Operasi File Data Base Visual Basic

Dalam dunia pemograman pastinya ada sebuah fitur untuk menyimpan sebuah data yang terpisah dari programnya atau yang sering disebut data base, sehingga program bisa berjalan dengan baik, karena tidak bergantung pada data, sehingga data bisa kita ubah, tanpa harus mengubah file program.

Sebuah program yang tidak menggunakan database sebagai media untuk meyimpan data, pastinya untuk menyimpan data, menggunakan memory komputer, tapi hal itu hanya bersifat sementara, hanya pada saat program dijalankan saja data akan ada dan bisa digunakan, ketika program di hentikan, maka semua data dari program tersebut akan hilang.

Dengan menggunakan database, ketika program dihentikan, maka semua data dari program tersebut akan tersimpan di database, dan kita bisa menggunakan data tersebut ketika kita membutuhkanya.

Di Visual Basic banyak sekali cara untuk mengakses sebuah file datebase, Berikut diantaranya :

Membuka File
Penulisan / script untuk membuka sebuah file umunya seperti ini :

Open App.Path & "\nama_file.extensi" For Status As #n

Keterangan :
- \ : penulisan letak file jika program dan filenya di simpan di tempat yang sama
- Nama_File.extensi : nama file dan extensinya (Format file seperti .txt .doc .xls)
- Status : Fungsi / tujuan dari File di buka. bisa anda isi dengan
  INPUT untuk membaca File
  OUTPUT untuk menyimpan data ke file
- n : adalah nomor buffer (integer 1, 2, 3, …) berfungsi untuk pemilihan file yang akan digunakan

Membuka file adalah sebuah hal dasar dalam database, karena jika file sudah dibuka maka kia bisa menambahkan, edit, menyimpan, menghapus sebuah data.
File yang sudah di buka, harus kita tutup kembali ketika program di hentikan, hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada data yang tertinggal di memory komputer, Berikut script untuk menutup file :

Close #n


Menyimpan File

Untuk menyimpan sebuah data ke file, bisa kita lakukan dengan script untuk membuka file, dengan status Output, sehingga seperti ini :

Open App.Path & "\nama_file.extensi" For Output As #n

Kelemahan dari script diatas adalah file hanya bisa di tulis saja, dan jika file sudah ada isinya (data) sebelumnya, maka data tersebut akan hilang  atau file di anggap baru. menyimpan file dengan cara ini akan menghasilkan file yang berextensi txt, yang bisa kia buka dengan text editor, seperti Notepad, Wordpad. Setelah file dibuka, langkah selanjutnya adalah menyimpan data dalam bentuk variabel ke file, berikut scripnya :


Print #1, nama_variabel


Membaca File
Untuk membaca sebuah data dari file, hal yang harus kita lakukan adalah  membuka file tersebut dengan status input sehingga seperti ini :

Open App.Path & "\nama_file.extensi" For Input As #n

Membuka file dengan script diatas, maka file hanya bisa dibaca dan tidak bisa di edit / tulis, file yang bisa dibaca adalah file text. Untuk membaca data variabel di dalam file, bisa kita dilakukan dengan perintah:

Input #1, nama_variabel

Contohnya 
1. Buat program lalu tambahkan 1 command button dan 1 list box,
2. Save Program, dan buka notepad, ketika apa saja (bebas), lalu save file notepad di tempat anda menyimpan file program VB,
3. tuliskan script berikut :

Private Sub Command1_Click()
Open App.Path & "\nama_file.txt" For Input As #1
Input #1, data
List1.clear
List1.AddItem data
Close #1
End Sub

4. Jalankan Program

Itulah pembahasan mengenai operasi file database di visual basic,
sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat

0 Response to "Operasi File Data Base Visual Basic"

Post a Comment