8 Penyebab Dan Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private

cara ampuh mengatasi masalah pada google crome Your Connection Is Not Private, di buat berdasarkan pengalaman dan diskusi facebook
Hai sobat Blues Pedia, kali ini saya akan membagikan pengalaman seseorang yang mengalami masalah ini, yaitu browser tidak bisa membuka web dan malah menampilkan hal ini tepatnya tanggal 21 mei, salah satu member di group Facebook Teknisi Komputer Indonesia mengalami hal ini "Your Connection Is Not Private" atau "Sambungan anda tidak bersifat pribadi", setelah berdiskusi selama 2 jam lebih, akhirnya masalah itu pun berhasil di selesaikan, dan dari hasil diskusi tersebut saya mendapatkan beberapa cara untuk mengatasi hal ini berdasarkan pengalaman semua member, dan berikut hal hal yang pernah di lakukan untuk mengatasi hal ini dan terbukti berhasil, berikut Pembahasanya :

Screenshot Diskusi Masalah Di Facebook (Klik untuk memperbesar)

1. Restart Windows
Cara ini merupakan cara yang paling mudah di lakukan, berdasarkan pengalaman member yang berkomentar, percaya atau tidak cara ini berhasil untuk mengatasi masalah ini.

2. Waktu di Komputer Tidak Sesuai Dengan Kenyataan
Ini merupakan penyebab yang sering terjadi, dimana waktu di komputer tidak sesuai dengan kenyataan, saya pernah mencobanya dengan memajukan 10 hari dari tanggal sebenarnya, setelah saya ubah waktunya, lalu saya menutup google crome dan mendiamkannya selama beberapa menit.
Setelah itu saya kembali membuka google crome dan mengkases sebuah web, hasilnya pun sama crome memberika pesan "Your Connection Is Not Private".

Solusinya :
Cek waktu komputer anda, dan pastikan waktunya sesuai dengan kenyataan, untuk mengubah waktu di komputer ada 2 cara, yaitu :
a. Sistem Windows
caranya klik keterangan waktu, biasanya berada di pojok kanan bawah, lalu pilih Change and Date Time Settings, di tab Date and Time klik Change Date And Time lalu ubah tanggalnya. Setelah anda mengubahnya tunggu beberapa menit atau bila perlu restart komputer anda, setelah itu barulah buka kembali google crome dan mencobanya.

b. Sistem Bios
Untuk masuk ke sistem bios restart komputer anda, lalu tekan Del / Delete bekali kali ketika pertama kali komputer menyala, setelah masuk ke sitem bios, cari menu standart atau Advanced dimana umumnya untuk pengaturan waktu ada di menu tersebut, Jika sudah di ubah, save and exit dan restart komputer anda.
Catatan :
Perubahan waktu pada sistem bisa di sebabkan oleh proses shutdown yang tidak benar, seperti mematikan komputer dengan cara menekan langsung tombol power atau (Untuk Komputer) listrik anda sering mengalami hidup / mati, solusinya gunakanlah UPS.
3. Gunakanlah VPN
VPN adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk menyamarkan IP asli dengan IP negara lain, hal ini bisa terjadi jika IP asli yang anda di gunakan di larang / berbahaya / mengalami masalah dengan website yang anda kunjungi, jadi cobalah menggunakan VPN, untuk caranya anda bisa melihatnya disini : Cara Menambahkan Extensi VPN (Browsec) di Google Crome.
Selain itu, VPN berfungsi untuk membuka situs yang di blokir dan mempeceat koneksi internet anda.

4. Gunakalah Sistem Restore
Tanpa anda sadari, pada kondisi tertentu sistem windows akan melakukan back up konfigurasi system, fungsinya yaitu untuk mengembalikan / restore konfigurasi system ke kondisi terakhir windows melakukan back up data. Untuk cara Restore system windows, anda bisa membaca pembahasanya di sini dan di tambah dengan pembahasan mengenai Back Up data windows :
Back Up dan Restore System Windows

selain ke empat hal di atas, ada 4 hal juga yang bisa menjadi penyebab dan cara mengatasi munculnya pesan Your Connection Is No Private versi google crome, anda bisa melihat pesan aslinya di sini  https://support.google.com/chrome/answer/6098869?hl=id&ref_topic=3097245 dan berikut ini saya tuliskan kembali berdasarkan pemahaman saya :

5. Masuk Ke Portal
Jujur saja untuk penyebab yang pertama ini saya kurang begitu paham, yang bisa saya tangkap adalah mungkin penyedia internet anda sedang mengalami gangguan, baik di pihak ke dua (misalnya seperti kantor) atau pun pihak ke tiga (provider /ISP).

Solusinya :
Di situ google menjelaskan coba disconnect terlebih dahulu internetnya, diamkan beberapa menit, lalu connectkan kembali, yang di maksud "Masuk Ke Portal" adalah ketika akan sudah menconnectkan internet, lalu membuka google dan mengunjungi sebuah situs yang memiliki versi Http://, maka akan muncul sebuah halaman login yang di gunakan untuk mendapatkan koneksi internet, contohnya seperti jika wifi / jaringan anda mengunakan Mikrotik.
Ketika anda melakukan disconnect dan connect jaringan, maka otomatis data jaringan anda akan di reset dan di perbaharui mengikuti server.
Hal ini bisa anda lakukan jika anda menggunakan modem.
6. Extensi Crome Bermasalah
Extensi adalah sebuah aplikasi yang hanya bisa di gunakan untuk browser saja yang bisa kita tambahkan sendiri, contoh dari penggunaan extensi adalah Internet Download Manager (IDM), jika extensi IDM sudah terpasang di crome, maka setiap ada penayangan sebuah video seperti di youtube, IDM akan menampilkan link yang digunakan untuk mendownload video yang sedang di tonton.
Namun terkadang ada beberapa extensi yang tidak sopan, karena tanpa sepengetahuan user, extensi ini menginstall sendiri dan menjalankan fungsinya. Extensi inilah yang bisa membuat komputer anda mengalami hal ini.

Solusinya :
Untuk cara mengetahuinya, gunakanlah mode penyamaran, dimana dalam mode ini google crome tidak akan menggunakan extensi apapun, caranya klik kanan icon crome lalu pilih "New Incognito Window" atau dalam bahasa Indonesia kurang lebihnya "Buka Dalam Mode Penyamaran" atau tekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + N di google crome, jika sudah coba bukalah web yang tadi tidak bisa di buka.

Jika bisa di buka maka ada masalah dengan extensi browser anda, coba cek extensi yang ada di browser, caranya tekan Ctrl + H, lalu lihatlah menu di sebelah kiri, di situ ada beberapa menu, dan salah satu diantaranya / klik Extesnsions, Cek apakah ada extensi yang mencurigakan, jika ada hapus extensi tersebut.

7. Sistem Perlindungan Anti Virus
Selain melindungi user dari aktifitas Offline, kini hampir semua anti virus memberikan fitur untuk melindungi user dari kegiatan online, karena resiko terkena virus lebih besar ketika menggunakan internet jika di bandingkan dengan kegiatan offline.

Solusinya :
Jika memang anda ingin sekali membuka webnya, dan untuk membuktikan anti virus sebagai penyebab atau tidak, coba matikan anti virus anda sebentar lalu cobalah buka webnya. Jika web berhasil terbuka berarti anti virus yang menyebabkan hal ini, tapi jangan menyalahkan anti virus sepenuhnya, karena hal itu dilakukan untuk menjaga anda dari virus atau 4nc4m4n yang beredar di internet. Lakukan hal yang ingin dilakukan di web tersebut dengan cepat, jika sudah aktifkan kembali anti virus anda.

8. Sistem Operasi Windows Tidak Update
Windows yang tidak update bisa membuat hal ini terjadi, karena dari bulan ke bulan semua aplikasi / software pasti mengalami perubahan contohnya google crome, jika windows yang anda gunakan tidak mengikuti perkembangan aplikasi yang di gunakan, maka jangan heran ketika menggunakan sebuah aplikasi akan mengalami hal ini.

Solusinya :
Jika sistem komputer anda kurang update, maka updatelah sistem operasinya
Catatan :
Lakukanlah hal ini hanya sebagai pilihan terakhir saja, sebelum anda ingin mencoba hal ini, pastikan semua cara dari 1 sampai 7 sudah di lakukan dengan benar, karena proses update membutuhkan banyak waktu, bahkan bisa seharian
Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi pesan "Your Connection Is Not Private" berdasarkan hasil diskusi member di FB, dan dari google crome itu sendiri, Terima kasih

1 Response to "8 Penyebab Dan Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private"