Pengenalan Dasar Router Mikrotik - Pengertian dan Fitur Mikrotik #0001

Bagi seorang yang sudah terjun lama atau mendalami dunia IT khususnya jaringan komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah "Mikrotik" ini, namun bagi kalian yang baru belajar dunia jaringan komputer pasti istilah ini terasa asing di telinga kalian sehingga muncul beberapa pertanyaan seperti Apa itu Mikrotik ?, Fungsinya untuk apa ?, Cara Mendapatkanya bagaiman, cara menggunakan / konfigurasinya seperti apa ? dan pertanyaan-pertanyaan lainya. Namun sebelum saya bahas apa itu mikrotik, kita bahas dulu secara singkat apa itu router.

Pengertian : Apa Itu Router ? | Blues Pedia
Menurut pendapat saya sendiri, Router merupakan sebuah alat yang di gunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer, selain menghubungkan router juga bisa digunakan untuk mengatur lalu-lintas jaringan, memilihkan jalan dan mengirimkan paket data melalui jaringan internet ke tujuanya (bisa server atau router lain) sesuai perintah user, mungkin bisa di ibaratkan router itu seperti polisi, yang mengatur lalu-lintas, mengatur kendaraan agar lalu-lintas di daerah tersebut lancar, memberikan arahan atau informasi mengenai alamat tujuan yang akan di tuju pengendara, misal seperti arahnya kemana, patokanya apa, jalan alternatif, rest area dan hal lainya.

Pengertian : Apa Itu Mikrotik ? | Blues Pedia
Mikrotik merupakan sebuah router yang paling banyak digunakan untuk mengatur lalu lintas jaringan lokal (LAN) dan menghubungkannya dengan jaringan internet, hal itu karena mikrotik memiliki fitur yang sangat lengkap, mudah di konfigurasi, tidak hanya melalui CLI (layar hitam putih) konfigurasinya bisa melalui GUI tinggal klik dan input saja, selain itu harganya pun relatif murah kita bisa membeli perangkat ini mulai dari harga 300.000 saja, bahkan yang gratis pun ada, tapi hanya versi OS dengan masa trial yang sebentar saja dan saya rasa cukuplah kalo hanya untuk belajar.

Apa saja fungsi dari router mikrotik ini ? | Blues Pedia
Untuk apa sih mikrotik ?, banyak sekali hal yang bisa dilakukan router mikrotik, mulai dari hal yang paling dasar sampai hal yang paling rumit sekalipun, berikut adalah beberapa fungsi atau hal yang bisa di lakukan router mikrotik :

1. Gateway Internet LAN | Blues Pedia
Fungsi yang pertama ini adalah fungsi yang paling banyak digunakan, dimana mikrotik digunakan sebagai gateway Internet atau bisa di ibaratkan sebagai jembatan antara jaringan lokal (LAN) dan jaringan internet sehingga router mikrotik akan mengatur lalu-lintas data yang masuk dan keluar jaringan LAN. Jaringan lokal (LAN) adalah sebuah jaringan yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang saling terhubung dengan jangkauan jaringan yang kecil (biasanya digunakan di dalam 1 gedung). Komputer-komputer yang ada di dalam jaringan ini hanya bisa berkomunikasi atau bertukar data dengan komputer yang terhubung saja tidak bisa terhubung dengan internet.

Router mikrotik bisa digunakan untuk memfilter paket data atau akses internet apa saya yang di izinkan dan apa saja yang di larang, seperti memblokir situs dan download file tertentu dan pemblokiran pun bisa di atur kapan situs bisa di akses dan kapan situs tidak bisa di akses. Selain itu router mikrotik bisa kita gunakan untuk membagi bandwidth internet yang akan di gunakan user melalui fitur simple queue dan Queue Tree.

2. Wireless / Wifi | Blues Pedia
Dari sekian banyak jenis Router Mikrotik, ada beberapa router yang di lengkapi dengan interfaces wireless, sehingga bisa kita gunakan sebagai access point, repeater, station dan hal lainya yang berhubungan dengan Wireless atau Wifi, sehingga jika ingin membuat sebuah access point atau hotspot di sebuah tempat, kita hanya perlu 1 buah alat saja tidak perlu menggunakan access point tambahan, atau bisa juga membuat jaringan yang lebih besar yaitu RT/RW Net (jaringan wireless yang jangkauanya bisa sampai 1 kampung / desa).

3. Menghubungkan Jaringan yang Berbeda (Routing) | Blues Pedia
Fungsi yang ketiga ini adalah fungsi utama dari sebuah router yaitu menghubungkan beberapa jaringan dan menentukan jalur perjalanan terbaik untuk paket data yang menuju komputer tujuan, sebagai contohnya perhatikan gambar berikut :
Ketika PC 5 ingin mengirimkan sebuah paket data ke PC 8 misal copy file sharing, maka router 4 akan menentukan jalur mana yang akan di lewati pake data tersebut, apakah melalui jalur atas (Wireless Router Mikrotik > Router 1 > PC 8) atau melalui jalur bawah (Router 3 > Router 2 > Router 1 > PC 8).
Jika kedua jalur tersebut dalam keadaan normal / tidak begitu sibuk, maka router akan mengarahkan paket data ke jalur atas karena jalurnya yang pendek hanya melewati 2 router, sedangkan jika melalui jalur bawah, paket data akan melewati jalur yang lebih panjang dari jalur atas, harus melalui 3 router sebelum ke komputer tujuan (PC 8).

4. Fitur lain | Blues Pedia
Selain ketiga fungsi yang telah di sebutkan di atas, banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengan mikrotik, misalnya seperti
Asynchronous        SDSLCaching DNS client
BridgeSimple tunnels,Firewall dan NAT,
DHCPSNMPMonitoring/Accounting
Hotspot,SynchronousPoint-to-Point tunneling protocols,
IPsec,ToolsRouting - Static routing, Data Rate Management,
ISDNUniversal Client        VPN Server,
M3PUPnPVRRP
MNDPUser Manager,Web proxy
NTPVirtual LAN

Untuk fungsi lainya sambil berjalan saja ya, ikuti terus postingan-postingan Blues Pedia agar tak ketinggalan artikel jaringan komputer nya ya. Mungkin cukup sampai di sini saja pembahasan kita kali ini mengenai Pengenalan Dasar Router Mikrotik - Pengertian dan Fungsinya, terimakasih.

1 Response to "Pengenalan Dasar Router Mikrotik - Pengertian dan Fitur Mikrotik #0001"

  1. Terimakasih artikel2nya sangat membantu mas Bro. Sukses selalu.
    Saya punya RB 433 namun utk mini Pcnya (utk. Wifi) hanya bisa 15 meter sdh hilang, mungkin punya pengalaman bisa shareing... tks. Sukses dan berkarya terus.

    ReplyDelete