Kunci Drive C / D - Z Menggunakan BitLocker

Pembahasan : Apa Itu Bitlocker, Fungsi dari bitlocker, Cara Mengaktifkan / Nonaktifkan BitLocker, cara mengatasi Lupa Password Bitlocker Windows 7. Sebelumnya kita telah membahas mengenai 6 Cara Mengamankan Data (File / Folder) Pribadi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yaitu dengan menempatkan data di local disk C, membuat Pohon Folder, Ekstrak File + Password, Hidden data, mengganti Extensi sebuah File, dan terakhir menggunakan Bitlocker.Namun untuk BitLocker tidak saya bahas di artikel sebelumnya, hal itu karena kita akan membahasnya di artikel ini secara lengkap dan detail. mulai dari apa itu BitLocker sampai cara penggunaanya, dan hal pertama yang akan kita bahas adalah :

A. Apa Itu BitLocker Dan Fungsinya
BitLocker Drive Encryption merupakan sebuah fitur baru dari windows, "Fitur Baru", iya, karena BitLocker pertama di perkenalkan di system windows 7. BitLocker di ciptakan untuk melindungi sebuah data dalam sebuah partisi Hardisk, sehingga data yang ada pada drive tersebut tidak akan mudah untuk bisa di akses / di gunakan, karena untuk menggunakan data tersebut kita harus membuka drive terlebih dahulu, dengan cara memasukan password dari drive tersebut, yang tentunya password tersebut sudah di tentukan oleh admin komputer sebelumnya.
Pengetahuan :
Dalam penggunaanya BitLocker menggunakan algoritma dengan mode CBC (Code Block Chaining) yang panjang kuncinya 128-Bit dan untuk meningkatkan keamananaya, BitLocker di tambahkan algoritma Elephant Diffuser.
Sumber : Penelusuran Google
B. Cara Mengunci Partisi Hardisk (Drive) dengan BitLocker
Untuk cara penggunaan dari BitLocker sangatlah mudah, namun sebelum kita memulai menggunakan bitlocker, sediakan terlebih dahulu partisi harddisk yang akan di kunci, di mana di dalam terdapat data-data penting / pribadi anda. Untuk tutorialnya bisa anda lihat di :
Artikel terkait :
Jika sudah siap, berikut pembahasannya :
B.1.a.  Membuka Jendela Windows Explorer (Versi a)
Pertama buka windows explorer terlebih dahulu, untuk membukaya anda bisa menakan tombol kombinasi Windows + E.

B.2.a. Mengaktifkan BitLocker (Versi a)
Setelah itu, klik kanan Drive yang akan di kunci, di sini saya akan menguci drive D, lalu pilih Turn On BitLocker.

Selain dengan cara di atas, untuk mengaktifkan BitLocker bisa juga dengan cara :
B.1.b. Membuka Control Panel (Versi b)
Pertama buka Control panel, dengan cara klik logo windows, di menu sebelah kanan windows anda bisa meihat beberapa menu. di antara menu-menu tersebut pilih Control Panel

B.2.b Mengaktifkan BitLocker (Versi b)
Di halaman control panel, lihatlah ke sebelah kanan atas, di sana anda akan melihat fitur Search menu, di kolom search tuliskan "BitLocker", maka secara otomatis akan ada daftar hasil pencarian, cari dan Klik BitLocker Drive Encryption.

Di halaman BitLocker akan ada list drive yang terhubung dengan komputer, mulai dari Drive :C, :D, dan seterusanya. Klik Turn On BitLocker di drive yang akan di kunci.

Setelah anda mengaktifkan fitur Turn On BitLocker. baik dengan cara a atau b, anda bisa melanjutkan ke langkah ke tiga.
B.3. Setting Password
Jika sebelumnya ada tampilan seperti gambar di bawah ini, diamkan saja, proses tersebut hanyalah proses scanning terhadap drive yang akan di kunci, apakah layak atau tidak untuk di aktifkan BitLocker.
Proses Scan Drive C
Setelah proses scanning selesai, adan akan di hadapkan pada 3 pilihan untuk membuka BitLocker, seperti ini :

- Use a password to unlock the drive : Membuka drive dengan cara memasukan password
- Use my smart card to unlock the drive : Membuka drive dengan cara menggunakan Kartu Pintar
- Automatically unlock this drive on this drive : Tanpa melakukan apapun, drive secara otomatis akan terbuka, dengan kata lain drive tidak akan di kunci.

Di sini saya menggunakan option pertama, karena untuk option ke dua, saya tidak punya smart card, sedangkan option ke tiga saya ingin drive saya di kunci. Setelah itu tuliskan password anda di kolom Type your password, dan tuliskan kembali passwordnya di Retype your password, jika sudah klik Next

B.4. Menyimpan Recovery Key
Setelah anda setting password untuk bitlocker, maka selanjutnya windows akan menanyakan, dimana anda akan menyimpan Recovery Key. Recovery Key adalah sebuah file yang berisi kode unik yang bisa kita gunakan untuk mereset password bitlocker, jika kita lupa Password BitLocker.
Di halaman ini anda akan menemukan 3 option, berikut penjelasanya :

- Save the recovery key to a USB flash drive : Menyimpan Recovery Key di Luar Drive yang ada di komputer, misalnya Flash Disk dan kartu memory.
- Save the recovery key to a file : Menyimpan Recovery Key dalam bentuk file, dan menyimpanya bisa di drive mana saja.
- Print the recovery key : Mencetak Recovery Key

Di sini saya memilih option ke 2 (Save the recovery key to a file), dan meyimpannya di drive C
Catatan :
- Untuk keamanan data anda, simpanlah Recovery Key di luar Drive Komputer anda
- Jika ingin menyimpanya di dalam komputer, simpanlah di tempat yang aman (tempat yang menurut anda orang tidak akan tahu).
- Jangan simpan Recovery Key di drive yang akan anda kunci menggunakan BitLocker, karena drive yang sudah terkunci BitLocker tidak akan bisa di buka bagaimana pun caranya, kecuali anda membukanya terlebih dulu.
Jika ada pesan seperti ini, klik saja "Yes", itu hanya sebuah pesan konfirmasi saja, bahwa anda ingin menyimpan Recovery Key di komputer, Jika sudah Klik Next

B.5. Terakhir, Halaman Konfirmasi
Ini hanyalah sebuah halaman konfirmasi saja, bahwa anda benar akan mengaktifkan BitLocker di drive yang telah di pilih, benar memilih cara untuk membuka bitlocker dan anda telah menyimpan Recovery Key di tempat yang telah anda pilih sebelumnya. Jika hal itu benar semua klik saja "Start Encrypting", maka proses pengaktifkan BotLocker akan di mulai

B.6. Tunggu Sampai Proses Selesai
Lama proses Encrypting tergantung dari kapasitas drive yang terpakai, semakin besar kapasitas drive yang di pakai, maka semakin lama proses encripting.

Setelah proses encrypting selesai, maka tampilan dari drivenya akan seperti ini :

C. Cara Membuka BitLocker
Setelah anda berhasil mengaktifkan BitLocker, sekarang kita akan membahas mengenai cara membuka BitLocker, agar data yang ada di dalamnya bisa kita gunakan. Untuk membukanya :
C.1. Buka Windows Explorer
Pertama buka windows Explorer, lalu klik kanan drive yang akan di buka BitLockernya, lalu pilih Unlock Drive

C.2. Masukan Password BitLocker
Karena di tahap pembuatan BitLoker, saya memilih Password untuk membuka BitLocker, maka tampilanya akan seperti ini :
Tuliskan password drive yang telah anda tentukan sebelumnya, tandai "Show Password .....", jika anda ingin melihat passwordnya. Jika sudah klik Unlock.
Maka Drive akan terbuka dan bisa anda gunakan seperti biasanya.

D. Ganti Password BitLocker
Jika anda merasa password yang telah anda tentukan terlalu lemah, dan ingin menggantinya, berikut kami bahas cara menggantinya, tapi sebelumnya pastikan drive sudah terbuka, jika sudah terbuka :
D.1. Klik Kanan Drive
Klik kanan pada drive yang, lalu pilih Manage BitLocker

D.2. Manage BitLocker
Di halaman manage BitLoker, anda akan melihat beberpa navigasi, salah satu diantaranya "Change Password to Unlock The Drive", klik navigasi tersebut.

D.3. Ganti Password
Tuliskan password baru anda di kolom "Type your Password" dan "Retype your Password", Jika sudah klik Next
Dan ini adalah pesan konfirmasi bahwa anda sudah melakukan penggantian password dan sukses

E. Lupa Password BitLocker
Bagaimana jika kita lupa BitLocker ?, tentunya Drive tidak akan bisa di gunakan, lantas apa solusinya ?, berikut hal yang bisa anda lakukan jika anda lupa password BitLocker :

E.1. Klik kanan Drive
Sama seperti ketika anda ingin membuka BitLocker, pertama buka windows explorer, lalu klik kanan drive yang terpasang bitlocker, lalu pilih Unlock Drive

E.2. Klik "I Forgot My Password"
Setelah itu akan muncul tampilan seperti poin C.2, carilah dan klik navigasi "I Forgot My Password".

E.3. Input Recovery Key BitLocker
Setelah itu, carilah dan buka File Recovery Key, lalu copy serial keynya (paling bawah) ke kolom yang tersedia, jika sudah klik Next.
Catatan :
Recovery Key di dapat ketika anda mengaktifkan fitur bitlocker, lebih jelasnya silahkan baca kembali Poin B.4.

E.4. Jika Berhasil
Jika Recovery key yang anda tuliskan benar dan sesuai, maka akan muncul seperti ini :

E.5. Option Dari Manage BitLocker
Jika anda ingin mengganti password dari BitLocker atau hal lainya, anda bisa klik navigasi Manage BitLocker, dan berikut Optionya :
- Change password to unlock the drive : Mengganti password dari BitLocker
- Remove password form this drive : Menghapus password / menonaktifkan BitLocker
- Add a smart card to unlock the drive : Menambahkan smart card untuk membuka BitLocker
- Save or print recovery key again : Menyimpan file recovery
- Automatically unlock this drive on this computer : Drive akan selalu terbuka

F. Cara Menonaktifkan BitLocker
Setelah anda tahu cara mengaktifkan BiLocker, kini saatnya kita akan membahas bagaimana cara menonaktifkan BitLocker, jika dirasa BitLocker tidak di butuhkan lagi atau menganggu pekerjaan anda di komputer, berikut pembahasanya :

F.1. Membuka Halaman Manage BitLocker
Klik Windows, lalu tuliskan "BitLocker", maka secara otomatis akan muncul sebuah list pencarian berdasarkan kata yang di tuliskan, di antara list tersebut klik Manage BitLocker atau BitLocker Drive Encryption
Saran :
Selain dengan cara di atas, anda bisa menggunakan cara lainya untuk membuka halaman Manage BitLocker, yaitu sama dengan Poin B.1.b
F.2. Klik Turn Off BitLocker
Inilah tampilan dari halaman manage BitLocker, Tanda drive yang sudah di aktifkan BicLocker adalah adanya gambar gembok, dan untuk menonaktifkan fungsinya, klik Turn Off BitLocker


F.3. Klik Decrypt Drive
Ini hanyalah sebuah pesan konfirmasi saja, bahwa anda benar-benar akan menonaktifkan BitLocker


F.4. Tunggu Sampai Proses Selesai

Jika proses Decryption sudah selesai maka akan muncul tampilan seperti ini :

Bagaimana Lengkap bukan pembahasannya ?, jika Ya, Share artikel ini, agar akan ada banyak orang yang tahu apa itu BitLocker, cara penggunaanya, ganti password, Tips jika lupa password BitLocker, dan cara menonaktifkanya dan memotivasi kami untuk membuat artikel yang sangat lengkap lainya, sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Kunci Drive C / D - Z Menggunakan BitLocker"

Post a Comment