Mengenal Visual Basic

Apa Itu Visual Basic ?
Visual Basic adalah sebuah aplikasi / program untuk membuat sebuah program, baik program sederhana sampai program yang sangat canggih, salah satu program visual basic adalah Program Billing dan program input data. Visual Basic dibangun dari ide / gagasan untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya (simple scripting language) untuk graphic user interface yang dikembangkan dalam sistem operasi Microsoft Windows. 

Dasar pembuatan dalam visual basic adalah form, yang dapat di atur dan dijalankan dengan script yang mudah, sehingga dalam penggunaanya sangatlah mudah. Selain itu visual basic dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di Windows dengan komponen ActiveX Control, dan juga visual basic khususnya Versi 6.0 memiliki kemampuan untuk pemrograman internet dengan DHTML (Dynamic HyperText Mark Language), dan beberapa penambahan fitur database dan multimedia yang semakin baik.

Halaman Utama Visual Basic
Sama seperti aplikasi lainya, visual basic memiliki beberapa menu, dan sub menu, yang di lengkapi dengan icon icon menu yang sudah kita kenal, berikut gambaran Halaman Utama / Kerja Visual Basic 6.0 :

Berikut penjelasan dari masing masing fitur yang ada di Visual Basic :
  1. Menu, Seperti aplikasi lainya visual basic pun mempunyai sebuah menu untuk mendukung kinerjanya, seperti membuka project, menyimpan project, dan membuat project baru.
  2. Toolbar adalah sub / anak dari menu
  3. Toolbox adalah sebuah deretan / daftar komponen yang di pakai untuk membuat sebuah program, daftar toolbox pada gambar adalah toolbox default / yang umum di gunakan.
  4. Form adalah sebuah tempat untuk meletakan komponen - komponen yang ada pada Toolbox
  5. Project Explorer adalah sebuah daftar atau list form yang aktif dari project yang sedang di kerjakan
  6. Properties adalah sebuah daftar property yang dapat digunakan untuk mengatur form maupun komponen.
  7. Sub Properties adalah sebuah penjelasan dari setiap properti yang ada.
  8. Form Layout adalah gambaran luas form yang sedang digunakan terhadap luas layar monitor.

Konsep Dasar Pemrogaman Visual Basic
Konsep dasar pemrograman Visual Basic 6.0, adalah pembuatan form dengan mengikuti aturan pemrograman Property, Metode dan Event. Berikut Penjelasanya :

1. Property
Setiap komponen di dalam pemrograman Visual Basic dapat diatur propertinya sesuai dengan kebutuhan. Property yang tidak boleh dilupakan pada setiap komponen adalah "Name", yang berarti nama variabel (komponen) yang akan digunakan dalam scripting. Properti "Name" ini hanya bisa diatur melalui jendela Property, sedangkan nilai peroperti yang lain bisa diatur melalui script seperti : 
Command1.Caption=”Play”
Text1.Text=”Blues Pedia”
Label1.Visible=False
Timer1.Enable=True

Property "Name" ini bisa di ibaratkan sebagai No identitas seperti no KTP, dimana komponen yang satu dengan yang lainya tidak boleh sama.

2. Metode
Bahwa jalannya program dapat diatur sesuai aplikasi dengan menggunakan metode pemrograman yang diatur sebagai aksi dari setiap komponen. Metode inilah tempat untuk mengekpresikan logika pemrograman dari pembuatan suatu program aplikasi.

3. Event
Setiap komponen dapat beraksi melalui event, seperti event click pada command button yang tertulis dalam layar script Command1_Click, atau event Mouse Down pada picture yang tertulis dengan Picture1_MouseDown. Pengaturan event dalam setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang dibuat.


Sekian penjelasan mengenai Visual Basic, untuk penjelasan dan tutorial berikutnya saya akan menjelaskan mengenai Cara Membuat Project Baru

Terimakasih, telah berkunjung


0 Response to "Mengenal Visual Basic"

Post a Comment