10 Interfaces Terbaru Windows 10

Pembahasan : Task View, Multiple Desktop, Cortana, Windows Edge, Continuum, Windows Store, Apps Office Universal, Charm Bar, Update Start Menu & Taskbar.

Tampilan interfaces pada system windows dari waktu ke waktu mengalami perubahan, sama halnya interfaces pada windows 10, perubahan interfaces pada windows 10 (menurut pendapat saya) merupakan pengembangan dari versi win sebelumnya (win 8), tapi tetap ada penambahan interfaces baru dan akan saya bahas, di sini akan saya bahas 10 perubahan dan penambahan interfaces pada windows 10 :

A. Start Menu
Untuk interface yang pertama ini anda tentunya sudah tidak asing lagi, jika sebelumnya anda adalah pengguna win 8, pasti anda akan melihat perbedaanya, dimana di win 8  fungsi di star menu di hilangkan dan kini di win 10 di aktifkan kembali fungsinya, hal ini karena banyaknya pengguna windows yang sudah terbiasa dengan fungsi dari dari start menu ini, salah satunya saya sendiri yang merasa lebih nyaman dan mudah ketika menggunakan system windows. Berikut perubahan yang terjadi dan penambahan fitur pada start menu windows 10 :
Gambar A1
A1. Isi / Tata Letak dari Start Menu
Ketika anda klik icon windows di desktop atau keyboard maka fungsi dari start menu ini akan aktif, untuk tata letaknya sendiri, disini saya membedakannya menjadi 5 bagian, yaitu
a. Account : fungsi dari bagian ini adalah navigasi untuk pengaturan akun windows, jika kita klik maka akan muncul 3 menu utamanya yaitu Change account setting, Lock, dan sign Out.
b. Most Used : pada bagian ini akan muncul sebuah list shortcut aplikasi yang sering kita gunakan, sehingga memudahkan kita ketika ingin menjalankan sebuah aplikasi.
c. Di bagian C ini terdiri dari 3 menu, yaitu :
  • File Explorer dimana jika klik navigasi ini maka anda akan di arahkan ke halaman windows explorer, sedangkan jika kita klik tanda panah yang ada di sampingnya maka akan muncul sebuah list folder yang sering kita buka
  • Setting : yang dapat mengarahkan kita ke halaman pengaturan computer, fungsinya hampir mirip dengan control panel.
  • Power : tentunya anda sudah tahu akan hal ini, navigasi ini bisa kita gunakan untuk mematikan computer (shut down), restart dan sleep.

d. All Apps : jika kita klik maka akan menampilkan semua aplikasi yang ada dan di urutkan berdasarkan huruf (a – z), 
e. Tiles : jika anda pernah mencoba win 8, tentunya anda tidak akan asing dengan bagian ini, bagian ini dinamakan tiles karena aplikasi yang di tampilkan di bagian ini berbentuk kotak-kotak seperti ubin, dan bisa kita ubah / tambahkan aplikasinya sesuai keinginan, fungsinya tidak lain untuk memudahkan kita ketika ingin menjalankan sebuah aplikasi.

A2. Ukuran Start Menu
Salah satu perubahan lainya yaitu ukuran Start menu yang bisa kita ubah, tidak seperti windows XP dan window 7 yang tidak bisa di ubah ukurannya. Untuk mengubah ukuran start menu arahkan mouse ke garis pinggir sampai pointer mouse berubah, lalu seret sesuai ukuran yang di inginkan. Sebagai contohnya bandingkanlah gambar A2 berikut dengan gambar A1 sebelumnya.
Gambar A2
Next :
🔃Mengubah Ukuran Start Menu Menjadi Full Screen (Poin E3)

B. Continuum
Continuum adalah sebuah istilah untuk mode tablet pada windows 10, continuum akan membuat layar desktop  dan semua aplikasi yang sedang / akan di buka menjadi full-screen, pada saat continuum aktif kita tidak bisa mengubah ukuran halaman dari aplikasi yang sedang di gunakan, bahkan tombol restore down pun tidak akan berfungsi, kita hanya bisa mengubah ukuran dari halaman tersebut setengahnya saja.
Gambar B1
Untuk mengaktifkan continuum, klik icon windows lalu tuliskan secara lengkap "Continuum", lalu klik hasil pencarian yang pertama, sehingga akan muncul halaman seperti ini :

Tampilan ketika Table Mode Aktif (Lihat Taskbar)
Gambar B2
Lalu ubah statusnya, yang tadinya Off menjadi ON untuk mengaktifkkan, dan lakukan hal sebaliknya untuk menonaktifkanya. 

C. Task Bar
Tidak jauh beda dengan fungsi taskbar pada versi windows sebelumnya, yang salah satunya bisa digunakan untuk meletakan icon aplikasi, panel notifikasi, dan waktu. Yang membedakanya adalah adanya penambahan aplikasi defaultnya yaitu Search dan Taks View yang tidak bisa kita hilangkan atau ubah posisinya hanya dengan cara Drag seperti biasanya.
Taskbar Default
Gambar C1
Pada mode continuum, semua icon aplikasi yang ada akan hilang, kecuali aplikasi defaultnya (Start Menu, Windows Search dan Task View) di tambah dengan aplikasi BACK yang fungsinya hampir sama dengan fungsi backspace, contohnya bisa anda lihat pada gambar B2
D. Task View
Jika pada versi windows sebelumnya khususnya Win 7, task view sering di lakukan dengan cara menekan tombol Alt + Tab yang berfungsi untuk beralih diantara aplikasi yang sedang berjalan.
Selain Alt + Tab untuk berpindah aplikasi di windows 10 kita bisa menggunakan fitur terbarunya yaitu Task View, dengan klik icon task view pada task bar maka system akan menampilkan potongan-potongan kecil aplikasi yang sedang berjalan dan kita hanya tinggal klik aplikasi yang ingin di jalankan. Tak hanya dalam mode normal taks view juga bisa kita gunakan pada mode continuum.
Task View - Gambar D1
E. Multiple Desktop
Multiple Desktop merupakan sebuah istilah untuk membuat desktop virtual lebih dari satu, dimana desktop virtual tersebut bisa kita gunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi seperti biasanya, kita bisa memisahkan dan mengelompokan aplikasi yang di gunakan sesuai keinginan kita sendiri, sehingga kita bisa lebih focus terhadap apa yang sedang di kerjakan.
Untuk membuat multiple desktop, klik Task View lalu klik navigasi New Desktop (Lihat gambar D1 -Task view), sehingga anda akan di arahkan ke desktop virtual baru, di desktop yang ke dua ini anda bisa menambahkan / menjalankan sebuah aplikasi sebanyak yang anda inginkan. Untuk berpindah desktop ke desktop lainya anda bisa klik task view lalu klik desktop yang ingin di gunakan atau dengan menekan tombol kombinasi Windows + CTRL + (Tombol kiri atau Kanan).

F. Action Center Pengganti Charm Bar
Bagi anda yang sudah pernah menggunakan windows 8, pastinya anda akan sangat mengenal fungsi dari charm Bar. Di win 8 Charm Bar akan muncul dari sisi kanan layar yang berfungsi untuk akses cepat ke beberapa fitur seperti Setting dan menu search. Di windows 10 fungsi dari Charm bar tersebut di hilangkan dan sebagian besar fitur yang ada pada Charm Bar telah di pindahkan ke bagian lain, contohnya fitur search yang di pindahkan di task bar. 
Meskipun di hilangkan, ada sebuah fitur yang mirip dengan charm bar, yaitu Action Center, untuk menggunakan / menampilkan Action center anda hanya tinggal klik icon notifications di sebelah kiri waktu, maka akan muncul tampilan seperti ini :

Seperti yang anda lihat di action center akan ada 12 fitur pada bagian bawahnya, seperti halnya Tablet Mode, Setting App, Airplane mode, pengaturan dan fitur lainya.

Next :
Mengubah Posisi Fitur Action Center

G. Microsoft Edge
Fitur baru dari windows 10 selanjutnya adalah Microsoft Edge yang berfungsi sebagai web browser bawaan windows, tapi berbeda dengan Internet Explorer, kinerja ME lebih baik dari pada IE di tambah dengan tampilanya yang lebih keren dan modern. 
Tujuan utama di buatnya ME adalah membantu fitur Cortana agar melakukan pencarian lebih cepat dan akurat, mengoptimalkan web browser pada semua platform, menyediakan pengalaman yang lebih baik pada perangkat layar sentuh, ME di desain untuk bisa bekerjasama dengan baik terhadap fitur-fitur yang ada pada windows 10. dan adanya fitur untuk menambahkan sebuah catatan pada sebuah halaman web.

H. Cortana
Sedikit mengulas sejarah dari Cortana, yang berasal dari nama karakter fiksi pada seri game halo pada windows 8, yang di lengkapi dengan kecerdasan buatan. Cortana bisa kita katakan sebagai asisten pribadi yang sangat pintar, bagaimana tidak Cortana bisa membantu kita dalam hal mengatur, sebagai pengingat, melakukan pencarian, menjawab pertanyaan, mengenali music, menjalankan sebuah aplikasi dengan menggunakan perintah suara atau teks. Jika kita bertanya dengan sebuah kalimat (teks), maka Cortana juga akan menjawabnya dengan text, sedangkan jika menggunakan suara maka Cortana pun akan menjawabnya dengan suara.
Selain itu hal paling hebat dari Cortana adalah dia bisa mempelajari tentang si pemilik computer, di akan bisa mengetahui kebiasaan kita, minat kita, lokasi yang sering kita kunjungi sehingga di bisa menyesuaikan dengan kebiasaan kita, dengan tujuan untuk mempermudah perkejaan kita di computer.

I. App Office Universal
Untuk win 10 versi layar sentuh (tablet / HP), windows 10 menyediakan sebuah aplikasi office seperti Word, Excel, PowerPoint dan OneNote, dimana app office ini sudah terinstall dan bisa langsung di gunakan, dan untuk win 10 versi lainya anda bisa mendownload app office ini di Windows Store.
Namun fitur yang tersedia di app office ini tidak selengkap app office pada sebuah komputer, app office ini hanya di gunakan untuk mempermudah saja seperti halnya membaca dan mengedit sebuah document, ketika anda sedang berpergian / jauh dari computer.

J. Windows Store
Selain bisa di gunakan di computer, kini pada windows 10, windows store bisa digunakan pada perangkat Handphone/smartphone dan tablet. Perubahan lainya pada widows store adalah kita bisa mendownload aplikasi windows terbaru / modern, aplikasi desktop dan aplikasi web host.

Itulah beberapa fitur yang ada pada windows 10, selain fitur yang di sebutkan diatas masih banyak lagi fitur-fitur terbaru dari windows 10, jadi jangan terpaku dengan 10 fitur di atas, sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Interfaces Terbaru Windows 10"

Post a Comment