Memulai Visual Basic / Membuat Project

Hai sobat Blues Pedia, Di tutorial sebelumnya kita telah berkenalan dengan visual basic, sehingga anda sudah mengetahui mengenai visual basic, untuk tutorial kali ini saya akan menjelaskan mengenai Cara Membuat Project Baru Di Visual Basic khususnya VB 6.0, untuk membuat sebuah project tentunya kita harus membuka / menjalankan programnya terlebih dulu, untuk menjalankan programnya :

Pertama kita bisa langsung klik Icon Visual Basic di Desktop
Jika tidak ada, cara kedua adalah klik menu start lalu tuliskan "Visual Basic", maka otomatis icon VB akan muncul atau klik All Programs lalu cari folder Visual Basic dan klik icon VB.


Setelah itu akan muncul sebuah jendela yang berisikan jenis jenis project yang bisa anda buat, seperti Standar EXE, Active EXE, ActiveX DLL, ActiveX Control, untuk detailnya bisa anda lihat di gambar berikut :


Visual Basic 6.0 memiliki 13 jenis project yang bisa di buat, namun tidak akan saya jelaskan semuanya, saya akan menjelaskan jenis project yang sering di gunakan saja, berikut diantaranya :
  1. Standard EXE: Project standar dalam Visual Basic dengan komponen-komponen standar. Jenis project ini sangat sederhana, tetapi memiliki keunggulan bahwa semua komponennya dapat diakui oleh semua unit komputer dan semua user meskipun bukan administrator.
  2. ActiveX EXE: Project ini adalah project ActiveX berisi komponen-komponen kemampuan intuk berinteraksi dengan semua aplikasi di sistem operasi windows.
  3. ActiveX DLL: Project ini menghasilkan sebuah aplikasi library yang selanjutnya dapat digunakan oleh semua aplikasi di sistem operasi windows.
  4. ActiveX Control: Project ini menghasilkan komponen-komponen baru untuk aplikasi Visual Basic yang lain
  5. VB Application Wizard: Project ini memandu pengguna untuk membuat aplikasi secara mudah tanpa harus pusing-pusing dengan perintah-perintah pemrograman.
  6. Addin: Project seperti Standard EXE tetapi dengan berbagai macam komponen tambahan yang memungkinkan kebebasan kreasi dari pengguna.
  7. Data project: Project ini melengkapi komponennya dengan komponen-komponen database. Sehingga bisa dikatakan project ini memang disediakan untuk keperluan pembuatan aplikasi database.
  8. DHTML Application: Project ini digunakan untuk membuat aplikasi internet pada sisi client (client side) dengan fungsi-fungsi DHTML.
  9. IIS Application: Project ini menghasilkan apliaksi internet pada sisi server (server side) dengan komponen-komponen CGI (Common Gateway Interface).
Karena umumnya dan di tutorial ini menggunakan Standar, maka pilih project Standard EXE.
Dan Kini Project siap untuk di buat, dalam visual basic, jendela / form kerja terbagi menjadi 2 yaitu satu untuk melihat object / componen yang saya namakan Form Object, dan satu lagi sebagai tempat untuk menuliskan script yang saya namai Form Code.

Untuk membuka / melihat Form Code, double klik pada Form Object maka akan muncul sebuah jendela tersembunyi (Hidden Windows), atau anda bisa juga klik icon di Project Explorer, seperti ini :

Ket Gambar :
Icon dengan Bingkai Warna Merah, adalah icon untuk melihat Form Object dan
Icon dengan Bingkai Warna Biru, adalah icon untuk melihat Form Code.

atau anda bisa juga membuat project baru jika anda sudah membuka Visual Basic dan ingin membuat Project baru, klik menu File > New Project

Sekian tutorial kali ini mengenai Cara Membuka Visual Basic dan Membuat Project,
untuk tutorial selanjutnya kita akan mulai untuk membuat program dan bermain script,

Terimakasih telah berkunjung


0 Response to "Memulai Visual Basic / Membuat Project"

Post a Comment