Menghentikan Aplikasi Yang Hang dengan Task Manager

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuka task manager di Windows. Ini sangat lah mudah anda tinggal menekan Ctrl+Alt +Del yang mungkin sering anda gunakan. tetapi ada juga yang menggunakan cara lain untuk membukanya. Sebelum kita membahasnya, apakah anda tau apa fungsi dari task manager ?, fungsi task manager adalah untuk memonitoring kinerja komputer anda, hal yang bisa anda lihat melalui task manager adalah :

Tab Apllications
Mengetahui aplikasi yang sedang berjalan / anda gunakan, tapi menu ini tidak menampilkan aplikasi background (sebuah aplikasi yang berjalan tetapi tidak terlihat)

Tab Processes
Hampir sama dengan apllication, namun tab ini menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan, secara lengkap baik aplikasi yan terlihat dan aplikasi background.

Tab Services
Menu ini menampilkan semua service atau fitur yang sedang di jalankan, mudahnya lebih detail dari menu processes

Tab Performance
Menu ini berfungsi untuk menampilkan pemakaian sebuah hardware komputer secara real time, seperti RAM dan Processor.

Tab Networking
Hampir sama dengan Performance, tapi tab ini menampilkan statistik koneksi jaringan, baik jaringan lokal mau pun internet secara real time.

Tab User
Menu ini menampilkan siapa saja yang sedang mengakses komputer anda, jika komputer anda di sharing, maka akan ada lebih dari satu user di menu ini.

Cara Menghentikan Program yang Hang
Selain itu task manager bisa kita gunakan untuk menghentikan sebuah program secara p*k5*, jika program tersebut tidak berjalan / hang, caranya buka task manager, lalu carilah dan klik nama dari program yang hang di tab applications dan process, lalu klik tombol End Process atau End Task.
dan berikut beberapa cara untuk membuka task manager, berikut pembahasanya :

Cara Membuka Task Manager
1. Ctrl + Shift + Esc
Cara ini adalah cara yang paling cepat untuk mengakses task manager, hanya dengan menekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + Shift+ Esc, maka akan muncul tampilan task manager. 

2. Ctrl + Alt + Del 
Berbeda dengan tombol kombinasi pertama, yang lasung menuju task manager, untuk tombol kombinasi yang kedua ini Ctrl + Alt + Del. ketika anda menekan kombinasi 3 tombol tadi maka anda akan membuka halaman windows security, di situ anda akan melihat 5 menu yang tersedia seperti change a password, Lock, Sign out, dan Switch user dan salah satunya task manager.

3. Klik Kanan di Taskbar
Untuk cara ini kita akan mengandalkan fungsi dari klik kanan mouse untuk membuka task manager, dengan menggunakan cara ini kita hanya dengan mengklik dua kali saja yaitu dengan klik kanan pada taskbar lalu pilih opsi Start Task Manager, maka halaman task manager akan terbuka.

4. Fungsi RUN + Script “taskmgr”
Untuk cara ini kita akan sedikit bermain script, dengan bantuan fitur run dan sebuah script kita akan bisa membuka task manager dengan mudah, selain membuka task manager fitur run sering sekali di gunakan untuk membuka aplikasi lainya,  seperti calculator, paint dan notepad.
Caranya cukup mudah klik logo windows > All Programs > Accessories > Run, atau tekan logo windows, lalu ketikan run dan enter, dan cara yang paling cepat adalah tekan logo windows + R, jika sudah tuliskan script taskmgr, lalu enter.

5. Membuka Langsung Taks Manager di sumbernya (folder)
Ini adalah cara yang sedikit ribet, kita harus membuka sebuah folder dimana file task manager di simpan, letak filenya C:\windows\system32, di dalam folder system32 anda akan menemukan file taskmgr.exe, klik untuk menjalankanya,

6. Membuat Jalan pintas (Shortcut)
Langkahnya hampir sama dengan no 5, setelah anda menemukan file taskmgr di folder system32, klik kanan file tersebut > Create Shortcut, lalu pindahkan shortcut tersebut ke tempat anda mudah untuk mengaksesnya, contohnya Desktop, atau anda bisa membuat shortcurnya di star menu dan task bar, caranya klik kanan file lalu pilih > Pin to Taskbar atau Pin to Start Menu

Itulah cara untuk mengakses task manager, sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat

0 Response to "Menghentikan Aplikasi Yang Hang dengan Task Manager"

Post a Comment