Pengenalan dan Moditifikasi 5 Apps Terbaru Win 10

Pembahasan : Moditifikasi Windows Search, Apa itu Task View, Membuat Multiple Desktop, Penjelasan dan bagian Windows Search.

Seperti yang kita ketahui di taskbar ada sebuah fitur dan aplikasi yang dapat kita gunakan dan tentunya memiliki fungsi yang berbeda, pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari fitur dan aplikasi yang ada pada taskbar, fitur yang akan di bahas adalah fitur default / fitur yang sudah di sediakan oleh windows seperti Start Menu, Windows Search, Task View, Virtual Desktop, dan Windows Explorer.

A. Start Menu
(Fitur start menu ini sudah saya bahas secara lengkap di artikel sebelumnya, sehingga pada artikel ini saya hanya akan membahas kesimpulanya saja)
Artikel Terkait :
🔃 Mengubah Tampilan Start Menu (Poin E. Start - Salah satu menu Personalization)
🔃 Penjelasan Mengenai Start Menu (Poin C3. Start Menu)
Start Menu
Start menu merupakan salah satu fitur windows yang sering di gunakan, bagaimana tidak hampir semua fitur / aplikasi yang ada pada windows bisa diakses di start menu, sehingga memudahkan kita untuk menemukan dan menjalankan sebuah aplikasi yang di inginkan. Default posisi start menu berada di bagian ujung kiri bawah layar, untuk cara mengakses start menu kita bisa menekan tombol logo windows pada keyboard atau dengan klik icon Start menu.

B. Windows Search
Fitur yang berfungsi untuk mencari sebuah file, folder, fitur, aplikasi, pengaturan, dan hal lainya berdasarkan keyword / kata kunci yang di tuliskan sehingga bisa memudahkan kita untuk menjalankan sebuah aplikasi.
Windows Search
Posisi defaultnya berada di samping Start Menu dengan icon seperti kaca pembesar. Jika anda merasa icon dari windows search kurang menarik / tidak begitu di perlukan anda bisa mengaturnya dengan cara Klik kanan pada area Kosong Taskbar, lalu pilih Navigasi search sehingga akan muncul 3 option seperti ini :
Option Navigasi Search
  • Hidden : option ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan icon windows search di task bar.
  • Show Search Icon : menampilkan windows search dalam bentuk icon atau seperti tampilan defaulnya.
  • Show Search Box : Dengan option ini tampilan dari windows search akan berubah menjadi sebuah kotak pencarian
Untuk cara menggunakannya pun sangatlah mudah, yaitu hanya dengan klik Windows Search lalu tuliskan apa yang ingin di cari, maka secara otomatis system windows akan menampilkan sebuah list berdasarkan kata kunci yang di tuliskan, atau cara cepatnya dengan menekan windows pada keyboard lalu tuliskan hal yang ingin di cari.

C. Task View
Task view merupakan fitur baru di system windows yang di terapkan pada windows 10, fungsi task view hampir sama dengan fungsi tombol Alt + Tab, Task view berfungsi untuk menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan, aplikasi akan di tampilkan dalam bentuk tile / kotak dengan ukuran sesuai banyaknya aplikasi yang sedang di jalankan.
Icon Task View & Virtual Desktop
Posisi default task view berada di sebelah kanan windows search, ketika kita klik task maka semua aplikasi yang berjalan akan di tampilkan di halaman desktop, dan kita hanya tinggal klik saja aplikasi yang ingin di jalankan.

D. Virtual / Multiple Desktop
Sama halnya dengan task view, Multiple Desktop merupakan fitur terbaru di windows 10, fungsinya untuk membuat halaman desktop, jika pada versi windows sebelumnya hanya ada satu halaman desktop, di windows 10 kita bisa membuat halaman desktop lebih dari satu.
Cara membuatnya pun sangatlah mudah, pertama klik Task View, lalu di halaman task view lihatlah ke sebelah kanan bawah (perhatikan tanda panah pada gambar sebelumnya - Icon Task View & Virtual Desktop) , di sana akan ada navigasi "New Desktop", jika kita klik maka halaman desktop baru akan muncul dan dalam kondisi kosong atau tidak ada aplikasi yang sedang di jalankan.

Dengan multiple desktop ini kita bisa memisahkan aplikasi yang sedang di jalankan contohnya di sini saya memisahkan aplikasi berdasarkan jenisnya, di Desktop 1 saya menjalankan aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan seperti Microsoft Office dan di Desktop 2 saya menjalankan aplikasi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan / pendukung saja seperti windows media player untuk mendengarkan music.

Jika kita ingin berpindah desktop anda bisa berpindah dengan cara klik task view lalu klik Desktop yang ingin di buka, atau bisa juga dengan menekan tombol kombinasi Windows + Ctrl + Panah Kiri / Kanan.
Close Virtual Desktop
Untuk menutup / menghapus desktop, arahkan pointer mouse ke icon X pada desktop yang ingin di tutup.

E. Windows Explorer (WE)
Windows Explorer merupakan sebuah fitur yang paling banyak di gunakan, bahkan 100% pengguna windows pasti pernah menggunakan windows explorer ini. Windows Explorer ini ada di semua system windows mulai dari XP, 7, 8, 8.1 dan versi terbarunya yaitu windows 10. Fungsi dari WE ini adalah untuk menampilkan data penyimpanan Hard Disk, baik data system windows, maupun data pribadi user. Gambar di bawah ini adalah tampilan dari Windows Explorer di Windows 10 :
Bagian-bagian Windows Explorer
Berikut ini adalah keterangan dari gambar di atas :
  1. Icon Folder : Bagian pada WE yang menunjukan di mana kita berada sekarang / folder mana yang sedang anda buka berupa icon.
  2. Properties : Menampilkan properties atau pengaturan pada folder / file yang di pilih.
  3. New Folder : Membuat folder baru pada folder yang sedang di buka.
  4. Delete : Menghapus file / folder yang di pilih.
  5. Redo : membatalkan perintah Undo.
  6. Undo : Membatalkan / mengembalikan perubahan yang telah di lakukan sebelumnya.
  7. Rename : Merubah nama file / folder.
  8. Customize : Mengatur toolbar yang akan di tampilkan di windows explorer.
  9. Name Folder : menampilkan nama dari folder yang sedang di buka.
  10. Minimize : menyembunyikan tampilan sebuah halaman.
  11. Maximaze : Memaximalkan ukuran halaman sebuah aplikasi / FullScreen
  12. Close : Menutup sebuah halaman.
  13. Menu Windows Explorer
  14. Sub Menu : Menampilkan sub menu dari menu yang di pilih.
  15. Expand / Minimize Ribbon : Menyembunyikan / menampilkan sub menu windows explorer.
  16. Help : Navigasi bantuan atau bisa di katakana buku panduan, navigasi yang berisi sebuah petunjuk
  17. Back : Kembali / pindah ke folder sebelumnya
  18. Forward : Pindah ke sub folder selanjutnya dengan syarat sub folder tersebut sudah di buka sebelumnya.
  19. Recent : Menampilkan list folder yang pernah di buka sebelumnya.
  20. Up To : Kembali ke folder induk.
  21. Address : Baris alamat folder yang sedang di buka.
  22. Previous Location : Menampilkan alamat folder yang pernah di buka.
  23. Refresh : Merefresh / memperbaharui folder yang sedang di buka.
  24. Search : Navigasi yang di gunakan sebagai kotak pencarian sebuah file / folder. Menu search sangat berguna ketika kita lupa menyimpan sebuah file yang entah di mana, namun kita masih hafal dengan nama filenya, kita hanya perlu menuliskan nama filenya saja maka secara otomatis WE akan menampilkan semua file / folder berdasarkan kata yang di tulis.
  25. Quick Access Panel : Menampilkan folder dan file yang sering di gunakan.
  26. OneDrive : Tempat penyimpanan data, yang dapat di akses di perangkat yang berbeda dan tentunya membutuhkan koneksi internet untuk menyimpanya.
  27. This PC Panel : Menampilkan folders system windows dan drive yang terhubung dengan computer contohnya seperti Flash disk atau media penyimpanan data lainya. Drive C / system yang di gunakan sebagai media penyimpanan file system windows, sedangkan Drive D di gunakan untuk meyimpan data selain system windows contohnya data pribadi user.
  28. Network Panel : menampilkan perangkat yang terhubung dengan computer melalui jaringan, baik melalui Wireless atau pun kabel, seperti computer, laptop, dan Printer.
  29. Count : Menampilkan jumlah file dan sub folder yang berada di dalam folder induk yang di pilih.
  30. Preview : Menampilkan isi dari sebuah folder.
  31. List : Mengubah tampilan preview menjadi sebuah list yang lengkap dengan Type, Waktu pembuatan, Kapasitas dan hal lainya.
  32. Thumbnails : mengubah tampilan preview menjadi sebuah icon folder / file
Akhirnya selesai juga pembahasan kita kali ini, jujur saja saya kehabisan kata-kata untuk menulis artikel ini, semua istilah dalam artikel ini tidak semuanya benar, ada beberapa istilah yang saya buat sendiri berdasarkan pemahaman saya, tujuanya agar mudah di pahami dan semoga saja kalian memahaminya. Jangan lupa kunjungi terus situs ini, untuk artikel-artikel lainya. Sekain dan Terima Kasih.

0 Response to "Pengenalan dan Moditifikasi 5 Apps Terbaru Win 10"

Post a Comment