2 Cara Mereset Password Windows Tanpa Software

Cara Mereset Windows hanya dengan menggunakan fitur bawaan windows saja, yaitu Password Reset Disk dan CMD.
Lupa password windows merupakan suatu hal yang sering terjadi, yang membuat user tidak masuk windows sehingga komputer / laptop pun tidak bisa di gunakan, penyebab lupa password pun beragam, seperti sering ganti password windows dan memang user tersebut pelupa, namun jangan khawatir meskipun anda lupa password login windows, anda tetap bisa membukanya, untuk cara membukanya saya bahas menggunakan 2 cara, yaitu dengan cara mengubah registry windows / CMD dan menggunakan fitur Password Reset Disk, dan untuk yang pertama akan kita bahas mengenai :

A. Password Reset Disk
Password Reset Disk (PRD) adalah sebuah fitur di sistem operasi windows yang berfungsi untuk membuat mereset password login windows dalam bentuk backup sebuah file (biasanya) bernama userkey.psw, sehingga jika seorang user lupa password login windows, user tersebut hanya tinggal mengaktifkan fitur ini saja dan hasinya password windows bisa di reset / di ubah.

a. Membuat Password Reset Disk
sebelum kita membahas bagiamana cara membuka password dengan fitur ini, ada baiknya kita simak terlebih dulu cara membuatnya, Untuk cara membuat PRD pun sangatlah mudah, hal pertama yang harus kita persiapkan adalah sebuah flash disk dengan kapastas berapa saja dan yang ke dua tentunya system windows itu sendiri, untuk jenis windows yang di gunakan di sini saya menggunakan windows 7, jika sudah siap semuanya ayo kita mulai artikelnya :

1. Pertama kita harus masuk ke pengaturan user account terlebih dahulu, caranya klik start (logo windows) lalu klik icon user account anda (di pojok kanan atas menu start). maka akan muncul tampilan seperti ini :

2. Di sebelah kiri anda akan melihat sebuah baris menu, diantara menu menu tersebut, klik menu yang ke tiga yaitu Create a password reset disk, sehingga akan muncul dialog box seperti gambar no 3 :

3. Ini hanyalah tampilan awal saja, yang isinya kurang lebih menjelaskan tentang fungsi dari menu yang anda klik sebelumnya yaitu Create a password reset disk, klik saja next

4. Di tahap ini secara otomatis akan ada sebuah list Flash Disk yang sudah terhubung dengan komputer, cek apakah flash disk anda sudah terpasang, jika belum pasang terlebih dahulu flash disknya, Jika sudah klik nama flash disk yang akan anda gunakan untuk menyimpan file password reset disk, dan klik next
Jika anda sudah memasang flash disk dan tidak muncul di halaman ini, close halaman lalu ulangi langkah di tahap no 2.

5. Jika sudah, tuliskan password yang sedang anda gunakan untuk login windows, jika sudah klik next

6. Tunggu sampai proses selesai, tapi tenang saja proses ini tidak memakan waktu yang lama, hanya beberapa menit bahkan detik saja.

7. Jika proses sudah selesai maka akan ada pemberitahuan seperti ini :
klik saja finish untuk menyelesaikan prosesnya

8. Untuk memastikan proses tersebut sudah berjalan dengan benar, buka windows explorer flash disk anda, caranya klik icon windows explorer atau tekan tombol kombinasi Windows + E, lalau klik drive flash disk anda dan pastikan ada file userkey.psw, kurang lebihnya seperti ini :
Jika ada, hal itu menandakan proses yang telah anda lakukan sudah berjalan dengan benar dan sukses
Simpanlah backup login tersebut dengan baik, karena jika di ketahui orang lain, bisa bahaya orang tersebut bisa saja membaj*k komputer / laptop yang anda gunakan.

b. Menggunakan Password Reset Disk
Karena anda sudah cara membuatnya, maka selanjutnya akan saya bahas bagaimana cara menggunakan PRD ini, jika kita lupa password login windows, sebelum kita mulai pembahasanya hubungkan terlebih dahulu drive / flash disk yang berisi data Password Reset Disk ke komputer, jika sudah :

1. Pertama login windows dengan password acak, sehingga akan muncul navigasi "Reset Password" seperti gambar di bawah, klik navigasi tersebut:


2. Setelah anda klik reset password, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :
itu hanyalah sebuah dialog box yang menjelaskan tentang fungsi dari Password Reset Wizard, jadi klik saja next

3. Di dialog box ini, secara otomatis akan mendeteksi Drive yang terhubung dengan komputer, contohnya flash disk, pilih drive yang berisi data PRD, lalu klik Next

4. Setelah anda memilih drive dan klik next, secara otomatis komputer akan scan / mencari data yang di perlukan (userkey.psw), jika data di temukan langkah selanjutnya adalah komputer akan mencocokan / memverifikasi userkey.psw dengan data login di windows, jika sesuai dengan data windows, maka akan muncul dialog seperti ini :
Di dialog tersebut, tuliskan password baru untuk masuk ke windows anda di kolom pertama, di kolom ke dua tuliskan kembali password barunya, dan kolom ketiga opsional.
jika sudah klik next.\

5. Jika berhasil, maka akan muncul tampilan seperti ini, klik Finish untuk menutup dialog box.

6. dan silahkan coba login dengan password baru anda.

B. Edit Registry Windows
Untuk hal ini kita hanya menggunakan fitur bawaan windows saja, yaitu CMD, namun sebelum menggunakan CMD, hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah membuka / menjalankan fitur CMD ketika berada di tampilan login windows, dan berikut tutorialnya :

1. Masuk Ke Mode Starup Repair
Untuk masuk ke mode ini, hal yang harus anda lakukan adalah menyalakan atau restart komputer anda, ketika mulai memasuki tampilan windows (Starting Windows) tekan lah tombol kombinasi ALT + CTRL + Del, jika berhasil maka komputer akan merestart kembali dan menampilkan tampilan seperti ini :
Lakukan Hal Ini Jika Anda Jika Tidak Berhasil :
Jika tidak berhasil juga menampilkan seperti gambar di bawah, nyalakan komputer anda, setelah sampai di halaman login windows, MATIkan paksa komputer anda dengan cara menekan tombol power.
Lakukan Hal Ini hanya untuk keadaan darurat saja, OK :D

Jika belum berhasil, cobalah terus sampai berhasil, karena hal ini adalah kunci dari semuanya
dan jika berhasil, seperti yang terlihat di gambar akan ada 2 option, Launch Startup Repair (Recomended) dan Start windows normally (menjalankan windows seperti biasanya).
Di antara 2 option tersebut pilih option yang pertama, agar masuk ke mode Repair.

2. Setelah itu akan ada sebuah proses scan system yang memakan waktu 3 - 5 menit, tunggu sampai proses selesai dan muncul pesan seperti ini :

Jika sudah muncul, pilih cancel

3. Setelah anda menekan tombol cancel, maka akan ada proses scan lagi yang memakan waktu lebih lama dari sebelumnya sekitar 7 - 10 menit, setelah proses selesai maka akan muncul tampilan seperti ini :

4. Di tampilan tersebut klik Show Problem Details, lalu scroll ke bawah
5. Di bagian bawah dari tampilan tersebut akan ada sebuah link yang bila kita klik maka akan muncul sebuah isi file notepad, klik link tersebut

6. Klik Menu file lalu pilih Open
Hal ini bertujuan untuk membuka Windows Explorer sehingga kita bisa mengkonfigurasi system windows

7. Setelah muncul tampilan windows explorer pergi / klik Computer > Local Disk C > Windows > System 32, setelah itu ubah file of typesnya menjadi All Files,
8. Jika sudah carilah file sethc, jika sudah ketemu rename nama file tersebut dengan nama bebas atau rename menjadi setchcmd

9. Selanjutnya cari file cmd , lalu copy-paste file cmd tersebut, setelah anda mencopynya rename nama file tersebut yang tadinya cmd-copy menjadi sethc
Copy File CMD

Rename CMD mejadi setch
Catatan :
File setch berfungsi untuk menampilkan sebuah pesan yang intinya "Do you want to turn on sticky keys ?" atau  "Apakah anda ingin mengaktifkan fungsi sticky keys ?", ketika user menekan tombol shift 5 kali dengan cepat, dengan merename file setch dan menggantinya dengan file CMD, maka ketika kita menekan shift 5 kali, maka secara otomatis CMD akan berjalan.
10. Jika sudah semua, close windows explorer, close file notepad dan klik Don't Send
Jika muncul pesan seperti gambar di bawah pilih saja yes untuk merestart windows.

11. Tunggu sampai proses restart selesai dan sampai ke halaman login windows
Jika komputer menampilkan tampilan seperti pada langkah pertama, pilih saja "start windows normally"

12. Di halaman login windows klik shift 5 kali secara cepat, jika langkah 8 dan 9 benar, maka fitur CMD akan aktif sehingga akan tampilan seperti ini :

13. Di halaman CMD, tuliskan script net user, lalu tekan enter  (ke depanya gunakan enter untuk menjalankan perintah)
Tujuan dari net user untuk mengetahui nama user windows yang di gunakan untuk login

14. Disini hanya ada 3 user yang aktif, yaitu administrator, Blues Pedia, dan guest.
diantara 3 user tersebut, saya akan mengubah password user Blues Pedia.

15. Untuk mengubah password user, ketikan saja script net user "Nama User" *
Catatan :
Jika nama user hanya terdiri dari satu kata, maka tuliskan seperti ini : net user Blues *Sedangkan jika lebih dari 2 kata, maka tuliskan seperti : net user "Blues Pedia" *

16. Lalu di tuliskan password baru di Type a password a ...
dan tuliskan kembali passwordnya di Retype the paswword to confirm .....
Saran :
Jika ingin windows tidak menggunakan password, jangan isi type dan retype, tekan enter saja
17. Saatnya eksekusi, jika sudah semua, kini anda sudah bisa mencobanya
tuliskan password yang telah di tuliskan di langkah sebelumnya dan cobalah login.

Harusnya sampai di sini anda sudah bisa login, jika tidak berhasil coba lebih teliti lagi dalam melakukan di setiap langkahnya. Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat

1 Response to "2 Cara Mereset Password Windows Tanpa Software"