Cara Update / Upgrade Firmware Mikrotik Router OS Manual

Pada tutorial kali ini, Blues Pedia akan membahas tentang cara mengupdate / upgrade system mikrotik secara manual dengan cara mendownload file system operasi nya di situs resmi mikrotik. Untuk perangkat yang admin gunakan pada tutorial ini adalah mikrotik SXT Lite r2 5nD, salah satu jenis produk outdoor mikrotik yang di gunakan untuk nembak jaringan seperti PTP atau PTMP. 
Yuk Follow
Follow akun instagram Blues Pedia ya : https://www.instagram.com/blues.pedia/
Sedikit cerita mengenai latar belakang pembuatan tutorial ini hehehe, Jadi waktu itu dikantor tempat admin bekerja sedang gencar-gencarnya melakukan pemasangan jaringan internet dan kekurangan perangkat outdoor, yang ada hanya perangkat bekas pemasangan sebelumnya yang sudah lama tidak di gunakan tapi masih bagus dan berjalan dengan normal, karena keterbatasan alat akhirnya admin menggunakan perangkat tersebut dan mengupdate sistemnya sebelum di gunakan agar lebih josss dan bisa digunakan dengan baik.

Rata-rata untuk cara update / upgrade sistem pada perangkat mikrotik caranya sama saja meskipun berbeda tipe, jadi jangan terpaku dengan perangkat yang admin gunakan di tutorial ini ya, tutorial ini bisa di lakukan di perangkat mikrotik lainya, seperti RB750 atau RB951. Baiklah kita mulai pembahasannya :
Catatan PENTING :
Ada baiknya sebelum kalian mengupgrade sistem mikrotik, BACKUP terlebih dulu konfigurasinya untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan seperti konfigurasi yang hilang atau malah ke reset konfigurasinya. karena ada beberapa kasus seperti itu.
1. Cek Spesifikasi / Resource Mikrotik | Blues-Pedia.com
Untuk mengecek spesifikasi / resource mikrotik, kalian bisa mengeceknya di menu system > Resource, sehingga akan muncul tampilan seperti ini :


Dari sekian banyak informasi yang di tampilkan, yang harus kalian perhatikan adalah bagian Architecture Name dan Version nya saja, dimana Architecture Name ini akan menentukan file yang akan di download nanti. Seperti yang kalian lihat Architecture Name untuk SXT adalah Mipsbe.

2. Download File System | Blues-Pedia.com
Jika kalian sudah tahu Architecture Name nya, langkah selanjutnya adalah download file sistemnya di situs resmi mikrotik yaitu https://mikrotik.com/download
  • Di halaman download mikrotik, carilah di sebelah kiri nama architecture dari perangkat yang kalian gunakan, contohnya disini adalah MIPSBE, 
  • Diantara Main package dan Extra Package mana yang harus di pilih ?, itu tergantung kebutuhkan kalian, jika yang kalian butuhkan hanya fitur-fitur standar mikrotik pilih main package, tapi jika kalian membutuhkan fitur tambahan seperti fitur user manager, maka pilih extra package.
  • Setelah itu download lah salah satu file yang di antara versi long term, stable, testing, dan development, namun disini admin menyarankan pilih salah satu diantara long-term dan stable saja, karena dua versi ini bisa di katakan sudah fix bisa di gunakan, tidak dalam masa percobaan (testing) atau pengembangan (development).
  • Disini admin akan mendownload file sistem Mipsbe main package dengan bersi stable.
3. Upload File Sistem | Blues-Pedia.com
Setelah selesai mendownload, kembali winbox mikrotik klik menu Files lalu klik Upload

Lalu arahkan ke tempat kalian menyimpan file sistem yang telah di download, jika sudah klik Open

Tunggu sampai proses upload selesai, estimasi waktunya tergantung besar file yang di upload

Jika sudah selesai reboot perangkat.


4. Hasilnya | Blues-Pedia.com
Login kembali ke mikrotik, lalu cek hasilnya di menu IP > Resource

Pastikan informasi yang ada pada kolom version berubah ya atau sama dengan version yang di download pada tahap ke 2.

Bagaimana mudah bukan Cara Update / Upgrade Sistem Mikrotik Secara Manual ?, semoga kalian semua paham dengan pembahasan tutorial ini ya, selain cara manual ada juga cara lain yang lebih praktis untuk mengupdate / upgrade sistem mikrotik secara otomatis, dengan cara ini kalian tidak perlu memilih atau mendownload file sistem dan menguploadnya kembali ke mikrotik, bagaimana caranya ? pembahasanya ada di artikel selanjutnya ya :D. Baiklah cukup sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat, terimakasih, salam Admin Blues Pedia.
(Kode Artikel : BPM00006)

0 Response to "Cara Update / Upgrade Firmware Mikrotik Router OS Manual"

Post a Comment