Setting Notification Area dan Waktu (Tweaking Clock) Win 10

Pembahasan : Mengatur Icon pada Notification Area, Setting Waktu, Format Waktu, Time Zone,

Notification area merupakan sebuah area yang berisikan icon program / layanan yang berjalan di background, yaitu sebuah program yang tidak memiliki sebuah halaman atau program yang sedang berjalan namun icon dari program tersebut tidak ada di barisan icon aplikasi taskbar. Posisi default notification area berada di sebelah kanan bawah desktop atau ujung kanan taskbar. Icon yang ada pada notification area mewakili dari sebuah apilkasi misalnya seperti antivirus, Energy Manager, Daya Baterai, Kontrol Volume, konektifitas Jaringan baik Wifi maupun LAN, Waktu dan fitur lainya.

Kecilnya area taskbar yang sudah penuh dengan icon aplikasi di tambah lagi dengan icon dari notification area yang membuat taskbar terlihat sangat padat seringkali membuat seorang pengguna computer merasa tidak nyaman, untuk menjaga space / area kosong pada taskbar salah satunya kita bisa mengatur notification area, kita bisa mengatur icon apa saja yang akan di tampilkan.

A. Menampilkan Halaman Notification Settings
Untuk cara mengubahnya hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka halaman pengaturan notification area, caranya :

A1.1 Klik Start / Windows, lalu pilih Menu Settings sehingga anda akan di arahkan ke halaman pengaturan, Lalu pilih Menu System, dan klik Notification & Action. 

A1.2 Di halaman System lihatlah ke sebalah kiri, di sana akan terlihat beberapa menu salah satu diantaranya dan Klik Notification & Actions

A2 Menggunakan Windows Search
Atau cara cepatnya klik Windows Search atau Klik Start lalu tuliskan "Notification", di daftar hasil pencarian klik hasil yang pertama yaitu Notification & Action Settings.

B. Notification Settings
Berikut adalah penjelasan dan navigasi yang ada di menu :

B1. Quick Actions
Navigasi yang di gunakan untuk mengatur tampilan Action Center, ke empat kotak icon tersebut adalah icon yang akan di tampilkan di baris pertama action center, anda bisa menggantinya urutanya sesuai keinginan anda sendiri dengan cara klik Icon tersebut, lalu pilih icon yang ingin di tampilkan. Untuk melihat perubahanya anda bisa melihatnya di halaman action center, cara menampilkanya Klik Icon Notes di barisan notification center, maka akan muncul Halaman Action Center.

B2. Select Which Icons Appear On The Taskbar
Jika kita klik maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah, yang berfungsi untuk menampilkan / menyembunyikan icon aplikasi yang berjalan di background pada taskbar baik aplikasi system windows Maupun aplikasi pihak ke tiga.

Jika kita pilih On, maka icon dari aplikasi tersebut akan muncul di barisan Notification area pada taskbar, sedangkan jika Off, icon tersebut tidak akan di tampilkan secara langsung, icon akan di kumpulkan dan di tempatkan pada sebuah area khusus yaitu Hidden Icons. Hidden Icons di lambangkan dengan tanda panah ke atas di notification area, jadi jika kita ingin melihat aplikasi yang berjalan di Background kita hanya perlu klik Hidden Icons saja.

B3. Turn system Icon on or off 
Hampir sama dengan poin ke 2, namun bedanya pada halaman ini hanya mengatur aplikasi system saja, aplikasi yang bisa kita ubah adalah Clock, Volume, Network, Power, Input indicator / touch keyboard, Location, Action center.

B4. Show me tips about windows
Menampilkan notifikasi yang bersifat sebuah tips / panduan mengenai windows, 

B5. Show app notifications
Menampilkan notifikasi yang berhubungan dengan aplikasi, missal update aplikasi.

B6. Show notification on lock screen
Menampilkan notifikasi pada halaman Lock screen, sebuah halaman yang akan muncul apabila tidak ada kegiatan di computer dalam waktu yang sudah di tentukan.

B7. Show alarms, reminders and incoming VOIP call on the lock screen
Menampilkan Alarm, Pengingat dan panggilan pada Lock Screen.

B8.  Hide notifications while presenting
Menyembunyikan semua notifikasi ketika computer di gunakan untuk persentasi.

C. Tweaking Clock
Tweaking Clock merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk menampilkan waktu secara realtime, mulai dari jam dan tanggal dengan format yang sudah di tentukan. Posisi default tweaking clock berada pada ujung kanan taskbar atau ujung kanan bawah layar. Seperti yang kita lihat tampilan tweaking clock sangatlah sederhana, jika kita klik maka akan muncul sebuah kotak seperti kalender yang menunjukan waktu saat ini.

Untuk mengubah pengaturan waktu, anda bisa mengubahnya di halaman Date & Time, Klik pada Tweaking Clock sehingga akan muncul sebuah kotak berupa kalender, di dalam kotak tersebut cari dan klik Date and time settings (lihatlah pada gambar di atas), sehingga akan mucul halaman seperti ini :

C1. Format Waktu
Menampilkan jam pada saat ini dengan format Jam:Menit dan menampilkan tanggal sekarang dengan format hari, tanggal bulan tahun.

C2. Set time automatically
Jika kita pilih On maka pengaturan waktu di lakukan secara otomatis, artinya windows akan mensinkronkan / mencocokan waktu computer anda dengan time server di internet, sehingga untuk mengaktifkan fitur ini anda harus terhubung dengan internet terlebih dahulu. Selain itu jika kita mengaktifkan fitur ini maka pengaturan waktu manual yang telah kita buat tidak akan bisa di terapkan.

C3. Change date and time
Navigasi yang di gunakan untuk mengubah waktu, baik tanggal maupun jam. Berikut tampilan dari change date and time :
Catatan :
23 adalah tanggal, Desember adalah bulan, 2016 adalah tahun, 5 adalah jam dan 53 adalah menit.
Aturlah waktu sesuai keinginan anda, namun perlu di perhatikan pengaturan waktu yang tidak sesuai bisa membuat beberapa program baik pihak ke 3 maupun bawaan windows mengalami sebuah masalah terlebih jika terhubung dengan internet.

C4. Time Zone
Zona waktu merupakan pembagian waktu berdasasarkan letak wilayah, contohnya di Indonesia ada 3 zona waktu local yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT) dimana ketiga zona waktu tersebut memiliki perbedaan waktu, seperti WIB-WITA dan WITA-WIT memiliki perbedaan 1 jam, dan WIB-WIT memiliki perbedaan 2 jam.  Sama halnya dengan zona waktu local, zona waktu internasional pun sama memiliki zona waktu dan perbedaan waktu yang berbeda pula, Untuk zona waktu wilayah Indonesia adalah Bangkok, Hanoi, Jakarta lenkapnya (UTC+07:00 Bangko, Hanoi, Jakarta).

C5. Adjust for daylight saving time automatically
Untuk yang ini saya kurang memahaminya, namun berdasarkan buku yang saya baca, opsi ini di gunakan windows untuk menyesuiakan jam ketika waktu siang.

C6. Formats
Menampilkan format waktu yang telah di tentukan, untuk mengubahnya anda bisa membacanya di poin 7.

C7. Change date and time formats
Navigasi yang di gunakan untuk mengubah format waktu pada system windows, klik navigasinya sehingga akan muncul tampilan seperti ini :

Aturlah format waktu sesuai keinginan anda :

  • First day of week : Hari pertama dalam satu minggu
  • Short date : format singkat untuk tanggal
  • Long date : format panjang untuk tanggal
  • Short time : format singkat untuk waktu
  • Long time : Fomat panjang untuk waktu
Info :
Short date dan short time akan di tampilkan pada tweaking clock, sedangkan Long date dan long time akan di tampilkan ketika kita klik tweaking clock.
Itulah pembahasan pada artikel kali ini mengenai Notification Area dan Tweaking Clock, mulai dari penjelasannya, cara menampilkan halaman pengarutanya sampai navigasi / menu yang berada di dalamanya, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda untuk windows 10, jangan lupa di share ya, sekian dan terimkasih

0 Response to "Setting Notification Area dan Waktu (Tweaking Clock) Win 10"

Post a Comment