Mudahnya Membuat Jadwal Shutdown Otomatis Di Mikrotik

Hanya dengan 2 buah script, kita bisa menjadwalkan kapan mikrotik harus shutdown secara otomatis, sehingga kita tidak perlu shutdown mikrotik secar manual lagi.

Pada tutorial kali ini kita akan belajar cara shutdown mikrotik secara otomatis menggunakan fitur script dan schedule, di pembahasan sebelumnya saya telah membuat tutorial mengenai penggunaan fitur script dan schedule ini untuk membuat jadwal pemblokiran situs, dimana situs di blok hanya pada saat jam kerja saja, di luar jam kerja seperti istirahat, hari libur, sebelum dan sesudah kerja situs bisa bebas di akses user.
Lihat videonya juga ya, Kualitas HD By Youtube :
Video Membuat Jadwal Shutdown Otomatis Di Mikrotik
Shutdown mikrotik memang perlu kita lakukan karena mikrotik pun butuh istirahat, agar kinerjanya bisa maksimal, layaknya kita sebagai manusia yang jika kerja 24 jam tanpa tidur satu menit pun, pasti akan menganggu keseharian kita. Namun di tempat saya kerja mikrotik di pake 24 jam, karena selain digunakan untuk keperluan kantor, fasilitas internet di gunakan juga untuk keperluan rumah bos, sehingga mau tidak mau mikrotik harus stand by 24 jam. 

Karena hal itulah mikrotik yang saya gunakan di setting shutdown pada jam 9 malam setiap hari, dimana saya beranggapan tidak ada yang menggunakan internet seorang pun dan dinyalakan kembali ketika saya sampai di tempat kerja, untuk konfigurasinya pun sangatlah mudah dan script yang di gunakan pun sangatlah singkat dan sederhana, baiklah berikut tutorialnya :

A. Persiapan
Sebelum anda memulai tutorial ini, pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut :
  • Waktu pada mikrotik sudah sesuai dengan waktu yang sebenarnya
  • Karena mikrotik tidak mempunyai komponen yang bisa menyimpan settingan waktu sehingga waktu pada mikrotik bisa berubah-ubah, maka konfigurasi NTP terlebih dahulu
  • Pastikan pada saat mikrotik shutdown, mikrotik tidak sedang di gunakan, karena jika sedang di gunakan, anda tanggung sendiri akibatnya, ya minimal dapat ucapan manis dari user hehehehe :D
B. Membuat Script Shutdown Mikrotik
1. Menampilkan Halaman Konfigurasi Script
di tampilan utama mikrotik winbox klik menu System > Script > lalu klik tanda +, untuk menambahkan script

2. Script Shutdown Mikrotik
Lalu isi name dengan nama script yang akan di buat (Bebas), dan pada kolom source tuliskan script berikut :
/system shutdown

C. Membuat jadwal shutdown
Setelah anda membuat script untuk shutdown mikrotik, langkah selanjutnya membuat jadwal untuk menjalankan script menggunakan fitur schedule, caranya :

1. Menampilkan Halaman Schedule
Klik menu system > scheduler > Klik tanda + untuk menambahkan

2. Isi data yang di perlukan
Isilah data-data yang di minta sesuai keinginan dan kebutuhan anda :

  • Name : nama untuk schedule (Bebas)
  • Start Date : Tanggal schedule akan di jalankan
  • Start Time : Waktu schedule akan di jalankan, dengan format Jam : Menit : Detik
  • Interval : Pengulangan
  • On Event : nama script untuk mengaktifkan konfigurasi
Maksud dari konfigurasi pada gambar :
Script "4-Shutdown Mikrotik" yang ada pada jadwal "6-Shutdown Mikrotik" akan mulai di jalankan pada tanggal 2 Februari 2017 dan pada jam 21:00 (9 malam) dengan pengulangan setiap hari sekali. (1d sama dengan satu hari)
Catatan :
Aturlah tanggal dan waktu untuk menjalankan shutdown otomatis sesuai kebutuhan anda, misalkan mikrotik di tempat anda tidak di gunakan mulai dari pulang jam kantor (jam lima sore), anda bisa setting start timenya menjadi 17:00:00.
Sampai disini konfigurasi untuk shutdown otomatis sudah selesai, namun seperti yang saya katakan sebelumnya, mikrotik di kantor saya di gunakan untuk keperluan keluarga bos, jika pada hari terakhir saya kerja (sabtu) mikrotik di shutdown, maka siapa yang akan menyalakanya pada hari minggu ? karena saya tidak pergi ke kantor /libur, masa saya harus menyuruh bos / anggota keluarga bos untuk menyalakan mikrotik, kan tidak mungkin ?

Maka dari itu saya tambahkan script & schedule lainya, agar mikrotik tetap menyala sampai hari senin, berikut script tambahananya :

D. Membuat Script Mikrotik Tetap Menyala
1. Membuat Script
Klik menu System > Script > Klik +, lalu isi name sesuai keinginan anda dan Source :
/system scheduler disable 6
Maksud dari script di atas adalah menonaktifkan schedule yang telah di buat sebelumnya dengan perintah disable, sedangkan 6 adalah posisi dari schedule itu sendiri.

2. Mengetahui Posisi Schedule
Untuk mengetahui posisi dari schedule, klik menu New Terminal dan tuliskan script :
# system scheduler print

Pada gambar di atas perhatikanlah angka yang ada di kolom # atau sebelum nama schedule, angka tersebut adalah posisi dari schedule

E. Membuat Jadwal Mikrotik Tetap Menyala
Seperti biasa klik menu system > Schedule > +, lalu isi datanya ya
Yang perlu di perhatikan di sini adalah start date, start time dan interval, 
Setting start date dengan hari anda terakhir kerja, misal hari sabtu maka setting start date dengan 4 Februari 2017
 Setting Start time harus sebelum jam mikrotik di shutdown, minimal satu menit lah,
misalkan jika mikrotik di shutdown pada jam 9 malam, maka setting start time pada jam 5 sore
 Untuk interval setting 7 hari, agar script dan schedule yang ke dua ini hanya berjalan pada hari sabtu saja.
 Isi On - Event dengan nama script yang telah di buat sebelumnya (Poin D1)

F. Monitoring
Untuk mengecek berhasil atau tidak, caranya sangatlah mudah, ceklah selalu mikrotik ketika anda sampai di tempat kerja, jika mikrotik dalam keadaan mati maka konfigurasi berhasil.
Bagaimana mudah bukan cara membuatnya ?, jika anda masih bingung dengan konfigurasinya silahkan lihat videonya, dan jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tulis di kolom komentar atau hubungi saya langsung, kontaknya bisa kalian lihat di bagian paling kiri bawah di halaman ini. Sekian dan terimakasih

0 Response to "Mudahnya Membuat Jadwal Shutdown Otomatis Di Mikrotik"

Post a Comment