Pengalaman | Cara Memperbaiki Layar Sering Bekedip Ketika Di Gunakan

Pernahkah anda mengalami monitor sering berkedip ketika menjalankan sebuah program yang berat seperti halnya saya ketika membuka program Adobe Photoshop, V-Mware & Google Crome. Setiap kali saya membuka program tersebut khususnya google crome, membuka website yang bergambar / memiliki grafik yang tinggi seperti google maps, google image, youtube, facebook, dan web whatsapp, komputer tiba-tiba hang hanya mouse saja yang bisa di gerakan, setelah itu monitor pun mati dan menyala kembali (berkedip), setelah monitor berkedip muncul sebuah notifikasi dan hal ini akan terus terjadi jika program tersebut tidak di close.

Setelah mencari solusi kesana-kemari, bertanya ke teman, share masalah ke group teknisi komputer di facebook, sampai di bawa ke tukang service, akhirnya masalah ini selesai dan komputer pun normal kembali, berikut hal-hal yang saya lakukan untuk mengatasi monitor yang sering berkedip :

1. Bersihkan Semua Komponen Komputer
Entah inspirasi dari mana, saya mencoba untuk membersihkan semua komponen komputer yang kebetulan memang sudah kotor dan berdebu, wajarlah sudah 2 tahun lebih tidak pernah di bersihkan.
yang utama yang saya bersihkan adalah RAM, VGA dan slotnya.

2. Cabut RAM
Ketika membersihkan komputer, saya mencoba untuk mencabut salah satu RAMnya karena saya menggunakan 2 RAM DDR 3 8 GB, sehingga hanya menggunakan 1 RAM saja (4 GB), dan hasilnya pun sangat memuaskan komputer bisa berjalan normal kembali, dan saya menyimpulkan RAM yang yang menjadi penyebabnya.

3. Share Di Group Teknisi Komputer (FB)
Namun hal itu tidak bertahan lama, monitor pun berkedip kembali, lantas saya share masalah ini ke salah satu group facebook yaitu Teknisi Komputer Indonesia, dari sekian banyak komentar dan saran yang di berikan, rata-rata member menyarankan untuk cek driver VGA yang di gunakan, apakah kompatibel dengan spek komputer, update atau tidak dan coba untuk Uninstall dan Install Driver VGA.

4. Cek Driver VGA
Berbekal saran dari member group akhirnya saya mengecek driver VGA yang di gunakan, hasilnya driver VGA yang saya gunakan sudah cocok dengan speksifikasi komputer dan sudah update. 
Setelah itu saya mencoba untuk uninstall driver VGA, untuk cara uninstallnya saya lakukan di Device Manager dan restart komputer.
Setelah proses uninstall driver selesai, langkah selanjutnya saya install kembali drivernya menggunakan data yang ada pada CD driver komputer dan merestart kembali komputer.

5. Bawa Ke Tempat Service
Akhirnya saya menyerah dan membawa komputer yang saya gunakan ke tempat service langganan, letaknya ada di Mall Jambu 2 Bogor Lantai 1 namanya Best Computer. Sekitar jam 5 sore setelah pulang kerja saya berangkat ke Jambu, sesampainya di sana saya menceritakan semua masalahnya.
Hal pertama yang di lakukan adalah membersihkan kembali semua komponen komputer oleh teksnisi, setelah itu mencoba untuk menjalankanya dan anehnya komputer bisa berjalan dengan normal, tidak berkedip sama sekali.
Untuk memastikan komputernya tidak mengalami masalah saya diamkan dalam keadaan hidup di toko atau tidak langsung di bawa pulang, sampai saya mengambilnya kembali keesokan harinya.
Hari pun berlalu, saya mengambil komputer sekitar jam 2 sore, itupun saya lakukan di jam kerja karena pekerjaan saya mobile / sering keluar. Sesampainya di kantor saya coba untuk menjalankanya dan entah kenapa hasilnya masih sama, monitor masih berkedip.

6. Ganti RAM
Entah apa lagi yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal ini dan pada akhirnya dengan rasa penasaran yang tinggi dan belajar dari pengalaman (poin ke 2 cabut RAM) saya coba untuk mengganti RAM, karena komputer kantor yang saya gunakan sama dengan karyawan lainya, saya mencari komputer yang memiliki RAM 8 GB, setelah menemukanya lantas saya pasang RAM tersebut di komputer, hasilnya rasa penasaran saya terbayar, komputer berjalan normal kembali dan sampai sekarang tidak pernah berkedip lagi.

Itulah pengalaman saya untuk mengatasi monitor yang sering berkedip, kesimpulanya RAMlah yang menjadi masalah utamanya, bagi anda yang mengalaminya juga cobalah untuk membersihkan RAM terlebih dulu, dengan cara membersihkan kaki RAMnya menggunakan penghapus, jika tidak berhasil cobalah untuk mengganti RAMnya. Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk semua orang khususnya para pembaca Blues Pedia, sekian artikel kali ini :D

0 Response to "Pengalaman | Cara Memperbaiki Layar Sering Bekedip Ketika Di Gunakan"

Post a Comment