Mouse Propterties : Pengaturan Lanjutan Mouse, Moditifikasi Icon Kursor Mouse

Pembahasan : Mengatur Kecepatan gerakan Mouse dan Klik Mouse, Mengganti Icon Kursor Mouse, Membuat Bayangan Kursor Mouse, Mengetahui Letak Kursor.

Di artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai pengaturan dasar pada sebuah mouse dam keyboard, di pengaturan dasar mouse tersebut ada 6 navigasi yang bisa kita gunakan untuk mengatur mouse, seperti mengatur klik utama mouse, mengatur tipe dan kecepatan scroll, dan Touchpad, namun ada satu navigasi yang belum saya bahas di sana yaitu Related Settings.

Related settings adalah sebuah navigasi yang di gunakan untuk menampilkan pengaturan tambahan pada mouse seperti mengganti icon kursor mouse contohnya ketika dalam keadaan normal, membuka aplikasi, mengatur lebar halaman, dan icon kursor lainya, mengatur kecepatan gerakan kursor, tampilan dari kursor dan pengaturan lainya. Semua itu akan saya bahas di sini dan pembahasan pertamanya adalah :

Sebelum kita memulai pembahasanya, pertama tampilkan terlebih dahulu pengaturan dari Mouse Properties, caranya klik start / windows search lalu tuliskan "Mouse", di list hasil pencarian klik Mouse & Touchpad. Pada halaman Mouse & touchpad scroll ke bawah halaman tersebut, lalu klik Additional mouse options sehingga akan muncul kotak dialog seperti ini :

Seperti yang anda lihat pada tampilan Mouse Properties di atas ada 5 tab, pertama :
A. Tab Buttons

A1. Button Configuration
Option ini berfungsi untuk menukar fungsi dari klik kiri dan klik kanan, jika sebelumnya klik utama adalah kiri dan klik ke dua adalah kanan, maka dengan mengaktifkan fitur ini klik utama akan berubah menjadi klik kanan dan klik ke dua akan menjadi klik kiri. Jadi jika kita ingin menjalankan sebuah aplikasi atau membuka folder maka harus menggunakan klik kanan.

A2. Double Click Speed
Mengatur kecepatan waktu double click, waktu yang di maksud adalah waktu yang di butuhkan untuk menjalankan perintah double click sampai perintah tersebut sudah di laksanakan, contohnya waktu yang dibutuhkan untuk membuka sebuah folder di windows explorer sampai isi dari folder tersebut bisa kita lihat. Semakin dekat kita mengarahkan parameter (panah biru) ke arah Fast, maka waktu yang di butuhkan untuk menjalankan perintah double click semakian cepat, begitupun sebaliknya.

A3. Click Lock
Di gunakan untuk mengubah fungsi dari double klik pada proses menandai dan drag sebuah halaman. Jika biasanya untuk drag / menggeser sebuah halaman menggunakan cara klik 2 kali pada bagian atas halaman lalu tahan dan drag ke posisi yang di inginkan, dengan mengaktifkan fitur ini kita hanya perlu klik satu kali dan tahan sebentar pada bagian atas halaman, lalu lepas dan drag halaman tersebut tanpa harus menahan klik utama mouse, jika sudah berpindah maka klik di sembarang tempat untuk menyelesaikan drag halaman.

B. Tab Pointers

B1. Scheme
Scheme merupakan sebuah tema yang di gunakan untuk mengatur tampilan kursor mouse, jika kita menggunakan salah satu scheme yang ada maka icon dari kursor mulai dari Normal Select, Help, Working in background, Busy precision, text select sampai link select akan berubah. Selain scheme yang telah di sediakan, kita bisa membuat scheme sendiri yaitu dengan cara mengatur semua icon kursor lalu menyimpanya.

B2. Customize
Navigasi yang berfungsi untuk mengubah icon dari kursor, di windows ada 15 icon kursor yang berbeda, seperti :
  1. Normal Select : icon yang muncul ketika kursor mouse dalam keadaan normal atau tidak melakukan apa-apa.
  2. Help Select : icon ini akan muncul jika kursor diarahkan pada navigasi bantuan.
  3. Working in Background : akan muncul ketika kita menjalankan sebuah aplikasi.
  4. Busy : jika computer dalam keadaan sibuk, contohnya banyak sekali program yang di gunakan, maka icon ini akan sering muncul Karena computer terlalu sibuk untuk menjalankan sebuah program.
  5. Precision Select
  6. Text Select : icon yang muncul ketika kita sedang menulis / mengetikan sesuatu pada sebuah document, contohnya seperti Ms. Word, Notepad, dan Sticky Notes.
  7. Handwriting
  8. Unavailable
  9. Vertikal Resize : icon yang akan muncul ketika kita mengarahkan kursor mouse ke bagian tepi atas / bawah sebuah halaman.
  10. Horizontal Resize : icon yang akan muncul ketika kita mengarahkan kursor mouse ke bagian tepi kiri / kanan sebuah halaman.
  11. Diagonal Resize 1 : icon yang akan muncul ketika kita mengarahkan kursor mouse ke bagian ujung atas kiri dan ujung bawah kanan sebuah halaman.
  12. Diagonal Resize 2 : icon yang akan muncul ketika kita mengarahkan kursor mouse ke bagian ujung atas kanan / ujung bawah kiri sebuah halaman.
  13. Move : Icon yang akan muncul ketika kita memindahkan sebuah halaman.
  14. Alternate Select
  15. Link Select : Icon yang akan muncul ketika kursor mouse di arahkan ke sebuah kata yang di dalamnya terdapat sebuah link, contohnya pada sebuah halaman website.

B+. Membuat Scheme Baru
Selain scheme yang sudah di sediakan windows, kita bisa membuat scheme sendiri yaitu dengan cara mengatur salah satu atau semua icon kursor, untuk cara mengubah icon kursor :
1. Klik Icon Kursor
Klik Icon kursor yang akan di ganti, contohnya Normal Select

2. Klik Browse
Setelah itu klik Browse, lalu arahkan ke tempat anda menyimpan icon kursor, pilih icon yang di inginkan dan klik open.
3. Preview
Untuk melihat icon anda bisa melihatnya pada kotak di sebelah Scheme, dan jika ingin melihat perubahanya klik Apply.
Jika sudah mengatur icon kursor dan untuk menyimpan perubahanya klik Save As, lalu beri nama untuk scheme yang akan di buat dan klik OK jika sudah.

B3. Enable Pointer shadow
Dengan mengaktifkan fitu ini, maka kursor akan memiliki sebuah bayangan

C. Tab Pointer Options

C1. Motion
Berfungsi untuk mengatur kecepatan gerakan kursor

C2. Snap To
Berfungsi untuk memindahkan kursor secara otomatis ke arah tombol pada dialog box, salah satu contoh dialog box adalah halaman ketika kita ingin menyimpan sebuah file, dengan mengaktifkan fitur ini maka secara otomatis kursor berada tepat di tombol save.

C3. Visibility
  • Display Pointer Trails : Membuat tampilan dari kursor ketika di gerakan terlihat lebih dari satu / membelah diri, lalu ketika diam kursor mouse akan kembali normal.
  • Hide pointer while typing : Menyembunyikan kursor mouse ketika sedang mengetik sebuah document.
  • Show Location of Pointer : menampilkan / memberi tanda dimana posisi kursor berada hanya dengan menekan tombol CTRL pada keyboard.


D. Tab Wheel
Tab yang digunakan untuk mengatur tipe scroll dan kecepatan scrolling.
D1. Vertical Scrolling
Mengatur scroll vertical (atas-bawah), di sini ada 2 yang bisa kita pilih yaitu :
  • The Following Number : Menggulung halaman per garis, dengan menggunakan option ini maka kecepatan menggulung sangatlah lambat, tergantung dari settingan yang telah di tentukan pada kolom yang tersedia.
  • One Screen at a time : Menggulung halaman per halaman, contohnya jika dalah Ms. Word maka proses menggulung d lakukan per page.

D2. Horizontal Scrolling
Mengatur Scroll Horizontal (kanan-kiri)

E. Tab Hardware

Tab hardware adalah tab yang menampilkan informasi mengenai mouse yang sedang di gunakan, seperti driver, nama / jenis mouse, dan port yang di gunakan. Karena saya menggunakan 2 mouse, maka seperti yang anda lihat ada 2 daftar :
  • ELAN pointing Device : Mouse bawaan dari laptop yang sedang saya gunakan dan terhubung melalui port PS/2
  • HID-Compliant mouse : Mouse pihak ketiga / bukan bawaan dari laptop, yang terhubung melalui port USB

F. Tab ELAN

Mungkin tab ini tidak aka nada pada computer yang sedang anda gunakan / berbeda dengan apa yang di tampilkan di sini, tab ini hanya menampilkan informasi detail dari mouse bawaan laptop saya yaitu ELAN pointing device

Itulah pembahasan kita kali ini mengenai menu related settings, menu yang di gunakan untuk mengatur tampilan dari kursor mouse. Setelah artikel ini aka nada artikel menarik lainya yang di bahas secara detail, jadi terus kunjung catatan windows atau Blues Pedia artikel dengan tema yang berbeda. Jangan lupa untuk SHARE semua artikel yang sedang kalian baca, karena jika anda share artikelnya, secara tidak langsung anda berpartisipasi untuk mengembangkan blog ini dan menjadi penyemangat bagi admin untuk terus menulis artikel yang lengkap dan menarik.
Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, :D

0 Response to "Mouse Propterties : Pengaturan Lanjutan Mouse, Moditifikasi Icon Kursor Mouse"

Post a Comment