini :

di tampilan tersebut tandai "Boot Server Enable" (2) dan isi kolom IP address dengan IP 192.168.88.x (3), isi tanda x dengan IP yang di inginkan, tapi jangan sama dengan IP laptop di tahap 2. Contohnya untuk IP laptop saya setting 192.168.88.6 dan untuk IP netinstall saya isi 192.168.88.10. Jika sudah klik OK.

5. Hard Reset Routerboard
Langkah ke lima, tekan dan tahan tombol reset routerboard kurang lebih selama 15 detik,
masih dalam keadaan di tekan, matikan routerboard dan nyalakan kembali,
lalu tahan selama 15 detik lagi atau sampai nama routerboard muncul di kolom routers/drivers.

6. Pilih File System
Klik nama routerboardnya (1) lalu klik navigasi "Browse" (2) dan arahkan ke tempat kalian menyimpan file system.

7. Install
Untuk memulai proses instalasi, tandai file system yang ada di kolom bawah (3) dan tandai option "Keep Old Configuration" (4) jika kita tidak ingin konfigurasi lamanya hilang, jika sudah siap klik "Install" (5)

8. Finish
Tunggu sampai proses selesai, hal itu di tandai dengan status di kolom router/driver berubah menjadi OK. Jika sudah selesai cobalah untuk login.
Video Tutorial Routerboard Mikrotik Menggunakan Netinstall
Durasi : 11:46
By : Youtube
Jangan Lupa klik Subcribe / Langganan ya :D
Itulah tutorial mengenai cara reset mikrotik menggunakan net install, semoga sukses meresetnya dan RBnya bisa berfungsi dengan normal lagi, sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, salam admin Blues Pedia :D.

0 Response to "Cara Mereset Routerboard Mikrotik Menggunakan Netinstall"

Post a Comment