Pembahasan Lengkap 5 Sub Menu View Windows Explorer

Pembahasan : 5 fungsi sub menu View, Menyembunyikan File, Mengubah Tampilan WE, Mengubah Layout, Menambahkan Column, Sortir list WE,

Windows Explorer (WE) merupakan sebuah fitur pada system windows yang berfungsi untuk menjelajah data yang ada pada computer, baik data file system maupun data pribadi pemilik dari computer tersebut. Selain untuk menjelajah di window explorer kita bisa menyimpan, mengedit, menghapus, copy-paste semua jenis data / file, seperti lagu, video, document dan jenis file lainya. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu menu yang ada pada windows Explorer yaitu Menu View.

Dalam sebuah program / aplikasi, menu view di gunakan untuk mengatur tampilan dari aplikasi yang sedang kita gunakan, Fungsi atau navigasi yang ada di menu View pada sebuah program tentunya akan berbeda di setiap program, tergantung dari penggunaan software tersebut. Untuk menu view pada windows explorer ada 5 Menu utama yang bisa kita gunakan untuk mengubah penampilan WE, berikut diantaranya :
Menu View Windows Explorer
A. Panes
Menu yang di gunakan untuk mengatur tampilan dari folder yang sedang di buka atau mengatur panel tambahan pada WE, Panes terbagi menjadi 3 sub menu yaitu :

A1. Navigation Pane
Sub Menu Panes
a. Navigation Pane
Di gunakan untuk menampilkan Navigation Pane, Navigasi yang berada di sebelah kiri WE.
Navigation Pane
b. Expand to Open Folder
Menampilkan isi dari folder yang sedang di buka pada Panes WE secara otomatis dalam bentuk sebuah list, jadi ketika kita membuka sebuah folder, contohnya di sini saya membuka Drive D, maka secara otomatis Folder yang ada drive D akan di tampilkan.
Expand to Open Folder
c. Show All Folder
Menampilkan semua Folder Utama yang ada di system Windows, secara default WE hanya akan menampilkan 4 navigasi saja yaitu Quick Access, One Drive, This PC, dan Network, dengan mengaktifkan fitur ini maka semua Folder utama akan di tampilkan mulai dari Quick Access, Desktop, One Drive, User, This PC, Liblaries, Network, Control Panel dan Recyle Bin.
Show All Folder
d. Show Liblaries
Menampilkan / menambahkan Folder Liblaries pada kolom panes, sehingga akan ada 5 folder dengan urutan Quick Access, One Drive, This PC, Liblaries, dan Network

A2. Preview Pane
Menampilkan isi dari sebuah file, contohnya jika kita klik sebuah file gambar maka pada preview pane akan di tampilkan gambarnya tanpa harus di buka (double klik) terlebih dulu, tapi tidak semua jenis file bisa di tampilkan isinya, hanya file yang tertentu saja atau yang di dukung oleh system windows, contohnya file gambar, web browser, file PDF, dan program Microsoft office (word dan Excel)
Preview Pane
A3. Details Pane
Jika Preview pane menampilkan isi dari sebuah file, maka Details pane menampilkan informasi dari sebuah file. Info yang di tampilkan pun tergantung dari jenis file, contohnya untuk jenis file gambar, informasi yang akan di tampilkan adalah Nama file, Format gambar (PNG/JPG), Waktu pembuatan, Panjang dan lebar gambar, ukuran gambar dan info lainya.
Details Pane
B. Layout
Menu yang digunakan untuk mengatur format tampilan WE, di Menu Layout ada 8 sub menu yang bisa kita pilih :
Sub Menu Layout
  1. Extra Large Icons : Menampilkan icon folder dan file dengan ukuran sangat besar (XL)
  2. Large Icons : Menampilkan icon folder dan file dengan ukuran besar (L)
  3. Medium Icons : Menampilkan icon folder dan file dengan ukuran Menengah (M)
  4. Small Icons : Menampilkan icon folder dan file dengan ukuran kecil (S)
  5. List : Menampilkan icon folder dan file dalam sebuah list
  6. Details : Menampilkan icon folder dan file dalam sebuah list dan di lengkapi dengan informasi dari folder/file tersebut.
  7. Tiles : Menampilkan icon folder dan file seperti keramik lantai yang berjajar dan tersusun rapih dan di lengkapi dengan informasinya.
  8. Content : Menampilkan icon folder dan file seperti layout Details namun dengan ukuran icon yang lebih besar (Medium Icons)

C. Current View
Menu yang di gunakan untuk mengatur daftar file dan folder, Current View memiliki 4 sub menu yaitu :

C1. Sort By
Di gunakan untuk mensortir / mendaftar file / folder berdasarkan option yang di pilih, ada 10 option yang bisa kita gunakan seperti Name (Mengatur daftar berdasarkan nama), Date (Tanggal), Type (tipe file), dan Size (Ukuran)

C2. Group by
Mengelompokan file dan folder kedalam sebuah kelompok berdasarkan option yang di pilih, sama seperti sort by ada 10 option yang bisa di pilih.

C3. Add Columns
Di gunakan untuk menambahkan / mengurangi kolom informasi sebuah file, menu ini bisa kita gunakan jika Layout Windows Explorer pada layout Details. Ada 9 option yang bisa kita tambahkan / kurangi.


C4. Size All Columns to Fit
Sama halnya dengan Add Columns, poin C4 ini bisa di gunakan hanya dalam Layout Details, fungsinya untuk memaksimalkan / menyesuaikan lebar kolom.

D. Show/Hide
Dengan menu ini kita bisa menampilkan atau menyembunyikan file yang di pilih, ada 4 sub menu yang bisa kita gunakan :

D1. Item Check Box
Menambahkan kolom check box di sebelah kiri kolom nama, gunanya ketika kita ingin menandai sebuah file, kita tidak perlu menekan tombol CTRL lagi.

D2. File Name Extensions
Menampilkan extensi dari sebuah file, Extensi adalah format / jenis dari sebuah file contohnya PNG, JPG, ICO extensi untuk gambar, dan FLV, Mp4, 3GP extensi untuk Video

D3. Hidden Items
Jika kita tandai maka file / folder yang di sembunyikan akan di tampilkan. Ciri folder / file yang di sembunyikan adalah iconnya terlihat samar-samar. Folder / file yang di sembunyikan biasanya yang berhubungan dengan system.

D4. Hide Selected Items
Seperti yang saya katakan sebelumnya, Default file yang di sembunyikan adalah file-file system windows, namun kita bisa memilih atau mengatur sendiri file / folder yang akan di sembunyikan. Caranya klik atau tandai folder atau file yang akan di sembunyikan, untuk jumlahnya bebas anda yang menentukan, jika sudah di tandai klik Hide Select Items pada menu View, maka icon file / folder yang tadi ditandai akan berubah menjadi samar-samar.

Jika iconnya sudah berubah menjadi samar-samar, untuk menyembunyikanya hilangkan tanda check list pada Hidden Items, dan keajaiban pun terjadi folder / file pun menghilang.
Untuk mengembalikanya, anda hanya cukup memberi tanda check list pada Hidden Items.

E. Options
Menu yang terakhir ini akan menampilkan pengaturan tambahan yang ada pada windows explorer, untuk pembahasanya tidak di artikel ini, akan saya bahas di artikel selanjutnya. Sebagai gambaran menu ini mengatur fitur search pada windows explorer, cara membuka folder yang berbeda dari biasanya, menghapus data / history windows explorer, dan pengaturan lainya.

Itulah pembahasan kita pada artikel kali ini mengenai menu View pada Windows Explorer, sebagai kesimpulan menu view ini bisa digunakan untuk mengatur tampilan dari windows explorer, seperti mengatur panel / bagian yang ada, mengatur layout windows explorer, mengatur tampilan dari folder dan file yang di tampilkan, serta bisa kita gunakan untuk menyembunyikan dan menampilkan folder / file. Harapan admin semoga artikel ini dapat mambantu anda, sekian dan terimkasih. :D

0 Response to "Pembahasan Lengkap 5 Sub Menu View Windows Explorer"

Post a Comment