Program Visible Dan Hidden Visual Basic

Hai sobat Visual Basic, Jumpa lagi di Blues Pedia, pada tutorial sebelumnya kita telah belajar mengenai cara penggunaan option dan check box di Visual Basic, kali ini kita akan membuat program Visible dan Hidden, dimana akan ada sebuah komponen yang terlihat  dan tersembunyi, bagaimana caranya, berikut penjelasanya :

Sebelum memulainya, seperti biasa buka Visual Basic, lalu pilih Standar EXE untuk jenis programnya,
Jika sudah tambahkan dua command button, atur semua propertynya sehingga menjadi seperti ini :
Untuk command button 1 atur property captionnya dengan nama “VISIBLE”, sedangkan untuk command button 2 atur property captionnya dengan nama “HIDDEN”, selain itu atur property command button 1 untuk visible bernilai false, agar pada saat program berjalan command button 1 tidak nampak / hilang, atau anda juga bisa menambahkan script berikut, pada event Form Load, sehingga seperti ini :
Private Sub Form_Load()
Command1. Visible = false
End Sub

Klik saja Form Object, lalu tambahkan scrip di atas

Jika sudah, tuliskan script berikut di command button 1, (klik 2 kali), sehingga seperti ini :
Private Sub Command1_Click()
Command1. Visible = False
Command2. Visible = True
End Sub

Keterangan :
Ketika command button 1 (Visible) di klik maka command button1 akan menghilang (Command1. Visible = False ) dan command button 2 (Hidden) akan terlihat (Command2. Visible = True)

Begitu juga dengan command button 2, tuliskan script berikut, sehingga menjadi seperti ini :
Private Sub Command2_Click()
Command1. Visible = True
Command2. Visible = False
End Sub

Keterangan :
Masih sama dengan penjelasan script sebelumnya, Ketika command button 2 (Hidden) di klik maka command button2 akan menghilang (Command2. Visible = False ) dan command button 1 (Visible) akan terlihat (Command1. Visible = True)
Sekarang coba tes programnya, seperti biasa tekan F5

Dan coba klik “Hidden”, maka “Hidden” akan hilang dan “Visible” tetap terlihat, begitu pun sebaliknya jika kita klik “Visible” maka “Hidden” akan terlihat dan “Visible” akan menghilang.

Ok, saya rasa cukup sekian tutorial kali ini, sebelum mengakhiri tutorial ini jangan lupa untuk menyimpannya, beri nama saja Latihan 3.


0 Response to "Program Visible Dan Hidden Visual Basic"

Post a Comment