Personalization : Mengatur Background Desktop, Warna Latar, Screensaver. Lock Screen

Pembahasan : Background Desktop, Slideshow, Background Lock Screen, Modifitikasi Start Menu Setting Screensaver, Ganti Theme Desktop, 

Pada bab sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai cara menyalakan computer, login windows, dan fitur-fitur yang ada pada Desktop seperti bagian bagian dari Start menu dan cara merubah ukuranya, Task bar, Action Center, Task View, dan hal lainya. Di sini kita akan membahas lebih dalam mengenai desktop lebih tepatnya menu Personalization. 

Sebagai langkah awal pertama kita akan menampilkan halaman Personalization, sebuah halaman yang berfungsi untuk mengatur tampilan desktop dan start menu. Cara untuk menampilkanya sangatlah mudah klik kanan pada bagian kosong di desktop, maka akan muncul sebuah menu seperti ini :

Di antara menu tersebut klik menu yang ada di bagian bawah yaitu Personalize, jika sudah maka halaman personalization akan terbuka, di halaman ini akan ada 5 menu utama yaitu Background, Colors, Lock Screen, Themes, dan Start.

A. Background
Menu background yang pertama ini berfungsi untuk mengganti latar belakang dari halaman desktop, di dalam menu background terdapat 2 sub menu utama yaitu Preview dan Background.
A1. Preview
Berfungsi untuk menampilkan perubahan secara langsung, jadi jika kita mengganti background dengan sebuah gambar / warna, maka secara otomatis perubahan tersebut bisa kita lihat di preview.

A2. Background
Navigasi yang berfungsi untuk memilih tipe background, adapun tipe yang tersedia :
A2a. Picture
Mengganti Background dengan sebuah gambar, untuk memilih gambar anda bisa memilih gambar yang tersedia di kolom Choose your Picture atau dengan gambar lainya, caranya klik navigasi Browse, lalu arahkan ke tempat / folder anda menyimpan file gambar, Jika sudah klik gambar yang di pilih lalu klik Choose Picture.
Untuk menyesuaikan ukuran gambar dengan layar desktop, anda bisa mengaturnya pada Drop-down Choose a fit, di sana akan ada 5 pilihan penyesuain mulai dari Fill, Fit, Stretch, Tile, Center dan Span.

A2b. Solid Color
Mengganti background dengan warna, jika anda tidak suka dengan background bergambar, anda bisa menggunakan option ini, pilihan warna yang di sediakan pun beragam seperti yang anda lihat ada 24 warna.
A2c. Slide Show
Bagi anda yang merasa jenuh dengan background yang itu-itu aja dan anda menginginkan background desktop bisa berubah dengan sendiri pilihlah Silde Show.
Untuk memilih gambar yang akan di tampilkan, klik Browse lalu arahkan ke tempat anda menyimpan file gambar, klik Foldernya lalu pilih Choose this folder. Jika sudah memilih gambar aturlah waktu / interval slide show mulai dari 1 menit, 10 menit, 30 menit, 1 jam,  6 jam dan 1 hari, sebagai contoh jika memilih 1 menit, maka background akan berganti gambar setiap satu menit sekali dan sesuaikan ukuran gambar dengan layar desktop pada drop-down choose a fit.

B. Colors
Menu yang berfungsi untuk mengatur warna dari start menu, task bar dan action center, di menu colors ada 3 navigasi yang bisa anda ubah, berikut penjelasanya :
B1. Automatically pick an accent color from my background
(On) mengubah warna berdasarkan warna dari background secara otomatis, jadi jika background anda berwarna biru maka warna (contohnya) taskbar akan berwarna biru.
(Off) jika tidak ingin otomatis, pilih saja Off dan sesuaikan warnanya sesuai keinginan anda.

B2. Show color on start, taskbar, and action center
(On) menampilkan / mengaplikasikan perubahan warna yang telah di lakukan pada poin ke 1.
(Off) tidak mengaplikasikan perubahan warna.

B3. Make start taskbar, and action center transparent
(On) membuat latar warna dari start menu, task bar, dan action center transparan

C. Lock Screen
Lock screen adalah sebuah tampilan yang akan muncul apabila tidak ada aktifitas di computer pada waktu tertentu dan jika computer menggunakan password, setelah tampilan lock screen anda akan di arahkan ke halaman login user. Ada 2 pilihan yang bisa anda gunakan untuk mengatur tampilan lock screen, yaitu :

C1. Picture
Menampilkan satu buah gambar pada Lock screen, sama halnya dengan Picture di menu Background sebelumnya, anda bisa memilih gambar default windows di bagian bawah drop-down Background atau jika ingin menggunakan gambar lain klik saja Browse, lalu arahkan ke tempat gambar yang akan di pilih, jika sudah klik Choose Picture.

C2. Silde Show
Sama seperti poin Slide Show pada menu background, untuk menggunakan silde show klik add a folder, lalu arahkan ke folder yang berisi gambar yang akan di tampilkan.
Advanced Slideshow settings adalah sebuah navigasi tambahan untuk pengaturan slide show

C3. Screen timeout settings
Navigasi yang di gunakan untuk mengatur waktu Lock screen (Scroll ke bawah)

jika kita klik maka akan muncul tampilan berikut :
Perhatikan pada gambar yang saya beri bingkai biru, aturlah waktu sesuai keinginan anda, untuk On battery power adalah waktu Lock screen ketika laptop tidak dalam keadaan mengisi baterai, dan When plugged in ketika laptop dalam keaddan mengisi baterai.
Catatan :
Tidak ada Aktifitas yang di maksud adalah tidak adanya gerakan kursor mouse dan tidak ada yang menekan tombol apapun di keyboard.
C4. Screen Saver
Screen saver adalah sebuah gambar bergerak pada layar desktop ketika tidak ada sebuah aktifitas di computer, defaultnya screen saver ini tidak aktif dan untuk mengaktifkanya klik screen saver settings di menu Lock Screen (lihat gambar C3. Screen Timeout Setting), berikut gambar dari screen saver setting :

C4a. Drop-down Screen Saver
Menampilkan screen saver yang bisa di gunakan, mulai dari None (tidak menggunakan screen saver), 3D text, blank, Bubbles sampai ribbons.

C4b. Settings
Mengedit screen saver yang telah di pilih, di antara screen saver yang ada hanya ada 2 screen saver yang bisa kita edit yaitu :
- 3D Text : Screen saver yang menampilkan kata 3 dimensi
- Photos : Screen saver yang menampilkan gambar sama seperti slide show

C4c. Preview
Menampilkan sementara / percobaan screen saver yang telah di pilih

C4d. Time
Waktu untuk kapan screen saver akan berjalan, contohnya jika saya setting 1 menit, maka screen saver akan aktif ketika 1 menit tidak ada aktifitas di computer.
Catatan :
Agar screen saver aktif maka setting waktu screen saver lebih cepat dari waktu Lock Screen, contohya waktu untuk Screen saver adalah 1 menit, maka anda harus setting waktu Lock Screen lebih dari satu menit. Missal 2 menit.
C4e. On Resume …..
Screen saver akan berhenti ketika adanya aktifitas pada computer walaupun hanya gerakan mouse 1 mm saja, jika tidak di tandai poin ini, ketika screen saver berhenti maka tampilan desktop sama seperti sebelumnya, dan jika di tandai maka setelah screen saver maka anda akan di arahkan ke tampilan Lock Screen.

D. Themes
Themes merupakan sebuah paket pengaturan system windows, di mana theme ini akan menentukan warna, suara, photo / background dan elemen lain dari interfaces windows 10. Untuk mengaturnya klik Theme Setting, sehingga akan muncul tampilan seperti ini :
Keterangan :
Bingkai Biru adalah Tema yang sedang di gunakan
Bingkai Hijau adalah 3 tema default windows
Bingkai Kuning adalah pengaturan kontras untuk theme
E. Start
Menu yang di gunakan untuk menfatur tampilan Start menu, di menu ini ada 4 navigasi yang bisa kita ubah :

E1. Show most used apps
(On) menampilkan list aplikasi yang sering di gunakan

E2. Show recently added apps
(On) menampilkan aplikasi yang baru saja di tambahkan

E3. Use start full screen
(On) menampilkan start menu dalam mode full screen, hal ini hampir sama seperti start menu windows 8

E4. Show recently opened items
(On) menampilkan item yang baru saja di gunakan / buka ke dalam jump list star menu dan Taskbar

Artikel Terkait :
🔃Penjelasan Bagian-Bagian Start Menu + Cara Memperkecil Ukuranya (Poin C)

Itulah pembahasan kita pada bab kali ini mengenai mengatur tampilan desktop dan start menu, dengan adanya pembahasan pada bab ini, di harapkan bisa membuat desktop computer anda lebih berwarna dan menarik, sehingga anda sebagai seorang user tidak mudah bosan / jenuh ketika menggunakan computer, sekian pembahasan kita kali ini, sampai jumpa di pembahasan pada bab-bab selanjutnya. Terimakasih, jangan lupa di share ya :D

0 Response to "Personalization : Mengatur Background Desktop, Warna Latar, Screensaver. Lock Screen"

Post a Comment